Kami agak bingung menjawabnya harus memulainya dari mana.

Kami pribadi agak merasa tidak enak menjawabnya, tidak enak jika suatu saat dibaca orang luar negeri maka malulah kita semua šŸ˜¦

Sebab yang diperdebatkan tersebut seperti memperdebatkan motor bebek modern mengenai ke-iritannya antara merk A dan B dan C.Ā Semua sudah sama-sama irit, paling beda satu tetes dua tetes bensin, kata dedi mizwar, hehehe…

Beginiā€¦bacan (chrysocolla) selagi buram, dimana saja di dunia ini semua berharga murah. Malah ada pemain batu mineral di luar negeri menawarkan kepada kami bacan dari Peru dengan minimum order 5 ton setidaknya untuk sekali order, bayangkan level kelangkaannya jika sekali order saja harus 5 ton, heheheā€¦.

Kamipun mencari bacan di luar negeri sangat sulit menemukan bacan dalam bentuk batu cincin…tidak akan ada harganya jika bacan diluar negeri dibuat batu cincin.
Yang ada, diluar negeri bacan dibuat kalung dengan untaian dari ujung sampai pangkal semua berisi batu bacan (bukan liontin) dimana sudah di bor untuk dimasukkan tali sebagai kalung.
Sudah dibuat kalung beruntai batu bacan semua, harganya sangat murah pula.

Kalung bacan murah
Kalung bacan murah

Artinya, selagi bacan hanya bisa buram walaupun berwarna, didunia ini tidak akan berharga mahal, kecuali disini…

Jadi buat apa kita mendebatkan bacan di indonesia lebih bagus, bacan di tempat lain lebih jelek dll.

 

Bacan mentah belum diasah dari luar negeri.
Bacan mentah belum diasah dari luar negeri.
Bacan Amerika dibuat tengkorak
Bacan Amerika dibuat tengkorak
Bacan Peru
Bacan Peru
bacan dan pirus kalung handmade england
bacan dan pirus kalung handmade england
bacan dari amerika
bacan dari amerika
bacan dari amerika
bacan dari amerika
Batu bacan jadi pena - handmade USA
Batu bacan jadi pena – handmade USA

Jernih mana dua gambar dibawah ini antara kecubung (amethyst) dan bacan, hehehe….

Kecubung Brazil
Kecubung Brazil
Bacan Rough
Bacan Rough

Kata orang, bacan yang mengkristal itu tembus jika disinari dengan lampu senter dll.
Dan memang sebagian diluar negeri menjualnya yang tembus senter seperti itu pada kisaran 1-2 jutaan dengan berat sekitar 200 gram, cukup banyak untuk dibuat batu cincin, jika yang tembus sinar itu menjadi “patokan mahal” suatu bacan.

Namun, setahu kami bacan bacan mahal di lokalan sini, mereka hanya tembus sinar saja, tapi untuk mencapai Ā level jernih masih sangat sangat jauh untuk menandingi misalnya “batu kecubung” saja, atau batu garnet atau spinel, atau tanzanite yang sebagian bisa didapatkan sejernih kaca.

Jika tidak ada yang benar benar jernih, maka praktislah menjadi batu yang murah.

Contoh batu yang jernih dari kategori semi mulia berkualitas gems atau permata, batu tanzanite.

Tanzanite - Gem Quality
Tanzanite – Gem Quality

Akting batu tanzanite diatas yang jernih memang terlihat jernih, tanpa perlu disinari dengan lampu senter dll, cukup dengan penerangan dirumah biasa, atau diluar dengan cahaya matahari, kejernihannya sangat murah tampak dimata.

Malah sebetulnya diluar negeri…jauh lebih mahal batu kecubung (ungu) yang sangat jernih (kualitas gems permata) daripada bacan.

Tujuan penulisan ini hanya berbagi, kami yakin di Indonesia yang tercinta ini, pasti memiliki juga deposit batu mulia yang berkualitas internasional, dan jika kita mengetahui apa itu batu mulia, yang murah, yang mahal bahkan berkualitas heirloom (Pusaka), tentulah akan membuat kita sesama pencinta batu mulia tidak tertipu dalam perdagangan batu secara nasional dan internasional.
Jika ada saran dan pertanyaan mengenai batu, kirimkan pertanyaan anda melalui sms ke 0816-384499 atau whatsapp dengan no +62 816 384499.

Iklan