Pada suatu hari, saya mendapat tawaran dari seseorang, sebuah batu safir untuk dijual kepada saya, batu safir yang belum diasah dan katanya sudah dibawa ke lab, hasilnya Untreated.
Biru bersih dan berukuran jumbo!

Safir tersebut, ceritanya ditemukan di sungai musi, dalam bentuk belum diasah (rough) tetapi hasil lab menurutnya origin “sri lanka” atau ceylon.
Saya agak bingung, kenapa safir dari sri lanka ditemukan dalam bentuk belum diasah di sungai musi (palembang)?
Sudahlah saya pikir, karena sayapun mempunyai safir yang belum diasah dari africa, jadi bisa saja orang membawanya melewati sungai musi dan terceburlah si safir ke sungai…

Lalu keesokan hari dibawalah si safir ke tempat saya, tetapi harga safirnya tidak “match” dengan harapan saya…dengan kata lain tidak deal harganya…
Saya putuskan mencoba membantu menjualkannya saja, dan mendapat fee saja jika terjadi penjualan.
Sebelum safir tersebut diambil kembali ke pemiliknya, cukup lama saya amati si batu safir….
Safir tersebut sudah di poles / dihaluskan (polished) tapi dalam bentuk rough…
Lalu saya tanya ke pemilik safir, apakah ini dipoles setelah ditemukan, jawabnya tidak.
Saya berpikir, apa mungkin kira-kira orang dulu tidak bisa mengasahnya, tapi bisa memolesnya?

Dan adalagi beberapa keanehan, si safir sepertinya telah di ukir (carved), seperti tumbuh-tumbuhan rumput pada permukaannya…
Dan satu lagi keanehan, setelah teman saya datang saya perlihatkan safir tersebut…
Dia langsung “nangkep”, ternyata safir tersebut adalah mainan kalung atau “pendant”.
Lobang yang menembusi bagian kuncup si safir adalah tempat tali / kalung mengikat si safir!

Hahaha…sungguh suatu temuan yang unik bagi saya…
Safir dalam bentuk pendant yang kurang beraturan, tapi sepertinya sudah di ukir dan di polished!

Saya coba dokumentasikan…karena pendant dari safir tersebut menurut cerita dari pemiliknya, ditemukan pada temuan waktu dan tempat dimana ditemukan patung “buddha dari emas” yang heboh beberapa tahun lalu yang ditemukan di sungai musi palembang….
Dan dia sudah menyimpannya cukup lama…

Berikut dibawah ini penampakan gambar dan video si mainan kalung dari batu safir.

Untreated 56c Safir - ID KAIP-1
Untreated 56c Safir – ID KAIP-1
Untreated 56c Safir - ID KAIP-1
Untreated 56c Safir – ID KAIP-1
Untreated 56c Safir - ID KAIP-1
Untreated 56c Safir – ID KAIP-1

Setelah beberapa hari berselang….
Ada kenalan saya yang lain, menawarkan cincin dimana batunya juga batu safir…
Juga batu ini sudah dibawa ke lab, hasilnya Untreated.
Begitu cincinnya saya pegang sekilas….loh kok sama motif ukiran dibandingkan dengan pendant safir yang lalu?
Betapa terkejutnya saya setelah dilihat dibawah mikroskop, lalu saya tanya apakah ini ditemukan di sungai musi?
Ternyata benar, dia dari grup atau rombongan lain yang juga mencari harta karun di tempat tersebut….
Si batu safir (bukan cincinnya) juga ditemukan pada temuan waktu dan tempat dimana ditemukan patung “buddha dari emas” yang heboh beberapa tahun lalu yang ditemukan di sungai musi palembang….
Dan dia sudah menyimpannya cukup lama juga…

Pada cincinnya ada yang aneh,…
pada bagian atas diukir seperti “bintang segi enam” atau rumput atau teratai…tetapi pada bagian bawah diukir seperti angsa dan ukiran angsa tersebut sangat jelas…

Berikut dibawah ini gambar-gambar dan video makro dan micro si batu safir.

Safir musi river sriwijaya
Safir musi river sriwijaya
Safir musi river sriwijaya
Safir musi river sriwijaya
Safir musi river sriwijaya
Safir musi river sriwijaya
Safir musi river sriwijaya
Safir musi river sriwijaya
Safir musi river sriwijaya
Safir musi river sriwijaya

NZ-Safir-micro2

Jika anda tertarik untuk memilikinya, silahkan hubungi saya di +62-816-384499 (whatsapp) / +62-819-7897920.

Detil teknis Safir Pendant 56 carats disini

Detil teknis Safir cincin 7.10 carats disini

Pertanyaannya, apakah ini memang berhubungan dengan patung buddha yang ditemukan beberapa tahun lalu di sungai musi?

Jika iya ini safir yang antik, safirnya bisa menjadi mahal karena nilai history-nya….

Jika pernah ada yang melihat safir ini dengan ukiran yang sama terlebih melihatnya di toko toko….tentulah safir ini tidak ada nilai historynya…dan tentunya juga ini hanyalah safir biasa, yang cukup baik yang bernilai tidaklah mahal.

