Istimewa secara harga? atau bagaimana?

Okelah, anggaplah istimewa secara harga, artinya batu yang akan dijual berkualitas sangat baik sesuai standard internasional.

Tetapi masalahnya, kamipun tidak berani jika ada sesuatu yang cukup atau sangat istimewa bagi kami dan kami tentukan nilainya secara sepihak, sebab di luar negeri ada semacam appraisal spesialis mengenai harga batu mulia yang istimewa.

Sebetulnya atau seharusnya, semakin berharga suatu batu itu sebetulnya semakin mudah menjualnya….

Jika kita ingin menjual batu, sebetulnya sederhana…intinya kita bisa memprovide gambarnya dan videonya secara baik, dan dan jangan lupa hasil reportnya dari lab, bahkan sebagian orang melengkapi dengan 2 atau 3 memo report atau sertifikat dari lab agar pembeli lebih yakin lagi.

Seperti kami menjual batu, kami memberikan fakta-fakta penting, agar lebih mudah orang lain menilainya, mendekatkan penafsiran harga dll.
Paling tidak kami bisa memberikan Nama Batunya, fotonya videonya secara close up , makro bahkan mikronya melalui microscope, lalu kami serahkan ke kolega kami baik di dalam negeri ataupun di luar negeri.
Bahkan pada penjualan standard kami dimana batunya hanya dibawah 1 juta rupiah saja kami akan memberikan detil macro micro videonya jika dikehendaki.

Kenyataan yang kami alami juga, sudah sangat banyak sekali dimana orang yang mempunyai batu yang berharga bahkan ada yang didapat dari “menemukan” tapi meminta harganya dengan harga sangat tinggi, sedangkan foto yang diberikan “pas pasan” atau kabur,  tetapi sudah menyebut harga setinggi langit.

Misalnya, berlian paling tinggi dijual oleh toko berlian di amerika seharga 100 juta, maunya minta harga 100 juta juga, atau bahkan 150 juta!
Akhirnya menjadi sebuah “omong kosong” saja, waktu sama-sama terbuang.

Ada juga certinya menemukan atau boleh “nemu”, tapi mintanya lebih mahal dari pasaran di eropa atau amerika seolah-olah ahli menilai harga-harga batu yang berharga.

Atau berlian 50an carat, dimana berlian 50an carat (D color, IF-FL clarity) di badan lelang christie saja dimana dilalui dengan jalan yang panjang terjual di harga sekitar 30an milyar rupiah, lalu hanya karena memiliki berlian 50an carat juga dimana yang lebih rendah kualitasnya mintanya dijualkan bahkan di harga 400 an milyar rupiah, hehehe…

Jadi jika ingin menjual batu yang mahal, apapun batunya seperti ruby, safir, berlian, zamrud, bahkan batu semi mulia yang sudah sangat baik kualitasnya, maka akan diperlukan suatu jalur yang tepat, cara yang tepat agar tercapai harga yang optimum, bukan harga sekehendak kita.

Batu yang alami, sekalipun itu batu yang Untreated, sekalipun BERLIAN, bukan berarti PASTI mahal.

Contoh, berlian yang sangat kotor, di eropa dan amerika walaupun sebesar 1 kilo sekalipun, mereka akan menolaknya jika ingin dihargai seharga berlian perhiasan, karena berlian, ruby, safir yang kotor bagi mereka tempatnya bukan di tubuh sebagai perhiasan, tapi di pabrik untuk dihancurkan menjadi amplas misalnya dll.
Dari 100 persen berlian yang ditemukan di bumi ini, kalau tidak salah hanya 10 persen yang layak jadi perhiasan di tubuh.

Jadi Paling tidak cara-caranya jika sudah memiliki batu yang bernilai sangat tinggi, dan ingin dihargai tinggi juga:

  • Sebutkan nilai estimasi harga yang anda kehendaki.
  • Jika masuk akal dari harganya, kami buatkan data-data yang diperlukan, photo, video makro mikro.
    Jika harganya tidak masuk akal, praktis kami akan segera menolaknya karena kami pasti tidak mampu menjualnya.
  • Kami kirim data-datanya ke agen kami di Amerika.
  • Menunggu hasil estimasi harga dari sana.
  • Membuat perjanjian dengan notaris disini, mengenai tata cara penjualan selanjutnya (bergantung perjanjian bersama).

Tujuan penulisan ini hanya berbagi, kami yakin di Indonesia yang tercinta ini, pasti memiliki juga deposit batu mulia yang berkualitas internasional, dan jika kita mengetahui apa itu batu mulia, yang murah, yang mahal bahkan berkualitas heirloom (Pusaka), tentulah akan membuat kita sesama pencinta batu mulia tidak tertipu dalam perdagangan batu secara nasional dan internasional.
Jika ada saran dan pertanyaan mengenai batu, kirimkan pertanyaan anda melalui sms ke 0816-384499 atau whatsapp dengan no +62 816 384499.