Suatu hari ada teman yang datang kerumah..dan kebetulan waktu itu saya memakai Samsung Galaxy S4 (SGS4).
Karena pada waktu itu SGS4 terbilang baru…lalu dia bertanya apakah ini supercopy ?

Saya awalnya bingung…lalu dijelaskan olehnya..samsung supercopy itu samsung cina…

Oh…saya bilang Hp yang mirip-mirip samsung dan umumnya hp cina yang ada TV ?

Dia jawab bukan..bentuk dan menunya sama persis…

Artinya memang ada pabrikan HP yang memalsukan HP samsung sehingga pabrikan tersebut memalsukan 100% dari bentuk sampai ke program-program buatan samsung….

Tidak lama teman saya pulang saya mencoba browsing mencari info mengenai super copy ini…
Semua hal-hal yang dijelaskan di Internet sungguh membuat saya keder…atau sedikit menjadi ragu tentang keaslian SGS4 yang saya pakai.
Karena dari Box sampai SGS4 dan program didalamnya dijelaskan sama…

Selang beberapa hari ada teman lama yang kebetulan penjual HP yang datang kerumah untuk sesuatu urusan…

Nah kebetulan..lalu saya bertanya mengenai Supercopy…
Dia menjelaskan…tidak ada bedanya sama sekali….sangat sangat sulit untuk membedakannya…

Wawwww….saya pikir dalam hati…jika memang demikian..rugilah saya membeli samsung galaxy s4 yang menurut saya asli…jika semuanya sama…

Atau justru SGS4 saya palsu…?

Walaupun saya cek pada Antutu Benchmark dari Play Store  sudah confirm bahwa SGS4 saya asli, saya masih penasaran dengan apa iyaa supercopy itu memang betul-betul sama…saya meragukannya…bahkan dari sisi fisik sayapun ikut meragukannya…

Akhirnya bulan November 2013 saya sempat memegang Samsung Galaxy S4 Supercopy yang baru.

Disini saya sengaja tidak menyertakan fotonya karena tidak perlu memang memberikan foto supercopy karena gambarnya memang tidak akan bisa berbicara banyak….lebih baik baca penjelasan saya dibawah…

Jika anda tipe penikmat gadget…tidaklah sulit untuk mengetahui samsung asli atau supercopy.

Kenapa ?

Tidak usah mengeceknya dengan program benchmark seperti Antutu dll…
Melihat tutup flip-on nya saja waktu dipasangkan di Supercopy..sangat jauh dari kelas presisi pabrikan papan atas…

Lain lho klik klik rasa pas waktu dipasangnya…tidak ada hal seperti ketidak presisian seperti ini pada kelas HP samsung atau Nokia yang murah sekalipun…

Sekarang saya hidupkan SGS4 supercopynya…jreeeng…

Mau quadcore kek…mau octa core kek…waktu pertama kali hidup..alias program masih standard bawaan samsung..itu aja udah keliatan nge-lagnya…

IMHO…Jangankan mau melawan SGS4 asli..mau melawan smoothnya SGS3 aja bagi saya masih jauh si SGS4 supercopy ini…sedikit membuat saya terkekehkekeh…

Waktu saya klik tombol Home..SGS4 memakai tombol home fisik (micro switch) bukan touch.

Pada tombol Home supercopy..kliknya sangat terasa janggal, tidak nyaman, tidak smooth waktu dipencet…”rasa” tek…tek…nya sangat tidak berkelas…seperti umumnya barang cina yang brandednya ga jelas….

Anda mungkin masih ingat.. Televisi merk Polytron era 90an atau TV cina yang merknya berbagai macam…?
Nah anda bandingkan tombol-tombol pada TV polytron atau cina lainnya seperti tombol volume atau chanel….kalo dipencet berbunyi “kletek” yang sangat jauh nyamannya dibanding merk japan umum seperti sony, sharp dll…yang berbunyi halus dan smooth waktu dipencet…

Nah dari tombol home ini saja sudah sangat jauh perbandingannya…
Jadi itu sebabnya disini saya tidak perlu menyertakan foto samsung super copy…

Karena jika memang anda tipe penikmat gadget…anda tidak perlu ragu untuk menentukan bagaimana Samsung asli dan supercopy…sebab Samsung saja untuk kualitas fisik menurut saya masih kalah jauh dengan HTC yang sangat rapi, kokoh, serba presisi…tapi pabrikan cina yang membuat supercopy ini menurut saya masih jauh untuk menyandang predikat supercopy untuk samsung…sehingga saya yakin dengan sangat mudah anda nanti bisa meng-identifikasinya…

Saya langsung saja tidak memutuskan pengecekan lebih lanjut seperti menginstall program yang berat atau dibenchmark dengan Antutu…karena sangat jelas ke prematuran fisik dan kualitas kecepatan si supercopy ini….

Jadi jangankan mau melewati testing program seperti Antutu benchmark….
Fisiknya Supercopy masih jauh bila ingin menyamai Samsung…apalagi HTC atau Apple (jika ada supercopynya).
Ternyata barang supercopy tidak sehebat dengan yang saya bayangkan selama ini.

——————–

Update: 1 hari lalu, waktu teman saya pemilik SGS4 Supercopy yang kemaren datang lagi…iseng-iseng saya cek dengan Antutu…saya masih penasaran mengenai hasil benchmark dan Quadcore cpu-nya…

Hasilnya, Pabrikan Unknown, Prosessor emang QuadCord (tipe lupa), Score Lupa Tetapi yang parah adalah: Skor tertinggi si SGS4 Supercopy hanya pada Jajaran Samsung Galaxy S2 (dualcore) yang telah ada beberapa tahun lalu….
Tapi hal ini saya rahasiakan, karena kasih dengan pemiliknya jika hal ini saya beritahukan…takut dia berkecil hati 🙂

Yaah pada akhirnya, wajarlah harganya Supercopy S4 2jt-an… Samsung Galaxy S2 bekas saat ini juga rata-rata 2jt.

