Sebetulnya judul diatas salah, sebab yang kami maksudkan adalah MOISSANITE.

Moissanite mempunyai nilai kekerasan 9.25 mohs diatas Ruby/Safir (corundum) 9 mohs dan dibawah kekerasan Berlian yaitu 10 mohs.

Hari ini saja (minggu 23 nov 2014) ada 2 customer kami yang membawa berlian, ada yang hitam dan mereka bilang Berlian Hitam dan ada yang membawa berlian putih.

Tetapi sayang sekali sewaktu kami periksa ternyata hanya pada level Moissanite tersebut, jadi bukan berlian palsu,

Berlian adalah berlian, berlian yang berkwalitas rendah sekalipun pada alat akan tetap menunjukkan bahwa itu adalah Berlian (diamond) bukan moissanite.

Moissanite tetaplah moissanite, tidak sampai pada level berlian sebagus apapun moissanite tersebut.

Berlian palsu adalah berlian dari kaca atau bahan lain, yang tingkah lakunya jika kita lihat dari mata mirip berlian, kecuali bagi ahli berlian mungkin dengan melihatnya saja sudah berbeda, tetapi jika kita ingin memastikannya tentulah lebih baik memakai alat.

Nah customer kami yang sangat kecewa tersebut, entah dari ketidaktahuan penjual atau sengaja di tipu oleh penjual.

Saran kami, jika sudah membeli berlian, belilah berlian yang sudah ada sertifikat/reportnya dari lab yang terkenal seperti GIA – AIGS dll, ATAU mintalah jaminan bahwa setelah dibeli kirimlah ke badan yang bisa mengeluarkan Report, jika reportnya bukan berlian harusnya bisa dikembalikan.
Atau setidaknya, belilah dengan penjual yang mempunyai alat periksa berlian dan moissanite.

Karena kamipun menjual berlian yang sudah mempunyai sertifikasi/report dari GIA ataupun yang belum mempunyai report.
Tapi kami menjamin seperti tulisan diatas.

Tetapi customer kami tersebut mengatakan bahwa sewaktu membeli berlian tersebut mereka sudah memastikannya dengan alat bahwa itu berlian.

Sekarang pertanyaannya memakai alat apa?
Apakah ada reportnya? apakah ada jaminannya?

Ada alat cek berlian, umumnya yang konvensional hanya bisa membedakan Ruby/Safir (9 mohs) atau dibawahnya ruby/safir dan Berlian (10 mohs), tapi tidak untuk Moissanite (9.25 mohs).
Pada alat konvensional tersebut, jika sudah menyetuh level 9 koma sekian, maka alat akan menunjukkan level berlian.
Karena alat tersebut tidak bisa membedakan LEVEL 9.25 Mohs.

Sewaktu kami cek pada Gemlogis Pistachio dan Ciel, dimana Gemlogis pistachio Ciel bisa memisahkan level mossanite dan berlian, ternyata diperiksa berulang-ulang, alat tetap menunjukkan level Mossanite.

Memang mengukur berlian dengan alat tersebut pada kejadiaan-kejadian tertentu (saja) sekali ukur belum tentu langsung pada level berlian, karena mengukur berlian pada alat tersebut perlu power yang besar (Heat transfer), jarum probe dipastikan sangat bersih, berlian dipastikan bersih juga, maka sesekali terjadi kegagalan, itu sebabnya kita memastikannya berulang-ulang.

Tetapi jika sekali saja terjadi masuk pada level berlian, maka itu adalah berlian.
Moissanite sekalipun tidak akan pernah menyentuh level berlian.

Contoh alat konvensional baik yang murah dan yang mahal dan tidak bisa membedakan mana Moissanite dan mana Berlian (diamond), pada video dibawah ini:

Kenapa kami tidak memakai alat murah ini?
Silahkan lihat videonya dibawah ini.

Just sharing

3batu.com Team.

Iklan