Pertanyaan asli: Oh iya pak, cara menafsir harga batu akik tu yang benar bagaimana ya ?

Jawaban: Mungkin yang dimaksud akik yang mempunyai “pattern” atau pola atau motif?

Jika iya, praktis tidak ada calculatornya…semua berakhir dengan harga suka sama suka, jika bagi kita sangat berharga sah-sah saja dinilai tinggi atau rendah jika kita tidak suka….

Namun siap-siap saja dengan konsekwensinya, jika kita hendak menjualnya kembali, mungkin saja orang lain belum tentu mempunyai penghargaan yang sama terhadap si akik motif.

Karena setidaknya pada konsep keindahan suatu batu baik dari kategori mulia dan semi mulia, warna dan kejernihan.

Dan menurut kami pribadi, batu-batu bermotif seperti diatas jelas bukan suatu “permata”, itu hanyalah batu yang kebetulan ber motif unik.

Kecuali si akik di karyakan lagi menjadi suatu yang sangat unik, diluar negeri banyak juga akik yang diukir dengan pola yang rumit, barulah menjadi “cukup mahal”, silahkan lihat contohnya disini.

Banyak testimoni yang mengada-ada, akik indonesia termahal, terindah dll dll, jika kita search di internet, semua hasilnya dari website indonesia, 😦

Sekarang coba kita search “le grand queen” atau most expensive bathtub, kita tidak perlu testimoni untuk diri sendiri, dan terbukti “le grand queen memang suatu batu akik yang mahal, dan sebaiknya memang seperti ini…yaitu orang luar negeri yang memberi testimoni, bukan kita memberi testimoni dimana yang bertepuk tangan kita sendiri…hehehe…

Sejauh ini dan sepengetahuan kami, batu dari grup akik atau agate yang pernah terjual dengan harga milyaran, dari fosil kayu seberat 3.5 ton, yang didapatkan di Sumatera CMIIW (tepatnya di rahasiakan), dibuat menjadi lebih berarti daripada sekedar cincin sebesar kecoa’ di Austria, dan terjual di Dubai, seharga sekitar hampir 20 milyar rupiah (1.7 juta US dolar).

Total 4 tahun pengerjaannya.
600,000 jam diperlukan waktu mencari materialnya.
300 hari transportasi ke hutan.
Total 200 orang yang andil dalam pengerjaan ini.
3 bulan meng-gravir-nya dengan computer CNC yang berukuran besar dan memolesnya (polished).
550,000 Euro keuntungannya.

Akik mahal yang masuk akal
Akik mahal yang masuk akal
Akik mahal yang masuk akal
Akik mahal yang masuk akal
Akik mahal yang masuk akal
Akik mahal yang masuk akal
Akik mahal yang masuk akal
Akik mahal yang masuk akal
Akik mahal yang masuk akal
Akik mahal yang masuk akal

Setelah dikerjakan menjadi nilai seni yang tinggi seperti diatas, barulah berharga mahal.

Setelah melihat gambar diatas, apakah kita masih yakin suatu batu akik, yang buram, yang tidak begitu keras, dimana menjadi sebuah batu cincin yang hanya diasah polos (cabochon) itu sebuah “seni yang tinggi” dan berharga mahal?

Jadi di luar negeri, batu akik fosil ini memang sebagian mempercayinya sebagai terapi kesehatan, namun orang luar negeri membuatnya dalam bentuk yang besar, seperti untuk di dinding-dinding rumah dan dekorasi lain, bukan hanya sebesar kecoa’ yang jadi batu cincin.

Jika sudah bernilai seni yang tinggi seperti bathtub dari akik diatas, tentunya memang pantas dan worthed menjadi suatu yang indah, langka dan pastinya mahal.

Tujuan penulisan ini hanya berbagi, kami yakin di Indonesia yang tercinta ini, pasti memiliki juga deposit batu mulia yang berkualitas internasional, dan jika kita mengetahui apa itu batu mulia, yang murah, yang mahal bahkan berkualitas heirloom (Pusaka), tentulah akan membuat kita sesama pencinta batu mulia tidak tertipu dalam perdagangan batu secara nasional dan internasional.
Jika ada saran dan pertanyaan mengenai batu, kirimkan pertanyaan anda melalui sms ke 0816-384499 atau whatsapp dengan no +62 816 384499.

Iklan