Suatu hari, ada kerabat yang mendatangi kami, kerabat tersebut ingin memeriksa batu ruby dan safir yang kami jual.

Lalu dia mengeluarkan alat periksa batu batu permata termasuk berlian.

Lalu setelah dia memeriksa batu-batu kami, dia berkomentar bahwa pada alatnya, kekerasan batu kami (ruby safir) yang ditunjukkan oleh alatnya tersebut belum sampai pada level Ruby/Safir.

Kamipun sudah pernah mempunyai alat tersebut, tetapi kami tidak memakainya lagi karena terlalu banyak kekurangan pada alat tersebut, terlebih kami sudah puluhan tahun bergerak dibidang perbaikan alat-alat elektronik dan penjualan spareparts elektronik, maka secara sekilas saja kami tahu alat tersebut tidak bisa dijadikan sebagai pegangan sehari-hari, terlebih pada hasil pengukuran yang lebih teliti.

Ada rupa, ada harga dan ada kualitas, terlebih pada perangkat keras hal ini sangat sulit untuk dipungkiri, tidak ada keajaiban, ada alat murah, ada yang mahal, ada kemampuan, ada ketelitian, ada kualitasnya…
Bayangkan harga 200 ribuan dibanding harga 8juta-an.

Pada gambar dibawah ini, yaitu alat cek batu permata yang murah meriah, hanya seharga tidak lebih dari 200an Ribu…

Alat test berlian murah
Alat test berlian murah

Jika kita memahami sedikit tentang elektronika, akan segera tahu, bahwa pada alat murah tersebut mempunyai spareparts namanya “VR” atau Variable Resistor (yang bisa diputar-putar), atau juga sering orang sebut potensio meter.

Kenapa alat murah tersebut pada akhirnya kami putuskan tidak bisa menjadi pegangan sehari-hari, terlebih pada bisnis jual beli batu permata?

  1. Alat ini menggunakan VR, artinya kalibrasinya bisa dilakukan oleh pemilik alat, jadi nilai-nilai yang akan tertera tidak terkunci, kita bisa menentukan  sendiri level kekerasannya, tidak seperti alat pengukur kekerasan dari pabrikan terkenal seperti Gemlogis  dan Presidium, kalibrasi sudah dikunci oleh pabrikan tersebut, dimana pemakai tidak bisa mengubah-ubah nilai penunjukan dari kekerasan yang ditampilkan.
    Terlebih alat murah tersebut bisa dikatakan alat sejuta umat, yang tidak diketahui merk pastinya, pabriknya dll.
    Sedangkan alat kami dikeluarkan oleh Gemlogis, divisi perangkat keras dari JUBILEE Diamond HK.
    Jika kalibrasinya bisa diubah-ubah dengan mudah, lalu apa yang bisa jadi pegangan?
  2. Sebelum krismon tahun 1998, VR atau potensiometer berkualitas sangat mudah dijumpai, bahkan dipalembang sekalipun, seperti merk ALPS, Vishay, A-B dll.
    Semenjak krismon, bahkan dijakarta sekalipun sudah sulit ditemui VR dari pabrikan papan atas tersebut.
    Yang ada Merk “plesetan“, dari merk ALPS menjadi ALPHA.
    Harga VRnya menjadi super murah, bayangkan saja merk alpha cuma 2-3 ribu tapi merk Alps bisa 50 ribu, atau paling murah 25ribu rupiah.
    Bagaimana Kualitas VR yang murah?
    Jangan coba-coba…kita pasang pada amplifier atau sound system rakitan, 1 bulan udah kelamaan bakal keluar suara gresek gresek sewaktu diputar.
    Contoh volume amplifier yamaha saya yang sudah berumur 7 tahun lebih, sampai tulisan ini dibuat belum ada suara gresek-gresek.
    Apa hubungannya dengan alat cek batu permata murah?
    Nah disini masalahnya, alat periksa kekerasan yang murah tersebut tidak mungkin memakai potensio yang mahal karena harga alat itu saja hanya pada kisaran 200 ribu.
    Jika VR itu ditempatkan pada volume suara diperangkat musik kita, lalu VR itu rusak dengan suara mengresek-gresek, kita bisa langsung mengetahui pada potensiometernya sudah aus/usang/rusak.
    Nah apa yang terjadi bila VR itu ditempatkan pada alat periksa kekerasan yang nilainya hanya ditampilkan pada gerakan sejumlah sekian lampu led saja (bukan jarum)?
    Penunjukan kekerasan, bisa berubah kapan saja!Batu quartz bisa saja menjadi topaz, batu topaz bisa saja teridentfikasi quartz dll dll.
    Dan celakanya lagi efek kerusakannya tidak terdengar ditelinga kita…
    Artinya disini jelas, setiap saat siapapun bisa rugi, baik itu dari sisi pembeli atau penjual.

Jadi menurut kami, alat itu bisa saja kita gunakan sebagai referensi pribadi, tapi sangat tidak cocok untuk diajak berbisnis karena jauh dari harapan yang siap menentukan nilai kekerasan yang stabil, terlebih lagi jika dilihat dari aspek keadilan dalam berdagang…

Pedagang bisa rugi jika VR itu mulai rusak, begitupun pembeli.

Apalagi digunakan untuk menipu konsumen, sangat mudah dilakukan dengan alat murah tersebut.

Anggap saja, kita mau mengukur batu ruby, kita mempunyai sample batu ruby, pada alat tersebut pada batu ruby menunjukkan 7 lampu menyala (misalnya), lalu kita turunkan nilainya dari 7 lampu led menyala menjadi 4 saja yang menyala dengan menggeser/mengubah  VR tersebut…

Lalu sewaktu kita mengukur batu ruby konsumen, dengan mudahnya kita menipu konsumen awam bahwa batu rubynya belum sampe dilevel 9 skala mohs….

Silahkan lihat video dibawah ini sebagai perbandingan 3 alat ukur tersebut.

Sekian saja dulu, mohon maaf jika ada kata-kata yang salah.

Salam Smart.

Joel
0816-384499
0819-7897920

——————-

Mohon maaf yang sebesar-besarnya,

Saya cukup jenuh menjawab pertanyaan-pertanyaan yang harus saya jawab mengenai alat ukur batu ini, terlebih pertanyaan teknis melalui sms, yang pada akhirnya panjang seperti novel tak berkesudahan yang hanya akan menghabiskan waktu kita bersama (pertanyaan teknis dengan senang hati saya akan menjawabnya dengan menelpon langsung).

Karena banyak sekali yang ingin membelinya, berkata: jadi membelinya, berkata: deal harganya tetapi tidak jadi entah apa sebabnya….padahal saya sekalipun tidak pernah sekalipun menanyakan “apakah jadi, apakah deal, apakah mau membeli barang saya?”

Perlu diketahui, saya membeli semua peralatan dalam hidup saya, 99.99% tanpa pernah menanyakan perihal teknis, kecuali harga (jika tidak ada harganya).

Saya hanya mencari manualnya, mempelajari secara pribadi, lalu saya beli dan coba, that’s it.

Jika anda ragu mengenai penipuan, baiknya baca disini…

https://zulkarnain.wordpress.com/2013/08/15/penipuan-jual-beli-di-internet-cek-penipu/

Sebab peralatan ini, bukanlah objek yang potensial untuk menipu, objek paling enak untuk menipu itu seperti menjual hp, tablet, gadgets harian.

Jika anda ragu mengenai BEP (Break Even Point) = Break event point adalah suatu keadaan dimana dalam suatu operasi perusahaan tidak mendapat untung maupun rugi/ impas (penghasilan = total biaya).

Maka saya tegaskan, alat ini sangat menguntungkan bagi saya saat ini, dan pada waktu membelinya dulu saya tidak memikirkan keuntungan karena dulu hanya untuk eksperimen pribadi saya.

Namun saya tegaskan, tidak bisa menjamin hal yang sama akan juga sama terjadi pada orang lain.

Saya tidak resmi menjual alat ini, tetapi saya bisa saja meng-orderkannya dari agen kami di USA.

Jadi umumnya, saya tidak mempunyai stok-nya, kecuali ada yang meng-ordernya dan sekalian saya stok paling banyak 1 unit.

Jadi kemungkinan jika anda ingin menanyakan apakah ada stoknya, let say tidak ada stoknya, dan estimasi sampainya 2-4 minggu.

Gemlogis dan Ciel > bisa membedakan moissanite (berlian palsu) dan berlian, saat ini harganya 12 feb 2015 harganya 9 juta rupiah.

Presidium Gem Tester & Diamond Gem Stones > tidak bisa membedakan moissanite (belian palsu) dan berlian, saat ini harganya 12 feb 2015 harganya 5.5 juta rupiah.

Presidium Digital Refractive Index Meter II PRIM2 > untuk mengukur nilai refraksi secara cepat dan tidak menggunakan cairan kimia seperti refractometer traditional > saati ini harganya 12 feb 2015 harganya 6.5 juta rupiah.

Harga-harga microscope bekas, seperti Bausch & Lomb, American Optic, Leica, Olympus, Nikon, HRD Antwerp Institute Gemology, Meiji, umumnya pada kisaran 10 juta s/d 45 juta rupiah.

Kami tidak menjual Alat test batu Diamond selector, karena barang ini sangat banyak di pasar, di bukalapak.com di tokopedia.com dll dll, harganya pada kisaran 200rb-an, 300rb-an, 400rb-an, namun jika TETAP mau membelinya dengan kami, kami coba carikan di pasar, dan harganya Rp450.000 belum termasuk ongkir.

Jika anda ingin menawar, mohon langsung tawar saja, tidak ada sakit hati sedikitpun jika saya tawarkan 1 milyar di tawar hanya 25 ribu rupiah, saya masih menganggap anda berani menawar, justru kami kurang bisa menanggapi jika pertanyaannya: “berapa habisnya”?

Jadi pastikan dulu sebelum menawar, setelah yakin ingin membelinya, barulah hubungi saya…

Karena harganya sudah saya sampaikan disini, kecuali bayang-bayang harga microscope bekas diatas.

Terima kasih,

Joel

Jl Ratna No.1 Palembang 30143, 0816-384499 / 0819-7897920.

Iklan