Inilah salah satu yang bisa menjadi acuan sebuah harga pada batu mulia atau semi mulia.

Inklusi atau inclusion pada batu permata baik dari kategori Mulia ataupun semi mulia menurut kami sederhanya adalah komponen atau zat tambahan yang terdapat pada interior si batu.

Bagi gemologis kandungan atau inklusi tersebut lebih tua umurnya daripada batu itu sendiri.

Misalnya pada safir yaitu rutile serat, kristal atau komponen apapun yang terdapat pada interior si batu yang berefek pada keindahan, semakin banyak inklusinya tentulah semakin tidak berharga mahal, karena otomatis si batu tidak akan jernih.

Semakin sedikit inklusinya semakin susah mencarinya atau langka.

Contoh, safir yang natural yang berharga sangat mahal, tentulah memiliki inklusi yang sangat sedikit, atau tidak nampak di mata.

Atau, batu semi mulia seperti kecubung/amethyst yang bagus kualitasnya tentulah yang bersih.
Tetapi yang terjadi disini terbalik, batu yang serat-seratnya sangat jelas terlihat dimata bahkan buram sebagian mematoknya sebagai batu yang mahal.
Sebab, dimana saja di negara lain, semakin banyak inklusi praktis akan membuat si batu menjadi murah, sangat kontras yang terjadi disini, hehehe…

Itu sebabnya pada rata-rata penjualan kami, kami menyertakan foto/video microscope mengenai inklusi yang terdapat pada batu tersebut, agar pelanggan kami bisa menilainya alami atau tidak alami, ataukah alami tapi di treatment, ataukah sintetik.
Walaupun pelanggan kami tidak mengerti, mereka dapat memberikan video yang kami sertakan pada gemologis atau pada ahli batu yang berpengalaman dilokasi dimana mereka berada.

Contoh foto inklusi yang sangat sedikit terdapat pada safir hijau natural kami dengan ID 5014, dimana pada safir hijau tersebut, selain warnanya sangat hijau, inklusinya jangankan dilihat dengan mata, bahkan pada penguatan 10x pun tidak akan terlihat, kecuali dengan microscope setidaknya dengan penguatan diatas 20x dengan hati-hati.

AIGS 5014 Green Sapphire
AIGS 5014 Green Sapphire

Contoh inklusi yang juga tidak terdapat jika dilihat dengan mata, tapi cukup mudah ditemukan pada penguatan 10x keatas adalah pada safir ID 5714B dibawah ini:

Safir Hijau Kekuningan Untreated ID 5714B
Safir Hijau Kekuningan Untreated ID 5714B

Contoh inklusi yang sangat mudah dilihat dimata pada batu kecubung disebelah kiri (natural) :

kecubung amethyst ungu
kecubung amethyst ungu

Bagaiman dengan batu dibawah ini inklusinya? hehehe…

Safir kualitas rendah - opaque
Safir kualitas rendah – opaque

Btw, hati hati saja mengenai inklusi ini, karena pandangan orang banyak yang salah, berserat itu asli, natural dll, maka banyak juga safir ruby sintetis, sintetik, justru di treatment sehingga terdapat serat agar terlihat alami atau natural, hehehe…

Safir Rubu sintetik berserat
Safir Rubu sintetik berserat

Lihat pada video dibawah ini, dimana akan ditunjukkan safir sintetis yang berserat.

Tujuan penulisan ini hanya berbagi, kami yakin di Indonesia yang tercinta ini, pasti memiliki juga deposit batu mulia yang berkualitas internasional, dan jika kita mengetahui apa itu batu mulia, yang murah, yang mahal bahkan berkualitas heirloom (Pusaka), tentulah akan membuat kita sesama pencinta batu mulia tidak tertipu dalam perdagangan batu secara nasional dan internasional.
Jika ada saran dan pertanyaan mengenai batu, kirimkan pertanyaan anda melalui sms ke 0816-384499 atau whatsapp dengan no +62 816 384499.

Iklan