Tungsten Electrode Color
Kode warna pada Tungsten Electrode

Saya bingung dengan toko-toko yang katanya “besar” baik di kota saya palembang, bahkan di jakarta…

Ceritanya sewaktu mesin las argon saya datang hanya dilengkapi accessories Tungsten Electrode strip merah, dimana tungsten strip merah tersebut untuk pengelasan besi, stainless atau logam sejenis (Arus DC), kurang tepat untuk mengelas Aluminium (Arus AC).

Nah untuk mengelas Aluminium (Arus AC) peralatan saya sudah bisa, tetapi hars membeli “tungsten strip biru” atau tungsten yang mengandung 2% Lanthanated.

Tungsten-tungsten ini murah, 1 box isi 10 batang yg panjangnya sekitar 7inch, bila djual batangan harganya Rp10rb sd 20rb.

Waktu saya cari di toko-toko di palembang…semua hanya menyediakan tungsten strip merah, saya yakin tungsten strip merah ini sangat banyak digunakan, karena digunakan untuk logam-logam seperti stainless, besi dll…

Saya jadi bingung…kenapa toko yang menjual alat las tidak menyediakan tungsten biru padahal harganya hanya 10-20rb ?

Kenapa tidak sekedar dilengkapi dengan porsi lebih sedikit, misalnya stok tungsten merah 100 box, dan stok tungsten biru 3 box misalnya….

  • Apakah mereka berjualan alat las bukan berdasarkan menyukai pengelasan atau dengan kata lain hanya untuk mencari uang saja ?
  • Apakah mereka berjualan hanya karena basis keturunan orang tuanya pedagang alat las ?
  • Apakah mereka berjualan tidak mau menunda keuntungan barang sedikiiit saja (apalagi rugi) ?

Melihat dari ramainya toko-toko mereka (keuntungan harian saya yakin cukup besar) , jika seandainya itu toko saya, saya tidak akan keberatan menyediakan dana untuk melengkapi Tungsten Biru yang “jarang laku” mungkin 1-5 box.

Toh paling keluar duit 100-700rb, kecuali duit 700rb tersebut adalah keuntungan saya 1 bulan, tentu berat melengkapi stok 700rb yang jarang laku….

Hal ini juga akhirnya saya mencari-cari di Internet dimana ada beberapa website di Indonesia yang menjual peralatan las sampai ke Tokobagus yang terkenal, saya tanyakan ke beberapa penjual.

Namun sayang semua jawabannya  sama…mereka hanya mengenal tungsten strip merah.

Bahkan saya pernah mendapati penjaga toko di Palembang “menampik” bahwa ada Tungsten biru, karena mereka selama bekerja hanya mengenal Tungsten strip merah.

Tungsten dengan Strip Merah mengandung 2% Thoriated.
Tungsten dengan Strip Biru mengandung 2% Lanthanated.

Dibawah ini gambar beberapa tipe tungsten elektroda.

Kandungan Tungsten Elektroda berdasar warna.
Kandungan Tungsten Elektroda berdasar warna.

Untuk sementara ini, terpaksa Tungsten 2% Lanthanated di order di website luar negeri lagi,
semoga dalam beberap bulan kedepan sudah banyak toko-toko las yang mempunyai stok tungsten jenis ini.

Salam

Joel

