Humminbird Garmin Fishfinder

Jika ada pertanyaan mengenai cara memakai Humminbird, Program, Transducer, harga dll, Silahkan hubungi saya:
Joel di 62 711 7012345, Senin s/d Sabtu Jam 10:00 s/d jam 17:00

Banyak yang bertanya-tanya mengenai kemampuan GPS Fishfinder Humminbird.

Saya pribadi menilai kemampuan humminbird jauh lebih baik dari Garmin,dari Sensitivitas Gps (walaupun bukan prioritas menurut saya), menu yang lebih banyak, dan yang paling Favorit bagi saya, Menu Recording.

Dan yang pasti, Humminbird adalah Spesialis Sonar. Apakah yang spesialis pasti lebih baik ? Memang tidak, tapi kenyataannya dari memakai Humminbird selama ini, dan juga memakai Garmin, maka jelas jika kita mempelajari secara mendalam kemampuan umum masing-masing dari 2 merek tersebut kami akhirnya memilih jelas Humminbird lebih baik. Opsi terbaik Humminbird menurut saya:

  • Menu yang customize.

Banyak menu-menu yang tidak ada pada Garmin, sehingga sangat memudahkan pemakaian dan tentu saja lebih banyak opsi pada keadaan yang berbeda pada waktu prakteknya. Kesalahan umum yang sering saya lihat orang menilai suatu Sonar:

  • Sering kita mendengar, wah sonar ini wattnya besar tentu bisa menjangkau lebih dalam dan bla bla bla…

Memang, watt yang besar tentu dapat menjangkau area yang lebih dalam, tapi Watt yang mana ?
Orang lebih suka menilai Watt (PtP / PMPO) yang tinggi dari transducer tersebut tapi tanpa mengerti Watt seperi apa yang di paparkan pada Iklan tersebut. Mungkin anda ingat pada th 90an, banyak pabrikan audio (mini compo) jepang “memoles” dengan perkataan PMPO 2000 Watt… Pada era itu semua ramai-ramai memoles produknya dengan kata PMPO. Logikanya, listrik dirumah kita 1200W, kenapa sekringnya tidak turun waktu menghidupkan minicompo dengan PMPO 2000W tersebut ? Logikanya kenapa listrik sekringnya turun begitu memasang AC yang hanya 2PK (1500W) ? Nah Pada Sonar mereka memoles PtP (Peak to Peak) dengan menonjol dan tidak ditonjolkan daya RMS (Root Mean Square) atau daya sesungguhnya atau daya rata-rata. Tidak salah pabrikan menonjolkan PtP dan PMPO, tapi bagi sebagian orang akan menyesatkan. Anda hidupkan Lampu sebesar 2000W dan begitu Lampu dihidupkan dirumah yang mempunyai daya hanya 900W maka dengan seketika sekring pada rumah tersebut langsung turun, inilah RMS.

Mini compo atau Sonar tersebut diukur dan daya yang bisa dihasilnya oleh sistem tersebut dalam sepersekian detik TERCATAT 2000W, inilah PMPO atau PTP (sempat tercatat dan bukan terus menerus).

Masalah Watt ini masalah matematis dan pasti, anda ingin memastikannya ? Pasang sonar anda secara lengkap, jalankan di kapal, Ukur tegangan batterai (misalnya 13.5V saat itu), lalu ukur Arus (ampere) yang melalui kabel power tersebut misalnya kabel Positive, misalnya anda dapatkan daya/arus yang mengaliri Perangkat Sonar tersebut 7 ampere. Maka simple saja 13.5 x 7 = 94.5 Watts. Jadi power RMS sonar tersebut hanyalah pada kisaran 90an watt atau mungkin paling tinggi 100an watt DAN mungkin pada saat-saat tertentu dan keadaaan tertentu Sonar tersebut “tercatat” sempat menghasilkan 500W, maka inilah PTP/PMPO yang ditonjolkan oleh pabrikan Sonar.

  • Yang paling sering saya dengar begitu melihat humminbird adalah “Ooh kalo pakai garmin langsung begini saja….”

Nah itu dia yang saya maksud,pada Humminbird Setup-nya banyak, sehingga kita bisa lebih banyak mendapatkan pilihan menu sesuai keadaaan. Malah umumnya Huminbird ada pilihan Air Asin dan Air Tawar dimana pada garmin tidak ada pilihan tersebut. Jadi terbayangkan detilnya Humminbird dalam membuat sonar. Jika Menu pada humminbird jauh lebih detil dibanding Garmin, tentu banyak opsi yang bisa kita lakukan. Berapa lama pemahaman mengenai menu di Humminbird ? Masalah setup atau Opsi ini menurut saya pribadi hanyalah masalah hitungan Hari. Lama Pemahamannya bergantung, semakin lama kita memakai Garmin, perlu adaptasi lebih lama, mungkin 1 minggu memakai secara intensive.

Sehingga Sekali anda memahami apa yang dimaksud pada Menu Humminbird, saat itu juga anda tidak mau beralih ke Garmin. Seperti jaman dahulu baru launching TV Swasta RCTI, sekali anda mengenal RCTI, berat bagi anda untuk ke TVRI.

  • dan yang paling asik, rata-rata Humminbird bisa merekam atau Recording.

Setiap Humminbird yang mempunyai SLot SD Card, umumnya bisa me-recording. Yang dimaksud recording adalah, merekam semua aktifitas yang terjadi saat itu, baik sinyal satelit, data bawah air seperti kedalaman, bentuk, kekerasan, suhu, semua… Semuanya di Record, dan tentu tidak habis disitu, datanya bisa diolah. Jadi tidak perlu humminbird yang mahal-mahal, semua bergantung kebutuhan, yang pasti pada humminbird tersebut jika mempunyai SLOT SDCARD baik untuk peta atau untuk data masukan, umumnya mempunyai Fasilitas Recording. Garmin juga bisa ? Bisa saja, tapi hanya record aktivitas GPS, seperti waypoint, Route dan paling banter log kedalaman sonar, kemampuan seperti ini adalah kemampuan standard pada setiap GPS yang murah sekalipun.
Pada Humminbird semua Aktivitas Sonar dan GPS semua terekam. Data Sonar seperti Kedalaman, Suhu, bentuk bawah air, data Side Imaging, data Down Imaging, termasuk data GPS, berapa luas/lebar/panjang suatu benda dibawah air dll. Semua data ini seperti suatu FILM yang bisa anda mainkan, tapi Interaktif, artinya Filmnya tidak baku, anda bisa mainkan pada Head Unit Humminbird itu sendiri atau mengolahnya di rumah cukup dengan membawa SD Card tersebut dan diolah di PC Windows.

Data tersebut mau dipaparkan dalam bentuk data Film, Gambar, mengenai keadaan bentuk dibawah air, atau membuat peta Bathymetry dengan Humminbird sangatlah mudah.

*Fitur Humminbird dengan SI (Side Imaging) pasti bisa DI (Down Imaging). Sedangkan Fitur DI saja tidak bisa SI.

*Pada layar Humminbird SI, tampilan pada layar bisa dibagi menjadi 2-4 bagian, misalnya Layar 1 untuk tampilan SI, Layar 2 untuk DI, Layar 3 untuk Sonar Biasa, dan Layar 4 untuk Satelit. Tampilan ini customize artinya bisa diubah-ubah, dan dimasukkan dalam memory, tergantung kenyamanan pemakai masing-masing pemakai.

Dibawah ini contoh-contoh video baik dari Humminbird atau Garmin.

Contoh video dari Humminbird 798Ci HD SI (Visualisasi dari Tiang jembatan Ampera)

Akurasi Hummibird dan Garmin

Bahkan Akurasi GPS Garmin dibandingkan dengan Samsung S3 dan Humminbird 798ci HD SI.

*Padahal GPS itu spesialisasi Garmin!

Side Imaging men-Scan bagian samping kapal, potensi ini cukup bermanfaat misalnya untuk polisi air (PolAir), untuk melihat apakah dibagian bawah kapal menyembunyikan sesuatu ?

Tutorial Sederhana Humminbird Side Imaging

Humminbird Side-imaging atau Down-Imaging tentu sangatlah mudah melihat keadaan bawah air, bahkan bagian samping kapal yang kita lewati. Seperti pada video dibawah ini, bagian bawah pontoon sangat mudah untuk diperiksa, sehingga tidak perlu menyelam untuk memastikan misalnya pontoon menyembunyikan balok kayu dan lain-lain. Atau melihat benda-benda seperti perahu yang tenggelam, dengan side imaging mudah sekali men-scan area sehingga perahu yang tenggelam lebih mudah dicari dan diketahui koordinatnya.

Side-Imaging dan Down Imaging juga efektif untuk melihat Gerombolan Ikan, kecuali ikannya besar tentu akan lebih mudah. http://youtu.be/xJbm8EU2S-4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s