Heated Only (dipanaskan saja), salah satu jenis treatment (perlakuan khusus) pada batu.

Heated atau Heat Only atau Heated Only inilah metode treatment paling ringan pada ruby safir.

Sebagai pembeli ataupun pedagang, kita boleh lega setelah mengetahui treatment yang terdapat pada ruby safir kita hanya kena panaskan saja atau heated.

Safir tersebut mendapat treatment dipanaskan saja, tidak ada komponen tambahan untuk menambah kecantikan si ruby safir, seperti glass filled atau GF atau glass filling dimana menggunakan metode “heated” (dipanaskan) juga tapi menambahkan komponen glass pada si safir baik untuk menutupi celah / retakan dll.

Jenis treatment Heated atau dipanaskan saja, sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu, dan tetaplah ruby safir yang berharga mahal jika sangat indah, walaupun lebih murah sedikit daripada safir ruby tanpa treatment atau untreated atau unheated.

Alampun meng-heated atau memanaskan si Ruby Safir, tapi dalam jangka waktu ribuan, jutaan tahun dll. Manusia memanskannya dalam waktu singkat, dari jam-an, harian dll…

Contoh dibawah ini safir HEATED only yang sangat Biru (royal) dan sangat jernih seberat 4.95 carats saja, seharga 200 jutaan.

Royal blue safir heated only
Royal blue safir heated only

Contoh dibawah ini safir Hijau HEATED only dan sangat jernih seberat 2.98 carats saja, seharga 30 jutaan.

green safir heated mahal
green safir heated mahal

Baca lebih detil mengenai Treatment (batu masakan) disini.

Tujuan penulisan ini hanya berbagi, kami yakin di Indonesia yang tercinta ini, pasti memiliki juga deposit batu mulia yang berkualitas internasional, dan jika kita mengetahui apa itu batu mulia, yang murah, yang mahal bahkan berkualitas heirloom (Pusaka), tentulah akan membuat kita sesama pencinta batu mulia tidak tertipu dalam perdagangan batu secara nasional dan internasional.
Jika ada saran dan pertanyaan mengenai batu, kirimkan pertanyaan anda melalui sms ke 0816-384499 atau whatsapp dengan no +62 816 384499.

Iklan