Menyolder Aluminium dengan ALuflux (aluminium flux).

Menyolder Alumunium ke Aluminium, ataupun aluminium ke tembaga, stainless, besi, seng dll.

Sistem ini dengan melakukan Penyolderan bukan Brazing.
Hati-hati, karena Flux sangat sensitive, dimana flux tersebut bekerja pada suhu max 270-290 derajat celcius, lebih dari suhu tersebut kecenderungan rusak sangat cepat.

Sebelum pengerjaan seperti biasa, bersihkan media aluminium yang akan disolder dengan menyikatnya dengan sikat kawat atau amplas tangan atau elektrik, walaupun flux sendiri tugasnya adalah membersihkan permukaan yang kotor tapi lebih baik dan agar flux bekerja dengan optimal lebih baik kita bersihkan dahulu.

Sebelumnya saya akan menceritakan satu bagian yang menurut saya cukup penting, yaitu menyolder flux ini ke aluminium yang tipis dan kecil seperti kaleng cocacola, tutup atas kaleng susu bubuk dll sangatlah mudah.
Tinggal poles fluxnya, lalu solder dengan solder elektronik dan timah….semudah layaknya kita menyolder PCB dengan timah..seperti pada video dibawah ini:

Tetapi jika kita menyolder aluminium yang mulai besar dan tebal, seperti heatsink processor saja yang tidak terlalu besar…ternyata sulit minta ampun..dan problemnya sangat misterius….hehehe…
Penyolderan 99% tidak berhasil, kenapa kecenderungannya justru tidak berhasil pada aluminium besar?
Baca dengan hati-hati pada tulisan dibawah ini…

Jangan sepelekan spesifikasi.
Sebetulnya kunci keberhasilan penyolderan ini adalah memperhatikan masalah temperature kerja aluflux saja, kesampingkan masalah aluminium karena titk lelehnya pada 600 derajat, dan juga masalah timah karena timah tetap ok walaupun pada suhu 400-500 derajat celcius, TAPI jangan abaikan pada suhu kerja flux, karena pada komponen aluflux inilah suhu terendah diantara timah dan aluminium itu sendiri.

Kenapa banyak tidak berhasil dalam penyolderan ini?
Jika kita lihat urutan dari bawah yaitu ada media (aluminium) lalu pada lapisan kedua tentu polesan aluflux, dan yang ketiga timah yang akan kita cairkan, serta bagian yang teratas atau nomor empat tentulah kepala solder yang sangat panas…rata-rata diatas 300 derajat celcius.

Aluminium tipis dan kecil banyak berhasil, tapi tidak untuk aluminium yang besar.
Pada aluminium yang tipis dan kecil, secara tidak sadar, kita waktu menyolder dengan kepala solder dimana rata-rata diatas 300 derajat celcius pada media aluminium yang kecil, yang terjadi adalah:
Waktu kepala solder mengenai flux dan media aluminium dan timah, panas langsung tersebar ke media aluminium, flux dan timah, mencapai panas yang cenderung ideal, panas tersebar ke aluminium dengan cepat, aluflux tercapai suhu kerjanya (bahkan hampir rusak) dan timah cair.
Penyolderan sempurna.

Nah waktu menyolder dengan kepala solder dimana rata-rata diatas 300 derajat celcius pada media aluminium yang besar, yang terjadi adalah:
Waktu kepala solder mengenai flux dan media aluminium dan timah, panas langsung tersebar ke media aluminium tetapi sebaran panas tidak cukup dan selalu tidak cukup (masih pada timing penyebaran panas), media belum cukup panasnya, timah mencair, sedangkan flux keburu rusak karena kepala solder tadi telah keburu merusak aluflux itu sendiri.

Urutan dari bawah ke atas, dimana mata solder cenderung hanya memanaskan Flux.
Urutan dari bawah ke atas, dimana mata solder cenderung hanya memanaskan Flux.

Jadi konsep sederhana pada penyolderan ini adalah, jangan melebihi suhu aluflux tetapi pastikan dahulu media alumumium panasnya cukup dan timahnya cair.
Jika suhu dapat dijaga, timah dan flux malah bisa dilebarkan atau ditarik-tarik kearah lain.

Penting, suhu aluflux ini optimalnya pada 190 derajat celcius.

Contohnya seperti video dibawah ini.

Sedangkan dibawah ini video kondisi Aluflux pada waktu “Optimal” dan “Rusak”.
Bagaimana kondisinya pada saat temperatur kerja aluflux optimum, pada menit 03.35 s/d 04.20.
dan bagaimana kondisinya aluflux pada saat kelebihan panas (over temp), pada menit ke 04.34 s/d 04.53.

Penampakan Aluflux pada waktu kelebihan panas.
Penampakan Aluflux pada waktu kelebihan panas.

Flux ini dijual pada dengan ukuran 5 ml, 50ml, 100ml.

Dibawah ini, video Aluflux menyolder Rangka Baja atau bahan yang terbuat dari Zinc-Alume dengan tembaga melalui timah.

Menyolder ZincAlum Rangka Baja dengan Aluflux
Menyolder ZincAlum Rangka Baja dengan Aluflux

Dapat dibeli di http://www.bukalapak.com atau http://www.tokopedia.com dengan kata kunci ALUFLUX, atau di DNEGO.COM ukuran 5mL dan 50MmL