Saya heran dengan produk bosch akhir-akhir ini…

Apakah standardnya berbeda teragantung negara pembuatnya atau memang penyimpangan dari perakit…
Maksudnya dari perakit seandainya produk bosch dari china, dikirim ke indonesia dalam bentuk setengah jadi, lalu dirakit di Indonesia…

Contohnya saya mempunyai bor tangan merk bosch, hanya 600 watt, tapi konektor ac nya bagus atau layak…

Bor Tangan bosch 600W
Bor Tangan bosch 600W

Bor tangan di atas 600W, tertera made-in malaysia.

Sedangkan saya ada mesin potong besi juga merk bosch, tipe GCO-2000 buatan china, dayanya 2000 watt!
Tetapi konektor ACnya menurut saya standardnya rendah sekali…

Bosch pemotong besi, gco-2000.
Bosch pemotong besi, gco-2000.
Pemotong besi, BOSCH GCO2000
Pemotong besi, BOSCH GCO2000

Dengan konektor yang kecil ini, maka tententunya akan sering terjadi loncatan api listrik dan membuat panas konektor.

Padahal saya menggunakan konektor merk Kupp, buatan jerman yang sudah saya pakai lebih dari 10 tahun dan konektor internal sangat elastis, tebal, tidak melar….

Tapi karena dipakaikan ke BOSCH GCO2000 yang mempunyai konektor yang kecil…maka steker female merk kupp saya mulai rusak…rusaknya karena loncatan api yang sering terjadi dikarenakan konektor AC dari GCO2000 kecil….jadi kadang kena kadang tidak kena….

Bor tangan diatas lebih tua sedikit daripada pemotong besi gco2000, jadi apakah bosch mulai menurunkan standard-nya dimana dulu saya kenal mempunyai produk yang cukup bagus?

 

