Wajar jika kita semua awalnya ragu, namun jika selalu ragu maka kita tidak akan pernah merasakan cepat dan nyamannya bertransaksi di Internet.

Metode Antisipasi Penipuan terbaik untuk berbelanja di internet menurut kami adalah:

  • COD atau bertemu langsung.
  • Melalui Jasa Rekening Bersama atau Rekber JBL atau Rekber-rekber lain yang sudah terkenal di Indonesia.
  • Melalui Paypal.

*Perlu diketahu, di JBL.CO.ID juga melayani perantara untuk para member disini agar berlangsung aman.

Nanti kami jelaskan lebih detil apa itu rekber dan paypal.

Juga penjual yang bijak, terlebih sebagai itikad baik tentulah sebaiknya menerima pembayaran dari pembeli yang menggunakan jasa perantara rekber atau paypal.
Kecuali tiada keraguan lagi antara penjual dan pembeli tentulah membayar secara langsung adalah cara yang paling tepat.

Sebelum menjelaskan lebih jauh, sekarang kita pahami dulu ciri-ciri umum penipu.

Jika kita takut tertipu ini realistis dan manusiawi, namun kita juga harus belajar agar tidak kena tipu

Contoh video yang mengarah ke penipuan seperti dibawah ini

Kebanyakan orang yang pernah kena tipu (maaf) di internet, menurut kami karena justru sebagian mereka kurang logis atau terlalu berharap dengan hal yang muluk-muluk.
*Baca menteri jago IT sekalipun kena tipu disini
Misalnya pada penjual penipu yang menjual samsung S5 dimana saat itu misalnya harga normalnya 5 juta, si penipu menjualnya dengan harga 2.5 juta saja, bahkan si penipu bersedia di transfer 1 juta dulu lalu sisanya waktu barang sudah diterima.
Kurang logis bukan? Jika ada handphone Samsung S5 semurah itu dan sebanyak 1 kapalpun dengan harga segitu, kenapa dia susah-susah menjualnya di internet?
Cukup bawa saja ke pedagang besar dan tanpa berbelat belit dengan mudah si pedagang besar itupun membelinya.

Antisipasi Penipuan, sebetulnya sangatlah mudah, hati-hati bukanlah sekedar curiga tanpa logika.
Kami berbisnis (membeli barang) di Internet dari Tahun 90an di Internet belum pernah tertipu sama sekali.
Baik itu berbelanja ke toko, perorangan melalui forum dll.

Gaya pamer surat seperti dibawah inipun bukan berarti penipu, tapi banyak juga penipu memakai trik ini.

Dari awal berdiri sampai saat ini, kami tidak melihat adalah sesuatu hal yang baik dengan cara memamerkan surat-surat pengiriman dari Fedex, DHL, JNE, TIKI dll seperti dibawah ini, karena apa?

Testimoni aneh
Testimoni aneh

Karena tidak mendidik konsumen agar lebih cerdas atau melek internet atau bahkan meremehkan konsumen.
Jangankan surat pengiriman biasa seperti pos, jne dsb….bahkan blanko surat pos dari Amerika sekalipun bisa diminta sekali banyak!

Menurut kami hal seperti itu konyol dan malah seperti (maaf) meng-olok-olok konsumen, mempengaruhi Konsumen agar lebih percaya kepada penjual tersebut hanya dengan cara Logika yang tidak kuat seperti itu, karena ini sangatlah tidak bisa menjadi patokan bahwa penipu tidak bisa memamerkan seperti ini atau dengan kata lain tidak kuat dasarnya….

Contoh, Sekarang kita ke kantor pos, atau ke tiki, atau ke JNE sebagai pelanggan yang akan mengirim barang saya, lalu saya meminta kepada mereka kertas pengiriman yang kosong, tentulah bisa, bahkan sangat bisa!
Lalu kita isi, stempel, foto ratusan bahkan ribuan kertas pengiriman dan berharap konsumen percaya.
Kami tidak berbicara cara seperti ini artinya “bukan penipu” atau artinya “penipu“, tetapi cara seperti ini tidak mendidik konsumen, dan meremehkan logika konsumen.

Rasa-rasanya, belum pernah kami melihat toko atau perorangan di USA, UK, Singapore bahkan penjual dari China menjual sesuatu di Internet dengan “gaya” seperti diatas.

Jadi lebih baik, kami menerangkan bagaimana mengantisipasi penipuan-penipuan Umum yang kerap terjadi di Internet seperti dibawah ini.

Kami mencoba memberikan beberapa tips utk berbelanja di Internet, karena semakin kita Jeli, hati2 (bukan sekedar takut tanpa alasan), semakin kecil kemungkinan kita tertipu di Dunia Maya.

Ingat satu hal mendasar yaitu, Dunia Maya SAMA PERSIS dengan dunia nyata kita berada, jadi pertama-tama kita harus bisa membandingkan kenyataan di dunia nyata akan MIRIP dengan Dunia Maya.

Ciri-ciri Harga jual penipu :

  • Harga Terlampau Rendah, misalnya harga Umum 4-5jt, mereka Memasang harga 1-2jt.
  • Mereka umumnya menjual sesuatu yang lagi LARIS seperti gadgets mutakhir atau terkini atau yang lagi Trend, yg paling banyak diminati konsumen, mereka jarang menjual gadgets yg berharga rendah seperti senter engkol , batterai charger , timbangan digital yg cuma seharga 100rb-an…dll dll…
  • Mereka lebih menyukai menjual misalnya handphone atau tablet dengan tipe-tipe kelas atas, yang berharga mahal daripada menjual handphone atau Tablet kelas bawah.
  • Mereka umumnya tidak memiliki Website tapi berjualan melalui milist atau forum atau website-website jual beli online gratis seperti diJBL dll.

Maaf sebetulnya parameter ini kurang tepat, tetapi memang paling banyak dan paling mudah sarana Milist dan forum menjadi sarang penipu dijumpai.

Sekali lagi ini bukan parameter pasti,website gratis bukan berarti penipu!

Contoh : Banyak tempat-tempat di Internet menyediakan website gratis misalnya http://wordpress.com, facebook dll, dan ingat ini GRATIS.

Jadi seseorang bisa membuat SUB Domain gratis di wordpress, misalnya ABC.Wordpress.com , WordPress adalah website utama, sedangkan ABC adalah subdomain yang bisa dibuat secara gratis (jika belum ada yang punya).

Nah masalahnya SUBDOMAIN ini tidak bisa di cek di whois, sedangkan domain utama bisa.

  • Ok sekarang kita lanjut lagi ke penipu yang lebih serius, yaitu penipu dgn bermodal membuat domain sungguhan, misalnya aaa.com aaa.org aaa.net dll,.

Perlu diketahui , membuat website tentu memerlukan modal.

Perlu membeli nama domain dan diperpanjang setiap tahun.

Perlu membeli space hardisk di webhosting agar bisa online 24jam.

Perlu membuat/membangun website itu sendiri di webhosting yg kita sewa.

Untuk mengeceknya berapa umur website itu misalnya di http://www.whois.sc atau http://www.whois.com, masukkan nama websitenya, jika hasilnya website tersebut masih muda umurnya (misalnya dibawah 1th) maka perlu diperhatikan secara seksama bahwa itu website penipu atau bukan.

Semua website pasti pernah mengalami masa muda, baru online/baru lahir itu Pasti.
Website baru bukan berarti Pasti Penipu, tetapi umumnya website-website penipu cepat diMatikan oleh pemiliknya karena Penipuannya sudah terungkap disuatu Forum atau Milist,
jadi nilai bisnisnya sudah berkurang dan tidak efektif untuk melakukan penipuan, maka mereka akan membuat lagi website baru dgn nama baru.

Itu sebabnya umur dari website2 penipu tidak ada yg berTahun-tahun.

Sepengalaman kami, rasa-rasanyanya tidak ada website penipu yg umurnya lebih dari 1th.

Contoh Whois dari http://apobae.com

Pada Gambar diatas , APOBAE.COM berdiri sejak 2001.

Bagaimana mengecek Domain Indonesia (co.id, web.id, my.id, ac.id dll) ?

Anda bisa mengeceknya di pandi.or.id atau disini

Contoh, co.id harus diajukan dahulu ke pandi dengan dilengkapi surat-surat perusahaan situ siup npwp dll, dan web.id cukup dengan KTP saja.

Dibawah ini langkah-langkah awal sebelum melakukan transaksi berdasar pengalaman kami membeli dan menjual barang di Internet sejak tahun 90an, baik dari perorangan, toko, di dalam dan diluar negeri kami belum pernah tertipu.

Baca dahulu profil penjual, jika ada penjual yang memberitahukan dimana dia ”Bergaul” misalnya di Forum dan di Milist misalnya.

Karena dari pemberitahuannya tersebut kita selaku pembeli bisa meminta TESTIMONI di Milist atau forum tersebut secara terbuka, dan member-member disana akan memberi Testimonial Member yang kita tanyakan tersebut.

Contoh Milist Besar “Gadtorade” dan forum besar Kaskus.

Silahkan gunakan fasilitas disana untuk bertanya dahulu, atau menggunakan Rekening Bersama, masih ragu ?

————————————————————

Ada satu hal lagi,  yaitu metode “tanda” bahwa penjual tersebut telah “ter-verifikasi” oleh website dimana dia berjualan.

Apakah kita merasa lebih aman membeli sesuatu dari website jual beli online gratis yang dimana penjualnya terverifikasi?

Apakah karena ada status penjual verified/terverifikasi (seperti gambar dibawah ini) menjadi terpercaya?

Seperti contoh gambar dibawah ini “Surat khusus yang berisi kode verifikasi (klik untuk memperbesar).

Verifikasi artinya Aman?
Verifikasi artinya Aman?

Dimana surat ini berasal dari website jual beli, dan dikirim ke alamat penjual.

Jika dianggap sebagai nilai lebih daripada penjual yang belum terverifikasi menurut kami boleh-boleh saja,
dan jawaban saya pribadi salah jika status terverifikasinya tersebut menjadi penentu amannya suatu transaksi.

Karena apa?

Umumnya metode Verifikasi di Indonesia ini didapat karena website jual beli memberikan KODE KHUSUS, lalu kode tersebut dikirim ke alamat “PENJUAL”, lalu penjual tersebut meng-input “KODE KHUSUS” tersebut pada website tersebut, artinya?

Bagi pengirim atau bagi website jual beli tersebut: Kode khusus tersebut telah sampai sesuai alamat yang didaftarkan oleh penjual tersebut, atau sesuai dengan yang di tulis pada website tersebut!

MAKA penjual mendapat tanda bahwa dia adalah “PENJUAL TERVERIFIKASI” oleh website jual beli tersebut!

Sangat Mudah bukan!

Jika seseorang yang berniat betul untuk menipu…dan ingin mendapat verifikasi atau penjual yang sudah di verifikasi website tersebut yaa sangatlah mudah untuk ukuran penipu..
Bagaimana caranya ?

Mereka menyewa kamar kost saja yang Rp300.000 /bulan, lalu memakai alamat kost tersebut dan menunggu surat verifikasi dari website tersebut dan mengkonfirmasi kode tersebut di websitenya, lalu mereka segera mendapat status Telah di VERIFIKASI oleh website tersebut, mudah bukan ?

Itu sebabnya di JBL tidak menyediakan Verifikasi walaupun bisa saja kami jalankan sistem tersebut,
Walaupun penjual/anggota website disini mau mengirimkan KTP, Passport dan lain-lain agar menjadi Terverifikasi, kami tidak berani melakukannya.

Tetap bagi kami, COD atau rekening bersama atau paypal menjadi senjata terbaik untuk mengantisipasi penipuan.

Dan menurut saya pribadi saat ini yang paling menjamin pembayaran dari penipuan NO:1 di dunia adalah Paypal.

Contoh Jual beli lelang di Ebay, JBL atau toko-toko lain yang menerapkan sistem pembayaran yang menggunakan paypal adalah JAMINAN KEAMANAN NO 1 saat ini.
Karena paypal memberikan waktu sampai 45 hari untuk para pembeli, jika ada komplain misalnya penipuan, dan biasanya uang akan dikembalikan 100%.

Kami sudah beberapkali mengalami penipuan dan permasalahan lain dalam suatu transaksi melalui perantara paypal dan uang dikembalikan oleh PAYPAL pada kisaran 95% s/d 100%.

Gambar dibawah ini contoh Dispute atau perselisihan dan kami menangkan, dimana kami meakukan dari Pembayaran pada tanggal 16 Des 2012 , dan kami menang dispute 17 12 2012 , uang kami dikembalikan Full.

*bukan karena penipuan tapi perselisihan masalah lain mengenai item yang dibeli.

————————————————————

Mungkin kita baik sebagai penjual atau pembeli sering menghadapi persoalan seperti dibawah ini, persoalan dibawah ini mentok saja, tanpa ada kelanjutannya.

Salah satu yang paling umum terjadi adalah :
Pembeli: Apakah ada barang ini ?
Penjual: Ada.
Pembeli : Berapa harga net barang tersebut?
Penjual : Sekian rupiah…
Pembeli : Pembayaran gimana?
Penjual: Seperti biasa tentulah dibayar dahulu…
Setelah itu hening..mentok…

Jadi kita lihat, umumnya setelah bertanya masalah pembayaran semua stop, artinya kemungkinan harga sudah saling setuju, dan siap dibayarkan tetapi permasalahan klasik sering muncul, yaitu ragu untuk membayar karena cukup maraknya penipuan di dunia maya, dan terlebih lagi banyaknya pembeli yang sebagian (maaf) NAIF atau mungkin juga ekspektasi terlalu tinggi.

Kenapa naif ? Karena mereka umumnya ragu dan berharap keajaiban misalnya si penjual dahulu yang mengirim barang ke alamat-nya dan kemudian baru membayarnya.
Bahkan setelah diberitahu bahwa ada Rekber atau Paypal masih juga ingin agar barangnya dikirim dulu.

Jika bicara tentang ketidaktahuan, semua pasti awalnya tidak tahu tapi masalahnya kita tidak mau mempelajari apa dan bagaimana membeli atau menjual sesuatu di Internet.
Analogi, kita lagi berkendaraan, didepan kita ada mobil yang melaju kencang tapi tahu-tahu memelankan kecepatannya atau stop sama sekali, kita secara terbiasa berkendaraan juga tentu tidak serta merta memotong mobil yang melambat itu khan ? Karena kita sudah terbiasa berkendaraan dan itu ciri-cirinya jika mobil didepan kita misalnya lagi ada pejalan kaki yang lagi menyeberang, tentulah kemungkinan besar kita akan menabrak pejalan kaki jika kita langsung memotong mobil didepan tanpa memelankan atu melihat situasi terlebih dahulu.
Ini karena kita mempelajarinya secara langsung atau tidak langsung karena sering mendapati hal yang sama di jalan pada waktu berkendaraan..

Nah yang anehnya kita tidak mau mempelajari atau bertanya dalam hai, misalnya ada seseorang yang menjual sesuatu di Internet, dan pada akhir kata atau bagian bawah penjual tersebut menerangkan misalnya “Menerima Pembayaran melalui Rekening Bersama” atau “Menerima pembayaran melalui PAYPAL“.
Kita tidak tahu apa itu paypal atau Rekening bersama, tapi kita tidak mau mempelajarinya.
Kita tidak “nalar” kenapa orang yang berjualanl tersebut memberikan opsi atau pilihan:
“Menerima Pembayaran melalui Rekening Bersama” atau “Menerima pembayaran melalui PAYPAL“.

Jadi dibawah ini akan dijelaskan apa itu rekber, paypal atau media perantara pembayaran.

Bagaimana Jika kita ragu, takut ditipu membeli sesuatu di Dunia Maya ?

  • Paling Gampang jangan pernah membeli sesuatu di Dunia Maya, apalagi tipikal kita tidak mau mempelajari seluk beluk mengenai cara belanja di Internet yang aman tadi.
  • Gunakan Perantara Lokal, atau bisa langsung di cari pada google dgn kata kunci “rekening bersama” atau cari di forum besar seperti kaskus.co.id dgn kata kunci “rekening bersama”.
    Rekening bersama atau RekBer adalah perantara antara Pembeli dan Penjual, dengan kata lain Rekber ada ditengah-tengah antara penjual dan pembeli.
    Setelah saling sepakat untuk menggunakan rekber dan rekbernya siapa, maka pembeli mengirim uang ke REKBER, setelah itu pihak rekber memberitahukan ke penjual, maka penjual akan mengirim barang ke Pembeli, , lalu setelah pembeli menerima barang dan dan pembeli memberitahukan ke pihak rekber bahwa barangnya telah sampai dengan baik, maka pihak REKBER akan mentransfer uang ke pemilik barang.
    Contoh penjual yang berjualan di website yang numpang sekalipun seperti jualan di JBL dan website jual beli lain, tapi dia mau dibayar melalui perantara REKBER, 99.999 persen jelas itu penjual beneran bukan penipu.
  • Jalan Teraman Gunakan Paypal , Paypal menjamin sampai dgn 45 hari untuk mengComplain pembayaran, apabila pengirim uang komplain, maka uang tersebut akan dikembalikan ke pemilik kartu kredit dgn melalui adu argumen (dispute) di control panel paypal masing-masing.

Kami mengalami lebih dari 3x penipuan pembelian barang di luar-negeri, semua uang dikembalikan oleh paypal.
*Catatan, pada Paypal tidak melayani komplain untuk transaksi Jasa/pembelian software.
* Diskusi dan Semua tentang Paypal DISINI

Selamat Berbelanja dengan AMAN di JBL.CO.ID

Rekening Bersama JBL.

Jual Beli Lelang Gratis, Tertib dan Aman.

Tarif REKBER JBL

Jual Beli Lelang Ebay Mode
Jual Beli Lelang
Ebay Mode
Iklan