Pertanyaan yang sangat bagus.

Karena cukup banyak kami mengalami kasus ini, misalnya beberapa customer kami yang menyimpannya karena itu barang lama dan hendak di jual kepada kami.
Biasanya hendak dijual dengan harga yang cukup tinggi, sekitar beberapa juta.

Gambar dibawah ini, sering disebut orang ruby daging.

Ruby yang Natural, tapi kelas bawah
Ruby yang Natural, tapi kelas bawah

Gambar dibawah ini, Ruby yang berharga sangat mahal karena sangat merah dan jernih juga sangat langka.

pigeon blood red ruby africagems
pigeon blood red ruby africagems

Kami juga menjual Ruby daging, dimana ruby tersebut memang merah, tapi sangat opaque atau buram.

Harga ruby jenis seperti ini menurut saya pribadi:

1: Sangat murah, karena tidak langka, hampir 10 carat, atau 10 carat lebih dalam bentuk sudah diasah FACET (bersegi) bukan cabochon (polos) pada harga 200rb-an (harga jual kami).

2: Untuk keindahan, sangat jauh dari nilai nilai keindahan ruby yang mahal.

Ruby ini memang batu ruby, dan ruby memang masuk kategori batu mulia, tetapi untuk ruby daging bukanlah ruby yang berkelas permata atau perhiasan yang berharga mahal.

Ruby daging ini gambar pertama diatas, mau originnya dari ceylon, burma, siam, africa, russia dll dll tetaplah ruby yang murah….

Juga sebaliknya, ruby yang indah pada gambar no.2 diatas, mau originnya dari ceylon, burma, siam, africa, russia dll dll tetaplah ruby yang mahal….

Bahkan jauh lebih mahal Ruby Sintetis / Sintetik / Man Made / Lab Created / Lab Grown daripada ruby daging yang alami tersebut.

Sama seperti diamond atau berlian, jika dia buram tentulah bukan permata, tapi berlian yang masuk pada ranah industri, tidak layak untuk dijadikan perhiasan….

Konsep sederhana perhiasan kelas batu mulia yang mahal, setidaknya harus jernih dulu…apapun warnanya…

Siapapun yang tidak terpengaruh penilaiannya terhadap batu batu, jika diberikan pilihan antara buram dan jernih dengan warna yang sama, tentulah akan memilih yang jernih…

Kami sangat mau membelinya jika ada yang berkata “Ruby Sintetis miliknya lebih murah daripada “ruby daging yang alami”, silahkan tawarkan kepada kami, kami siap membelinya dengan harga yang pantas.

Dan sebaliknya juga, jika ada yang berkata “Ruby daging” lebih mahal daripada Ruby Sintetis, dan dia membutuhkannya karena kekurangan stoknya, kami siap menjualnya untuk anda bahkan dengan berat kiloan…

Baca lebih jauh mengenai Sintetis disini.

Tujuan penulisan ini hanya berbagi, kami yakin di Indonesia yang tercinta ini, pasti memiliki juga deposit batu mulia yang berkualitas internasional, dan jika kita mengetahui apa itu batu mulia, yang murah, yang mahal bahkan berkualitas heirloom (Pusaka), tentulah akan membuat kita sesama pencinta batu mulia tidak tertipu dalam perdagangan batu secara nasional dan internasional.

Jika ada saran dan pertanyaan mengenai batu, kirimkan pertanyaan anda melalui sms ke 0816-384499 atau whatsapp dengan no +62 816 384499.

Iklan