Apakah gambarnya mirip yang satu dibawah ini:

Red Borneo - Ruby Kalimantan
Red Borneo – Ruby Kalimantan

Batu diatas bukanlah Ruby, jika anda mengira itu ruby atau berharap itu ruby dan telah membelinya, anda telah tertipu.
Red borneo atay ruby kalimantan atau ruby borneo hanyalah batu rhodolite, kategori semi mulia.

Batu ini batu murah dan tidak langka, banyak sekali tambangnya di berbagai belahan dunia seperti di Australia (New South Wales), Finland, Japan, Canada, Madagascar, Mexico, Russia, Sweden, South Africa, Tanzania dan the United States ( New Jersey and Nevada).

Lihat dibawah ini batu rhodonite, digunakan sebagai pelapis tiang-tiang pada stasiun di Moscow Metro.

Batu Red Borneo pada Metro Moscow
Batu Red Borneo pada Metro Moscow

Saran kami, jika anda tertarik…belilah dengan harga yang murah atau sepantasnya jika gambarnya seperti gambar diatas, dimana hanyalah batu rhodonite yang buram.

Jika dulu ada batu rhodonite yang indah, merah, jernih seperti ruby dari brazil, ternyata setelah diperiksa itu hanyalah batu rhodonite, bahkan rhodonite yang merah dan jernih lho…
Seperti gambar  dibawah ini:

Winza ruby? No sorry, my name is Rhodonite!
Winza ruby? No sorry, my name is Rhodonite!

Indah memang indah, tetapi simple saja…ini bukan barang langka, ini barang murah yang bisa didapatkan diberbagai belahan dunia dengan harga murah, dan masih jauh untuk bisa menandingi merahnya si ruby dan juga secara kekerasan yang hanya 5.5 sd 6.5 (artinya tidak tahan).

Jika anda tertarik, kami mempunyai koleksinya batu rhodonite low quality seperti dibawah ini, dan kami bisa memasoknya berkilo-kilo dengan harga murah (sudah diasah bukan rough).

Red Borneo - Ruby Kalimantan
Red Borneo – Ruby Kalimantan

*Kami membeli red borneo yang sudah diasah di luar negeri bukan rough, rata per biji beratnya 2-4 gram, artinya 1000 biji setidaknya beratnya sudah berkilo-kilo, seperti yang kami jual di:

http://www.jbl.co.id/other-items/apobae/100001

https://www.bukalapak.com/joel_palembang

https://www.tokopedia.com/3batu

Penjualan ini sifatnya hanya sementara, artinya jika sudah tidak menjadi demand lagi di Indonesia, kami tidak akan meng-importnya.

Tidak ada keinginan atau ketertarikan kami untuk meng-import apalagi ber ton-ton dalam bentuk rough, sungguh menghabiskan waktu untuk mengurusi batu seperti ini (yang berkualitas rendah). Kami dulu pernah di tawari saja oleh pengepul batu di luar negeri, tapi tidak kami tindak lanjuti.

Tambahan, testing Red Borneo vs Quartz, digores dan dibakar.

Tujuan penulisan ini hanya berbagi, kami yakin di Indonesia yang tercinta ini, pasti memiliki juga deposit batu mulia yang berkualitas internasional, dan jika kita mengetahui apa itu batu mulia, yang murah, yang mahal bahkan berkualitas heirloom (Pusaka), tentulah akan membuat kita sesama pencinta batu mulia tidak tertipu dalam perdagangan batu secara nasional dan internasional.
Jika ada saran dan pertanyaan mengenai batu, kirimkan pertanyaan anda melalui sms ke 0816-384499 atau whatsapp dengan no +62 816 384499.

Iklan