Kenapa ada batu mulia dan semi mulia?

Pertama jangan lupa, esensinya batu perhiasan (mulia dan semi mulia) itu adalah:

  • Alami, baik yang berasal dari bahan organik atau mineral.
  • Harus Indah.
  • Harus Langka.
  • Harus Tahan (kuat keras).

Jadi semakin alami (untreated atau semakin rendah nilai treatment-nya), semakin indah, semakin langka, semakin tahan, itulah batu perhiasan termahal atau mendapat gelar “HEIRLOOM atau pusaka”.

Tujuan tulisan ini dibuat, karena banyak sekali pada akhirnya, termasuklah teman, customer kami, yang akhirnya menyesal karena salah memperhitungkan membeli batu perhiasan alami tetapi yang sangat murah harganya dengan membayarnya dengan harga selangit.

Ok, kita stop dulu mengenai batu mulia dan semi mulia.

Kita bicarakan dahulu kenapa ada kata Mulia dan Semi Mulia.
Sebab, klasifikasi mulia atau semi mulia ini BUKAN SULAP BUKAN SIHIR, tapi berdasarkan perhitungan yang jelas, terukur, dan pasti, karena bisa di tantang atau di cari tantangannya jika memang ada yang mampu menandinginya, simple khan?

Contoh emas logam mulia, lebih mulia daripada perak atau tembaga.
Secara kelistrikan / electonics, emas itu sudah pasti mempunyai resistansi yang super rendah (nilai ohm-nya sangat rendah) lebih rendah daripada Perak, Tembaga.
Jangan bingung-bingung apa maksud resistansi (satuan OHM), saya analogikan saja:

1: Pada jalan kampung, banyak polisi tidur dan lobang-lobangnya, sehingga menghambat laju kendaraan, nilai hambatan inilah resistansi, mari kita katakan ini TEMBAGA.

2: Pada jalan Jend Sudirman jalannya termasuk mulus, terdapat lobang-lobang setiap jarak 1km, walaupun ada lobang sedikit tetap saja ini berpengaruh pada laju kendaraan, mari kita katakan ini PERAK..

3: Pada jalan Toll jalannya sangat mulus, hanya terdapat lobang paling banyak 1 lobang kecil di setiap 10km, mari kita katakan inilah EMAS, karena nilai hambatannya paling kecil diantara si Tembaga, Perak tadi.

Emas juga secara daya tahan terhadap korosi, jauh lebih tahan dibanding logam-logam lain, terlebih jika kita bandingkan dengan besi, seng dll.

Emas juga tentunya sangat sulit didapatkan daripada mendapatkan besi dll.

Mungkin jika tidak ada emas yang banyak dipakai juga pada peralatan industri modern, komputerisasi modern, kita belum ada internet murah atau facebook dll.
Karena nilai fakta-fakta inilah emas contohnya pasti dipakai pada processor komputer sebagai kawat penyambungnya, jika tidak mungkin sulit untuk mendapatkan kecepatan processor seperti sekarang ini (salah satu faktor).

Pada dunia internasional, ada 4 jenis batu mulia, yaitu: Berlian, Ruby, Safir, Emerald (zamrud).

Diluar dari empat batu tersebut adalah semi mulia, seperti akik, quartz, kecubung atau amethyst, giok dll, dan esensi batu perhiasan juga berlaku pada semi mulia ini.
Soal batu Mulia dan semi mulia, sama seperti emas tadi semua terukur dan ada penyebabnya…

Analogi dahulu, kenapa ikan lou-han anjlok? Kenapa ikan arowana apalagi yang super red sangat mahal hingga saat ini.
Karena mudah mengembangbiakkan ikan louhan, sudah mudah sekali menetas telurnya beratus-ratus.
Tetapi tidak untuk arowana, karena butuh biaya mahal untuk mengembang-biakkannya, susah, tidak bisa diketahui kapan mulai kawinnya, butuh area yang luas dll dll.
Bayangkan, arowana yang bisa dikembang-biakkan saja tetap mahal, apa lagi Batu Mineral yang sangat sedikit ditemui di bumi ini.

Memang betul, tidak ada salahnya jika kita mampu dan mau saja membabi-buta seperti membeli ikan lou-han seharga 1 milyar sekalipun, tapi yang pasti semua orang (di dunia) bisa memiliki louhan bahkan dengan harga yang sangat murah.

Sebelum membicarakan perbandingan mulia dan semi mulia, kita akan bicarakan dulu ada pemilahan sama-sama mulia terhadap mulia lain, ada beberapa tempat pada penjualan batu mengatakan batu mulia dengan membaginya lagi menjadi kategori, misalanya safir kategori 1 (mahal), kategori 2 (murah), kategori 3 (lebih murah).
Sebetulnya menurut kami ini akan semakin membingungkan orang saja.
Karena, batu mulia itu harganya sangat kentara pada level warna dan clarity, 2 faktor ini yang awalnya sangat menentukan harga,
Contoh: Safir biru VS safir yang biru sangat muda, anggapalah berat sama, clarity sama, shape (potongan) juga sama, maka tentulah safir biru ini yang mahal.
Contoh: Safir Biru Royal dengan nilai clarity jernih (vvs1) VS Safir Biru Royal, tapi claritynya sangat jauh bahkan cenderung opaque (buram), maka harga safir biru dengan clarity vvs1 akan sangat jauh berbeda.

Itu sebabnya, pada Batu Mulia ada calculatornya, keunggulannya sesama jenis mereka bisa dihitung, dibandingkan lewat mata atau mikroskop.

Semua safir, ruby, zamrud, berlian masuk kategori batu mulia, kategori batu mulia bukan permasalahan harga, tapi harga itu akan berbanding seperti salah satu contoh diatas tadi (sesama jenis).
Safir yang murah, pastilah berkwalitas rendah dll.
Saifr yang mahal, pastilah sangat indah dipandang, jernih, warna sangat menawan dll dll…

Ok…mari kita bicara beberapa perbandingan agar lebih sederhana untuk memahaminya.

1: Pertama dan yang paling adalah, karena batu mulia lebih langka depositnya di bumi ini.
Jika tidak langka atau jarang, harganya tidak akan mahal, sederhana bukan?

Sudahkah anda menonton film fiksi The Hobbit? Apa yang paling dicari sang raja dibalik reruntuhan kerajaannya?
Hanya 1 batunya yang langka yang cuma satu-satunya.
Berlian, emas tidak dipedulikan sang raja karena sudah banyak ia memilikinya, mirip seperti inilah kenapa Batu mulia lebih mahal atau berharga.

Safir, yang kualitas umum saja sudah pasti lebih jarang didapati dibanding akik atau agate, cobalah kita cari safir sembarang safir saja, bawa 2 karung, 1 karung untuk safir atau ruby dan 1 karung untuk akik, karung manakah yang cepat penuh?

Apalagi bicara safir yang berkualitas, biru jernih, serat hampir tidak terlihat (tanpa treatment).
Kita carilah si corundum, seandainya kita berhasil menemukan depositnya, kebanyakan ruby safir berkualitas bawah, yang sangat jernih tentulah jarang.

Jika ada yang berkata, saya banyak safir yang berkualitas, dan akan mereka jual dengan murah lebih murah daripada batu akik, giok dll,
jika memang demikian tidak berharga, maka segeralah beli atau jual kepada kami, kami siap membelinya 🙂
Tetapi jangan ternyata yang ditawarkan ruby safir kelas bawah dimana harganya memang murah, maka kamipun akan menawarnya dengan murah juga.

Itu sebabnya karena langka, banyak pada zaman dahulu para raja-raja yang memiliki batu-batu mulia yang langka berkualitas, istilahnya sudah berkelas heirloom atau pusaka, jikapun rakyat yang mendapatkannya maka hak rajalah untuk memilikinya, karena itu lambang prestisius kemahsyuran si raja tersebut.

Contoh Mahkota Sapphire kerajaan belanda dibawah ini:

dutch royal crown 1881
dutch royal crown 1881
dutch royal crown 1928
dutch royal crown 1928

Sumber

Sekarang bayangkan, jika si Raja memakai batu sebangsa Akik atau kecubung atau quartz yang lebih mudah ditemukan, rakyat-rakyat yang lainpun juga bisa memakainya, cari dengan mudah, lalu rakyat dan raja adu motif-nya, ada yang berkata motif nya jelek, bagus, sedang dan tiada habisnya, hehehe…

 2: Perbandingan secara kasat mata pada industri.

Safir banyak digunakan misalnya pada kaca jam, dimana sangat sulit untuk tergores atau lecet.
Berlian yang berkualitas rendah umumnya opaque atau buram sudah pasti akan digunakan pada peralatan industri, gerinda dilapisi berlian (micro) yang dengan mudah memotong batu-batu lain, juga pengeboran minyak yang sangat berperan dimana mata bornya dari intan dengan mudah menembus kulit bumi, atau alat perlengkapan pemotongan dengan menggunakan sinar laser dimana menggunakan komponen berlian (bermutu) yang tidak terhitung aplikasinya pada industri-industri umum dimana pada pemotongan laser memotong besi dengan cepat, rapi layaknya memotong kertas dengan gunting, jika tidak…sulit kita dapat membeli barang-barang hasil industri yang sangat rapi dan menjadi berharga TERJANGKAU dizaman modern ini.

Lalu apakah batu semi mulia tidak ada andilnya?
Semua diciptkan tuhan tentulah bermanfaat.
Jika akik, quartz yang bagus, tentulah dia menjadi perhiasan juga.
Sedangkan yang jelek tentulah akan berteman dengan batu-batu koral, semen, besi tulang, yang ada dirumah kita.

3: Mari kita katakan batu-batu itu mempunyai khasiat yang tidak terukur (anggaplah ghaib).

Jika kita bicara akik, giok, itu mempunyai khasiat seperti menyehatkan badan, membuat perasaan tenang, terlindungi dari mara bahaya dll dll.

Karena mudah didapat, tentulah semua orang bisa mendapatkan ketenangan, perlindungan, kesehatan dan semua kelebihan dari batu semi mulia tersebut bukan?

Sekarang, batu mulia yang langka, tidak mungkin tidak mempunyai kelebihan-kelebihan diatas juga bukan?

Jika Batu mulia itu langka karena alam memang tidak mudah membuatnya, tidak mungkin rasanya yang langka ini tidak memiliki kelebihan diatas.

Baca lebih jauh daftar manfaat batu akik dengan meng-klik link ini.

4: Masih seputar ghaib.

Banyak yang berkata batu-batu semi mulia mempunyai khodam (kami belum tahu secara spesifik, klasifikasi khodam), dan disenangi oleh jin dan sebangsanya (kami juga tidak tahu sebagai apa mahluk halus menggunakan batu-batu ini).

Anggaplah jika memang demikian, tidaklah mungkin mahluk halus itu HANYA menyukai sebangsa akik, quartz, kecubung saja, tentulah yang langka dan lebih berharga ini akan disukai oleh mahluk halus juga.

5: Masih seputar ghaib lagi, yaitu susuk.

Dimana-mana orang yang percaya dengan susuk dimana juga bergantung posisinya dimana dipasangkan, di wajah untuk mempercantik wajah dll.

Kenapa yang menjual alat untuk memasang susuk ini dengan batu mulia atau logam mulia?

Kenapa tidak cukup dengan batu quartz atau akik saja, atau seng, jika mempunyai kekuatan yang selevel atau sama?

6: Batu-batu Mulia pasti mahal?

Yang sudah pasti mahal itu adalah, batu mulia yang berkualitas tinggi maka pastilah mahal.

Jika kita memiliki batu safir misalnya dulu kita beli 100 juta, maka suatu saat anda SEKALIPUN di luar negeri dan kehilangan dompet dll, yang tertinggal hanya safir anda, maka anda bawa ke toko terkemuka tentulah harganya akan tetap mahal bahkan bisa jadi menjadi lebih mahal jika anda beli sudah lama (ada kenaikan harga pada batu mulia).

Dalam kasus diatas, si safir ini telah menyelamatkan kelaparan kita, bisa mengurus segala kesulitan kita diluar negeri dan pulang ke tanah air.

Tetapi sekalipun kita memiliki kategori batu mulia tetapi yang berkualitas rendah, misalnya buram, banyak serat yang dulu hanya pada harga beberapa ratus ribu…tentulah toko apalagi toko jewelry terkemuka tentulah juga akan menghargainya dengan murah juga, sekalipun sudah dimiliki oleh tujuh turuan sebelum kita, bahkan bisa saja menjadi tidak ada harganya.

Jadi batu batu semi mulia pasti murah?

Seperti pada tulisan kami yang lain, tidak ada hukumnya atau salahnya jika ada orang yang ingin menjual atau membeli batu se LEVEL kaca (murah, palsu, imitasi) dengan seharga selangit sekalipun, selagi pada jual beli tersebut suka sama suka dan tidak ada hal yang bersifat menutupi apa yang dijual itu.

Pada batu-batu mulia di dunia internasional, batu ini sudah mempunyai semacam CALCULATOR, ada kualitas, ada warna, ada asahan, ada harganya, dengan kata lain diluar negeri orang tidak membeli barang murah dengan harga mahal, dan barang mahal dengan harga murah.

Sedangkan pada perdagangan batu semi mulia, terlebih di Indonesia.

Akik kebanyakan semakin berharga karena ketertarikan orang dengan “MOTIF”nya saja.
Motif unik, semakin mahal dll dll, dimana tidak ada rumusan atau FORMULA pasti untuk harga akik di Indonesia.
Semakin suka seseorang dengan SATU AKIK tersebut, maka harganya bisa sangat mahal.

Sekarang mari kita bayangkan kasus (cerita diatas) versi akik.
Kita kehilangan dompet dll dan yang tertinggal hanya 1 batu cincin akik yang kita beli seharga 1 milyar BAHKAN yang dilengkapi Sertifikasi dari GIA USA sekalipun dimana asal harganya karena kita menyenangi motif saja!
Kita bawa ke toko jewelry terkemuka, lalu kita coba tawarkan 100 juta saja!
Kemungkinan kita akan dikatakan orang gila jika orang tersebut tidak menyukainya.

Jikapun toko tersebut menyukainya, tentulah dia akan memujinya saja, tapi berat untuk membelinya, karena motif si akik sangat variatif, bisa saja anggapannya dia bisa temukan motif yang lebih bagus daripada milik kita yang seharga 1 milyar tersebut.

Sebab, sertifikat batu akik dari GIA tersebut memang menjelaskan itu akik yang asli, natural, bukan kaca, sedangkan akik tetaplah akik yang bertebaran dimuka bumi.

7: Jadi bagaimana menghitung harga batu AKIK?

Diluar negeri TIDAK ADA CALCULATOR batu AKIK.

Akik diluar negeri tetap ada harganya, tetapi harganya rendah, bahkan sangat rendah.

Hal-hal yang menyebabkan rendah adalah yang bersifat tidak ada nilai kreasi yang tinggi, murah karena hanya karena kebetulan menemukannya, atau akik yang cukup unik lalu sekedar diasah lalu jadi batu cincin, ini di luar negeri tidaklah seberapa harganya.

Terbayang khan, mulai dari banyak depositnya (berlimpah), apalagi dibuat hanya sebagai cincin yang hanya beberapa karat, dan cocoknya/matchingnya diasah dengan model polos atau cabochon, dimana mesinnya asahnya saja sudah murah terjangkau, dan mengerjakannya-pun sulit rasanya jika dikatakan harus dilengkapi dengan skill yang tinggi, jadi bagaimana mungkin menjadi suatu nilai seni yang tinggi (sangat jarang). Sekarang bandingkan dengan ruby, safir, berlian yang harus mempunyai mesin pengasah yang handal karena kerasnya batu mulia, mau mengasah model facet? Ya harus dilengkapi mesin yang presisi berharga ratusan juta dan tetap saja memerlukan kesabaran yang tinggi, skill yang tinggi juga dan perhitungan matematis yang cukup rumit (untuk berlian berkualitas asahan baik).
Tidak percaya? Coba saja tanyakan mulai dari harga mesin asah polos vs facet, dan upah mengasah polos vs facet 🙂

Contoh dibawah ini, batu akik mungkin tipikal Junjung Drajat atau Derajat, dimana di usa atau china sangat murah harganya, jika ada yang ingin membelinya dengan harga mahal dalam ukuran kiloan  kami bisa memenuhinya 🙂

junjung drajat akik
junjung drajat akik
junjung drajat akik
junjung drajat akik
junjung drajat akik
junjung drajat akik
junjung drajat akik
junjung drajat akik

 Bahkan batu Amber yang berisi semut yang alami sekalipun yang sangat langka tetap saja itu batu yang murah, seperti gambar dibawah ini yang hanya berharga dibawah 200 ribu rupiah.

Amber berisi fosil semut
Amber berisi fosil semut

Batu akik yang cukup mahal diluar negeri, atau “ada” harganya dan harganya pun tetap saja sangat variatif, mahal karena ada andil manusia berkreasi dengan niai SENI yang tinggi, ide-ide baru pada batu-batuan tersebut, dimana dibuat menjadi dekorasi yang unik dan dalam jumlah (berat) yang banyak, jadi diluar negeri terutama dinegara maju seperti Amerika dan cina, akik yang mahal, bukan jadi batu akik yang hanya seberat beberapa karat (1 karat = 0.2 gram) dimana dibuat menjadi sekedar batu cincin polos atau cabochon.

Contoh, akik yang berharga cukup mahal seperti dibawah ini:

akik dekorasi ruangan
akik dekorasi ruangan
akik dijadkan botol 3 jutaan
akik dijadkan botol 3 jutaan
akik dekorasi pohon 1 jutaan
akik dekorasi pohon 1 jutaan

Baca lebih detil daftar harga batu akik termahal di dunia pada link ini

Jadi menurut hemat kami, jika kita tertarik pada akik, bahkan sayapun cukup menyukai keunikan si akik, BAHKAN KAMI MENJUAL AKIK dan kawan-kawan, tapi tetap saja untuk membelinya dengan harga mahal, atau menawar dengan mati-matian (menguras isi kantong push to the limit) hanya untuk sebuah akik baiknya pada harga “secukupnya” saja (relative).

Kecuali untuk kategori batu mulia, terlebih zamrud ruby safir berlian yang mempunyai report dari badan terkenal seperti GIA, AIGS, GRS, tidak ada masalahnya jika kita mempunyai dana untuk membeli semaksimal kemampuan kita pada budget batu perhiasan.
Sertifikasi dari GIA tersebut, akan juga membantu percepatan pencapaian harga, atau mereka tidak perlu membawanya ke lab terlebih dahulu jika hendak kita jual kembali.

Contoh aneh pada statement dibawah ini.

Apakah Yakut adalah akik?
Apakah Yakut adalah akik?

Kata-kata dari screenshot gambar diatas adalah:
“Gini ya dul….. sudah ribuan tahun batu Giok di Muliakan peradaban Tiongkok, juga Turquoise dan Lapiz Lazuli di Timur Tengah dan Chalcedony di Asia Kecil… kemudian tahun 1800-an sekian tau-tau seseorang bernama Moh’s mengklasifikasikan Mulia dan Tidak Mulia berdasarkan kekerasan…. Kemudian Buku-Buku Propaganda ditelurkan… apa yang tadinya berharga dibikin tidak berharga… lucunya tidak demikian dengan Keluarga Opal… jadi, lampauilah pemahaman kita, Batu itu Mulia jika suatu masyarakat memandangnya berharga atau sebuah peradaban…. tergantung nilai budaya dan historis…. buktinya Rasul tidak mengenakan Diamond dan Corundum, juga Ali bin Abi Thalib… juga Kaisar-Kaisar Mesir dan Tiongkok… bahkan Al Quran menyebut Marjan, Yakut dan Mutiara….”

Loh, batu mulia dan tidak mulia itu bisa memang dibuat sebagai perhiasan, tidak ada masalahnya, masalahnya cuma yang semi mulia pastilah lebih murah daripada yang mulia.
Soal nanti ada batu giok atau jade yang secara history dipakai oleh kaisar ming, ini soal lain…soal history-nya yang membuatnya mahal.

Contoh dibawah foto barang antik yang menjadi mahal, mangkuk antik dari perak dan lapis lazulli, dibuat oleh Dutch goldsmith Paulus van Vianen (Tahun 1550-1613) yang berharga milyaran rupiah.

Batu Semi mulia lapis lazuli
Batu Semi mulia lapis lazuli

Batu lapis lazuli diatas sangat mahal, karena faktor sangat antik, dan mempunyai nilai seni yang tinggi (susah untuk membuatnya).

Bukan lapis lazuli sebesar kecoa yang cuma diasah cabochon (polos) dimana hampir setiap orang dalam hitungan minggu sudah mahir mengasah cabochon, dan kamipun menjual lapis lazuli ukuran kecoa pada harga 50ribu s/d 200 ribu rupiah.
Kami takut dikatakan orang gila, bila menjual lapiz lazuli dimana depositnya sangat banyak di afganistan dan merekapun menjualnya dengan murah karena fakta-faktanya sangat jauh dibandingkan dengan ruby safir secara totalitas.
Tetapi jika kami tawarkan 100 ribu rupiah, dan ingin membayarnya 1 juta rupiah, tentu dengan senang hati kami akan menerimanya 🙂

lapis lazuli ukuran kecoa
lapis lazuli ukuran kecoa

Jadi tidak ada sim salabim batu lapis lazuli sebesar kecoa menjadi berjuta-juta harganya…
Karena simple, ini bukan barang yang se langka batu mulia, jika kita menjualnya dengan harga mahal, orang lain siap menjualnya dengan harga murah, jika kita menjualnya murah, siap-siap juga orang lain menjualnya lebih murah lagi….

Janganlah pula kita menjadi katak dalam tempurung, mentang-mentang mempunyai Lapis Lazuli sebesar ember, maka kita menyamakannya dengan lapis lazuli antik diatas, takutnya dapet “diketawain” orang luar saja, karena mereka punya lapis lazuli bahkan jika perlu ukuran ton untuk 1 batu lapis lazuli.

lapis lazuli afganistan
lapis lazuli afganistan
lapis lazuli afganistan
lapis lazuli afganistan
lapis lazuli afganistan
lapis lazuli afganistan

PENEMU MOHS SCALE ATAU SKALA MOHS Mr FREDRICH MOH, hanyalah menyederhanakan hitungan absolute hardness menjadi Mohs.
Contoh corundum atau ruby safir adalah pada 9 skala mohs atau mempunyai setidaknya nilai absolute hardness 400, dan berlian 4 kali lebih keras dari corundum (ruby safir) yaitu 1600 absolute hardnessnya dengan nilai mohs 10.
Jadi bagaimana jika ada absolute hardness suatu batu pada nilai 401 atau 410, tentulah agar lebih sederhana maka masuk pada 9 skala mohs.
Contoh Mr Fredrich Moh tidak menganggap mohs scale menjadi mulia atau tidak mulia pada Zamrud, walaupun hanya pada 7-7.5 skala mohs, zamrud ini menjadi batu mulia, karena warnanya yang jauh lebih indah (hijau) dan jernih (zamrud berkualitas), susah mendapatkan yang bagus tapi tanpa retakan/celah, muntah darah dan nangis darahlah kita mencari zamrud yang berwarna sangat hijau, sangat jernih, mungkin sampai tua sedikit sekali bisa menemukannya, jadi simple saja zamrud seperti ini karena sangat indah dan langka.
*Baca lebih jauh, khusus zamrud.

Jadi hanya sebatas itu mohs yang dimaksud, sedangkan untuk perhitungan terjadinya Mulia atau Semi Mulia pada batu karena 4 (empat) FAKTOR di atas:

  • Alami, baik yang berasal dari bahan organik atau mineral.
  • Harus Indah.
  • Harus Langka.
  • Harus Tahan (kuat keras).

Contoh Silicon Carbide, lebih keras dari ruby safir (corundum) yaitu 9.5 mohs, tidak menjadi batu mulia atau logam mulia, karena banyak, tidak indah dll…

Kami berikan contoh video, pengukuran Batu Asahan dari silicon carbide (9.5 scala mohs) Rp100-200 ribu rupiah, dan Wadah peleburan logam yang terbuat dari Alumina (9 mohs seperti Ruby Safir) Rp2-3 juta dan Zamrud yang hanya 7-8 mohs yang kecil tapi seharga 9 jutaan.

Jelas Silicon Carbide tidak langka, walaupun lebih keras saja, dan alumina juga tidak selangka zamrud apalagi seindah zamrud, maka tentulah harganya menjadi murah.


Mohs Scale Wikipedia

friedrich moh penemu skala mohs
friedrich moh penemu skala mohs

Jika membawa al-quran, mengenai arti YAKUT jika kita translate atau terjemahkan maka artinya Yakut itu adalah Ruby, baik dalam bahasa arabic atau Turki, seperti hasil translate dari google.
*batu corundum (Ruby dan Safir).

yakut-arabic-english
Arti Yakut Arabic ke Inggris
Arti Yakut Turki ke Indonesia
Arti Yakut Turki ke Indonesia

Jadi tidak ada masalahnya mengenai batu perhiasan itu mau dari batu mulia atau semi mulia (setengah mulia).

Kamipun memakai cincin stainless, tapi tidak kami katakan logam mulia.

Kamipun memakai bahkan menjual batu semi mulia, bahkan kami menjual juga batu akik atau batu-batu semi mulia, tetapi pada harga puluhan ribu dan paling mahal seratus atau dua ratus ribu rupiah, tidak masalah bagaimana motif atau bentuknya….

batu semi mulia
batu semi mulia
batu semi mulia
batu semi mulia

Bisa dikatakan orang gila saya jika memaksakan bahwa cincin saya yang terbuat dari stainless lalu saya paksakan namanya logam mulia atau lebih mulia daripada perak atau emas, begitupun pada batu…
Karena semua terukur dan berdasarkan fakta, silahkan tandingi jika kita bisa memandinginya.

Tetapi, menanding-nandingkan antara mulia dan semi mulia salah, karena jelas yang mulia bukan tandingan batu semi mulia.

Dan jangan pula kita menjadi seperti katak dalam tempurung jika memaksakan bahwa batu semi mulia itu juga batu mulia.
Kita akan hidup di dunia kita sendiri, tidak terlihat orang akan mentertawakan kita karena expektasi kita yang terlalu tinggi terhadap suatu hal memang tidak seperti itu….

Seperti katak dalam tempurung
Seperti katak dalam tempurung

Contoh, menjerit-jeritlah berjualan giok yang seberat 20-30 gram (100-200 carat) dan mengatakan itu batu mulia, di tempat orang yang tidak mengerti mulia dan semi mulia, dijual dengan harga berjuta-juta mungkin ada yang membelinya pada akhirnya…

Tetapi mau nangis darah-lah, menjual giok yang seberat 20-30 gram (100-200 carat) di tempat orang tahu itu batu semi mulia, dijual dengan harga berjuta-juta, sampai tua pun tidak ada yang membelinya.

Contoh gambar bawah, batu giok / jade yang kami import dari china (malah), kami menjualnya hanya pada harga 50rb s/d 200rb max (bergantung ukuran).

giok murah semi mulia
giok murah semi mulia

Dengan tidak mengurangi rasa kagum kami dengan mineral agate yang unik di bumi ini, demikianlah fakta-fakta mengenai batu mulia dan semi mulia.

Info tambahan, 3 langkah mudah, jangan sampai anda membeli batu murah dengan harga mahal dapat dibaca disini:

Tips memilih batuBatu MasakanSertifikat Batu.

Bonus, lagunya Lorde, Yellow Flicker Beat.

My blood is a flood of rubies, precious stones

Full lyrics:

I’m a princess cut from marble, smoother than a storm
And the scars that mark my body, they’re silver and gold
My blood is a flood of rubies, precious stones
It keeps my veins hot, the fires found a home in me
I move through town, I’m quiet like a fire
And my necklace is of rope, I tie it and untie it

And now people talk to me, but nothing ever hits home
And people talk to me, and all the voices just burn holes
I’m done with it (ooh)

This is the start of how it all ends
They used to shout my name, now they whisper it
I’m speeding up and this is the
Red, orange, yellow flicker beat sparking up my heart
We rip the start, the colours disappear
I never watch the stars there’s so much down here
So I just try to keep up with them
Red, orange, yellow flicker beat sparking up my heart

I dream all year, but they’re not the sweet kinds
And the shivers move down my shoulder blades in double time

And now people talk to me I’m slipping out of reach now
People talk to me, and all their faces blur
But I got my fingers laced together and I made a little prison
And I’m locking up everyone who ever laid a finger on me
I’m done with it (ooh)

This is the start of how it all ends
They used to shout my name, now they whisper it
I’m speeding up and this is the
Red, orange, yellow flicker beat sparking up my heart
We rip the start, the colours disappear
I never watch the stars there’s so much down here
So I just try to keep up with them
Red, orange, yellow flicker beat sparking up my heart

Oh oh oh

And this is the red, orange, yellow flicker beat
Sparking up my heart

Oh oh oh

And this is the red, orange, yellow flicker beat-beat-beat-beat.

Iklan