SIRF 4 2009

SIRF 4 2009

Sebetulnya bicara akurasi gps, semua akurasi gps umum saat ini sudah mentok…

Artinya apapun gps yang anda pakai, garmin, trimble, atau gps pada handphone/tablet era 3 tahun terakhir semua kurang lebih sama akurasinya.

Garmin Montana yang seharga 6 juta-an ? Trimble Juno 3D yang seharga 12 juta-an ?

Tidak akan lebih bagus dari 6-3 meter rata-rata akurasinya…sama seperti handphone, pda, smartphone 2-3 tahun lalu.

Ingin dapat akurasi kurang dari 1 meter bahkan centimeter, harga gpsnya umumnya diatas 100 juta dan bukan terdiri dari 1 perangkat, tapi setidaknya 2 perangkat.

 

Bicara akurasi dan kecepatan dalam menangkap sinyal gps, no.1 terletak pada CHIPSET GPS-nya, artinya anda pakai gps 7 tahun lalu dengan antenna yang mahal anggaplah yang seharga 3-5 juta tidak akan mengubah banyak dari sisi akurasi dan kecepatan dalam menangkap sinyal.

 

Tapi jika anda menggunakan gps bluetooth yang seharga beberapa ratus ribu rupiah atau handphone keluaran 3 tahun terakhir yang ada gpsnya dan dengan antenna gps yang sederhana maka akurasi dan kecepatan menangkap sinyal satelit menjadi jauh jauh lebih baik dan bagus akurasinya dan kecepatan akuisisinya daripada menggunakan gps garmin, trimble dengan tipe yang sudah usang.

 

Chipset GPS yang terkenal dan banyak dipakai pada GPS adalah sejak tipe SIRF 3 (2009), dimana salah satu tipe terkenal seperti Garmin 60csx, 76csx dulu memakai chipset tersebut.

Maka sejak itu semua gps rata-rata memakai chipset tersebut termasuk perangkat smartphone.

Nah saat ini, semua handphone, tablet, pda, smartphone seperti android, windows phone, apple, semua sudah memakai chipset yang sudah lebih baik lagi dari Sirf 3 tadi.

Contoh: HOLUX GPS bluetooth M1000 yang seharga 400-500 ribu keluaran 3 tahun lalu saja sudah memakai chipset yang jauh lebih baik dari Sirf 3, jadi bayangkan kemajuan gps pada saat ini.

Jadi sejak chipset gps sudah bagus dan murah, tinggal masalah program pendukung, itu sebabnya pada iphone, android saat ini banyak sekali program-program gps baik untuk survey atau navigasi yang berhamburan dan sangat variatif harganya.

Garmin yang terkenal kaku dan nyaman dengan program-program yang begitu begitu saja akhirnya ketinggalan, mereka lupa bahwa mereka bukan pembuat chipset gps, mereka hanya mengandalkan program mereka yang diembed ke perangkat khusus mereka…dan sejak chipset yang bagus sudah berada di pasaran dengan harga murah, semua pada berlomba membuat program atau menyempurnakan program gps untuk smartphone…
Garmin menjadi jauh jauh ketinggalan dari sisi software dan andalan mereka cuma peta yang usang yang jarang di update.

Itu sebabnya saya sering katakan, sekarang jaman sudah terbalik, jika dahulu Apa yang bisa di Garmin belum tentu bisa di Smartphone, sekarang ini apa yang bisa dilakukan di Smartphone (GPS) belum tentu bisa dilakukan di Garmin.

Contoh pada tulisan di garmin.co.id banyak memberikan gambaran dari yang sederhana, misalnya kompas, pada iphone 3gs saja (anda tahu betapa tuanya iphone 3GS) kompasnya jalan dengan smooth sekali, dan bandingkan dengan garmin yang sampai sekarangpun dari sisi interface kompas saja mereka jauh ketinggalan (kecuali garmin yang memakai os android punya google)

 

Jadi jika anda ragu dengan akurasi gps pada smartphone atau tablet anda, anda bisa mengecek akurasinya dengan menambahkan program seperti GPS Test pada android, dll.
Lalu anda sandingkan dengan GPS anda atau gps teman anda yang seperti Montana, Nuvi dan lihat akurasinya….

Pada Gambar diatas, adalah sumber tulisan dari Gizmodo yang dibuat tahun 2009 mengenai SIRFStarIV yang akan ditancapkan pada smartphone.

Iklan