Pertanyaan yang cukup sulit dijawab, sebab 99.99 persen zamrud alami berserat, dan ada juga corundum (komponen ruby safir) yang berwarna hijau zamrud (sintetik) yang justru ditambahi serat, orang disini mengenalnya dengan zamrud catam (tapi salah, bukan itu zamrud chatham).

Mari kita anggap pertanyaannya untuk zamrud yang alami.

Zamrud alami umumnya berserat, bahkan zamrud berkualitas heirloom (pusaka) atau super gem…juga berserat tetapi super sedikit serat-seratnya.

Dibawah ini zamrud berkualitas heirloom, berwarna sangat hijau tetapi sangat sedikit seratnya.

emerald zamrud berkualitas AAA
emerald zamrud berkualitas AAA

Dibawah ini, dua foto zamrud yang cukup mahal, tidak masalah originnya dari mana, tapi faktanya zamrud origin zambia di foto dibawah ini, jauh lebih berkualitas daripada zamrud origin kolombia.

Zamrud zambia 2 carat
Zamrud zambia 2 carat
Zamrud Colombia 2 carat
Zamrud Colombia 2 carat

Contoh zamrud kami sebesar 2 carat saja, tidak ada treatment sama sekali hasil testimoni dari AIGS, badan sertifikasi tertua di Asia Tenggara.

6214A Untreated Emerald
6214A Untreated Emerald
6214A Untreated Emerald
6214A Untreated Emerald

Permasalahan utama jika sudah membeli zamrud yang cukup mahal adalah, permasalahan treatment.

Zamrud yang tidak di treatment diminyaki itu sangat langka.

Permasalahan yang lain lagi adalah, siapa yang memberikan Testimoni bahwa si zamrud tidak ada treatment, atau diminyaki tanpa pewarna (oiled minor) atau diminyaki dengan pewarna (setidaknya oiled moderate) ?

Sebab untuk menilai suatu zamrud yang kena level minyak seberapa berat, hanyalah Lab besar yang mampu membedakannya.

Itu sebabnya jika sudah bicara zamrud mahal yang tidak ada treatment, kami setidaknya memegang sertifikasi atau report dari AIGS atau GIA.

Saran kami, jika kita sudah tertarik pada suatu zamrud, dimana reportnya dari lab kecil atau tidak terkenal secara internasional seperti lab 3batu.com dll, lebih baik, berpatokanlah seolah-olah itu sudah kena treatment Oiled Moderate (anggaplah zamrud murah).

Contoh, zamrud dibawah ini, zamrud yang kami jual, dimana kami 3batu.com tidak mampu merumuskan pada level treatment diminyaki seperti apa? Maka anggaplah ini suatu zamrud yang murah (oiled moderate), walaupun warnanya cukup baik menurut kami.

Zamrud ID 11915
Zamrud ID 11915

Hanya saran.

Tujuan penulisan ini hanya berbagi, kami yakin di Indonesia yang tercinta ini, pasti memiliki juga deposit batu mulia yang berkualitas internasional, dan jika kita mengetahui apa itu batu mulia, yang murah, yang mahal bahkan berkualitas heirloom (Pusaka), tentulah akan membuat kita sesama pencinta batu mulia tidak tertipu dalam perdagangan batu secara nasional dan internasional.
Jika ada saran dan pertanyaan mengenai batu, kirimkan pertanyaan anda melalui sms ke 0816-384499 atau whatsapp dengan no +62 816 384499.

Iklan