Banyak yang bertanya mengenai harga Sentrotech ST-1200C, harganya sampai di indonesia sekitar 120-130 juta, berat sekitar 200 kg, paket sekitar 1.5 meter kubik.
Jika anda tertarik, setidaknya harus dipesan dahulu, pembayaran 100 persen dimuka, estimasi sekitar 1 bulan di order di USA.

Pada review sebelumnya Tungku peleburan buatan cina yang terlanjur dibeli dan menjadi sampah yaitu merk Booking dan Yihui dapat anda baca disini.

Karena bongsongnya ukuran Sentrotech ST-1200C, sehingga banyak persiapan yang harus saya lakukan agar bisa mengetest-nya dengan cukup nyaman.

Body luarnya Tinggi 90Cm, Lebar 60Cm, Panjang 82Cm.
Ukuran melting chamber atau ruang peleburannya, Tinggi 25Cm, Lebar 25Cm, dan panjang 40Cm.

testing 800 derajat celcius.
testing 800 derajat celcius.

Pertama perlu diketahui, tungku sentrotech ini programmable dan mempunyai setting profile, jika anda sudah terbiasa menggunakan Solder elektronik seperti solder Inframerah dimana umumnya kita harus membuat profile terlebih dahulu sebelum me-Running si tungku.

Tujuan profile ini agar tungku bisa bekerja otomatis dan terlebih membuat tungku peleburan menjadi lebih aman karena semua akan bekerja dan stop total secara otomatis. Kita bisa mensetting/membuat profile misalnya 200°C selama 30 menit, lalu naik ke 1000°C selama 60 menit dan 1200°C selama 30 menit dan stop.
Artinya tungku peleburan akan bekerja sesuai dengan yang kita tetapkan suhu dan waktunya lalu akan menetop semua pekerjaan secara otomatis.

Perbedaan dengan sistem di tungku peleburan china adalah, tidak adanya profile, misalnya diset pada suhu 1000°C, lalu tungku akan mulai memanasi dari sekian °C sampai 1000°C, lalu tungku akan “mempertahankan saja” sampai tombol kita matikan secara manual.

Tungku ini juga sesuai dengan yang dituliskan pabrikannya “Excellent temperature uniformity” yaitu panas yang merata sesuai dengan angka penunjukan.

Sementara ini saya sangat puas dengan unjuk kerjanya, test pertama kali saya menggunakan logam aluminium dan tembaga.

Info:
Titik leleh aluminium 660°C.
Titik leleh tembaga 1085°C.

Pada waktu pengetesan peleburan aluminium, saya memakai setting 700c, setelah tercapai 700°C dan dipertahankan sekitar 5 menit lalu pintu dibuka dan metal aluminium sudah cair.

Point utama saya disini ingin mengetes keseragaman suhu, antara suhu penunjukan dan suhu pada ruangan peleburan, bahkan suhu pada titik terjauh dari sensor temperatur….karena pada tungku peleburan china, keseragaman antara suhu penunjukan dan bagian-bagian lain pada ruang bakar “SANGAT BERBEDA”, dan akhirnya membuat penilaian pada pekerjaan saya menjadi jauh meleset/ngaco atau tersesat karena fenomena ini…

Bahan pengetesan diletakkan pada pada bagian depan (dekat pintu dan tengah , sehingga jauh dengan lokasi thermocouple dimana letaknya pada bagian atas kiri, sebelah belakang.
Test pertama 700°C aluminium cair,
Test kedua 1100°C untuk pencairan tembaga, tembaga cair…
Hasil kedua test ini saja bagi saya lebih dari cukup…
Artinya, suhu memang merata pada chamber…

Test Melebur Aluminium dan Tembaga
Test Melebur Aluminium dan Tembaga

Fenomena ini sangat jauh sekali pada tungku peleburan logam cina dimana standard suhu yang diklaim pada pabrikan 1150°C (saat ini tungku sudah saya modif agar bisa 1300°C).
Contoh: Melebur tembaga yang hanya 70-100 gram pada tungku cina, pada kondisi normal 1150°C tembaga tidak akan pernah mencair…saya pernah sampai menunggu 2 jam. Saya harus membuat suhu 1200°C, jika tembaga diatas 100gram, “suhu penunjukan” pernah saya paksakan mencapai 1250°C.
Artinya, suhu penunjukan pada tampilan sangat tidak sesuai dengan dibagian wadah/crucible/koi dimana menampung logam2 yang akan dilebur.
Mending jika hanya melebur logam utuh, dimana kita langsung bisa lihat hasilnya logam sudah mencair atau belum.
Nah gimana kalo sudah bersifat me-recovery logam seperti tembaga dan emas? Bisa ngaco perhitungan kita, karena kita tidak akan menyangka suhu penunjukan ternyata sangat berbeda pada suhu yang ada di crucible bagian bawah tengah dan atas.

Setidaknya kesulitan saya selama ini memakai tungku peleburan listrik buatan cina sudah teratasi, dimana tungku peleburan cina ini banyak membuat kerugian langsung atau tidak langsung, kebingungan karena ternyata “ketidakmerataannya suhu” yang sungguh menghabiskan waktu, tenaga dan pikiran.

Sekarang saya kembali pada pengetesan peleburan tembaga, saya coba lagi dengan memasang suhu 1090°C, saya pertahankan sekitar 5 menit pada kondisi 1090°C, pas pintu dibuka tembaga telah mencair, sampai batas ini saya cukup puas dengan unjuk kerja tungku sentrotech…

Chamber Lega, thermoucple S type Rhodium / Platinum.
Chamber Lega, thermoucple S type Rhodium / Platinum.

Pengetesan baru dengan logam Aluminium dan tembaga dengan berat dibawah 50gr, nanti saya akan mengetes dengan melebur setidaknya 500gr s/d 1kg metal aluminium atau tembaga, karena ruang peleburan pada tungku ini menurut saya cukup lega, bayangkan saja ruang peleburan dengan Tinggi 25Cm, Lebar 25Cm, dan panjang 40Cm, saya bisa melebur diatas 10 bahkan 20 kilogram tembaga sekaligus dengan nyaman, nyaman adalah hal terpenting dalam bekerja.

Namun saya belum bisa mengetesnya karena saya belum membuat tang penjepit untuk mengangkat crucible/koi yang menampung logam cair dan berat dari dalam chamber…

Jadi tunggu yaaah…updatenya…

 

Salam

 

Joel

Joel 0816-384499 – 0819-7897920.

