Bisa saja dan memang banyak sintetis yang berserat.

Pasar melihat kesalahan konsumen dalam menilai batu ruby safir, misalnya ada serat pada ruby safir artinya alami, ini salah besar….

Jika di luar negeri, Ruby Safir yang beratus juta harganya, yang berkualitas AAAA atau Grade GEM, serat atau kotoran hanya bisa dilihat dengan pembesaran beberapa puluh kali.

Dengan banyaknya masyarakat berpatokan ada serat itu artinya alami, maka dibuatlah dimana dulu safir ruby sintetis menyerupai safir ruby berkualitas AAAA atau Grade Gem, tetapi sintetisnya diakali dengan memberikan serat-serat. Bahkan dibuat sangat jelas terlihat di mata tanpa pembesaran kaca loupe atau microscope.

Tipikal sintetis atau sintetik ini, justru di treatment, tapi maksudnya “terbalik”, yaitu Sintetis yang sangat baik kebersihannya lalu dikotori atau sedikit di rusak agar terlihat seperti ruby safir alami.

Sedangkan pada ruby safir alami/natural yang perlu di treatment untuk menaikkan keindahannya, dari ada kotoran (serat dll), dari ada retakan lalu dicoba untuk diperbaiki atau dihilangkan agar lebih indah.

Bahkan sintetis ruby safir saat ini, ada yang berserat (fingerprint) juga memasukkan flux (seperti kotoran safir habis meleleh karena terbakar)…
Tambah komplit jadi ada serat dan ada  sedikti kotoran pada ruby safir sintetis, hehehe…

Jadi berhati-hatilah dengan membeli Ruby Safir yang sudah berharga jutaan sebesar beberapa carat atau beberapa belas carat (apalagi puluhan carat) TETAPI penjualnya tidak berani menjamin 100 persen itu safir alami.

Karena harga sintetis memang cukup mahal, tapi tidak semahal itu…
Harga sintetis hanya puluhan ribu per carat.

Kami 3batu.com selaku penjual, berani menjamin pada penjualan safir alami / natural (ditambang dari alam), dengan menjamin bahkan uang kembali 2x lipat kembali jika Ruby Safir yang kami jual ternyata tidak alami, dan kami tunggu sampai 47 hari, dimana waktu yang lebih dari cukup untuk memeriksakannya pada lab langganan anda.

Tujuan penulisan ini hanya berbagi, kami yakin di Indonesia yang tercinta ini, pasti memiliki juga deposit batu mulia yang berkualitas internasional, dan jika kita mengetahui apa itu batu mulia, yang murah, yang mahal bahkan berkualitas heirloom (Pusaka), tentulah akan membuat kita sesama pencinta batu mulia tidak tertipu dalam perdagangan batu secara nasional dan internasional.
Jika ada saran dan pertanyaan mengenai batu, kirimkan pertanyaan anda melalui sms ke 0816-384499 atau whatsapp dengan no +62 816 384499.

Iklan