Woooww pertanyaan sangat bagus sekali…

Mari kita katakan ada teman kita membeli handphone iphone 6 umum, seharga 25 juta.
Waaaww gila bro, beli dengan saya saja 10 juta…malah saya tambahi case model baru bla bla bla….
Kita secara langsung atau tidak langsung membantah, menantang, menawarkan dll kepadanya harga yang lebih rendah, karena faktanya memang kita mampu menandingi harganya dengan kualitas yang sama setidaknya, bahkan dengan bonus case model baru.

Harga batu memang kebanyakan tinggi, terlebih disini di indonesia.
Diluar negeri, faktor kualitas yang mentukan harganya, tinggi atau rendah, karena ada “FAKTOR PENENTU” yang sangat sulit untuk dilangkahi.

Contoh pada batu, ada safir-safir yang mahal ditempat kami berjualan, ada yang sangat murah, ada yang berkualitas fantastis tapi murah juga yaitu ruby safir sintetis.
Suatu hari ada customer, awalnya menunjuk yang mahal, namun dia terkejut harganya (40an juta). Lalu kami tunjukkan harga safir alami juga yang murah…bahkan jauh lebih murah, diapun terkejut karena buruk kualitasnya. Lalu kami tunjukkan alternatif lain, Ruby dan Safir sintetis yang fantastis kualitasnya, ini hanya ratusan ribu, ruby asli tapi SINTETIS.

Lalu dia menunjukkan Ruby simpanannya, ada ngga yang seperti ini katanya…
Dia menunjukkan sebuah ruby sekitar 10-15 carat, tapi Ruby Sintetis yang berserat-serat. Dengan kejernihan dan warna merah FANTASTIS merah darah.
Lalu dia berkata ini murah saya beli, hanya 3.7 juta dan alami katanya!
Bolehkah kami tawar 10 juta pak?
Dia terkejut dengan tawaran kami….
Tapi kami katakan juga…asal ada report/memo yang mengatakan itu ruby alami dan kena treatment maksimum dipanasi saja kami sanggup bahkan 20 juta!
Karena faktanya itu ruby sintetis dimana kami jual hanya seharga ratusan ribu rupiah.
Ya udah kami siap bayari setidaknya 10 juta, silahkan bawa kesini dengan reportnya jika sudah ada, dan sampai hari ini dia tidak kembali.

Jadi faktanya itu ruby sintetis yang sangat murah, dan kita secara sadar atau tidak sadar telah memberikan penawaran, tantangan dll…

Contoh lagi, Berlian pink dibawah 70 carat (dibawah 14 gram), dengan kejernihan IF-FL, terjual kurang lebih 1 trilyun rupiah.

Apakah bagi kita tidak masuk akal?

Jika tidak masuk akal bagi kita, mari kita carikan tandingannya jika kita ada atau memilikinya.

Tandingan bagaimana?

Tandingan yang bisa di kalkulasi tentunya.

Punya warna yang sama atau lebih baik?
Punya Berat yang sama atau lebih berat?
Punya kejernihan yang sama atau lebih rendah kejernihannya?

3 faktor diatas adalah beberapa dari sebagian faktor faktor lain untuk meng-kalkulasinya.

Jika kita memiliki berlian pink juga, lebih besar, dengan kualitas kejernihan sama, dll, pastilah kita akan mendapatkan tawaran diatas 1 trilyun rupiah.

Harga batu permata (GEM quality) di luar negeri semua mempunyai nilai-nilai yang terukur sebagai FAKTOR penentu harga.

Sekarang kami beri contoh, menurut anda apakah ini termasuk “masuk akal” atau “tidak masuk akal”?

Beberapa bulan lalu dilokalan, banyak yang jual batu akik junjung drajat yang mahal-mahal…bahkan pada harga jutaan per batu cincin (bukan per TON), tapi sekarang sudah mereda, karena faktor musiman, latah membeli…

Akik Kuning Garis Opaque
Akik Kuning Garis Opaque
akik agate, seperti malaikat angelakik agate, seperti malaikat angel
akik agate, seperti malaikat angel, hehehe
junjung drajat akik
junjung drajat akik

Nah, kami bisa menjual batu cincin akik yang sama, seharga hanya 35ribu rupiah saja…
35 ribu rupiah sudah untung, bukan jual rugi.

Silahkan anda nilai sendiri….

Jadi menurut hemat kami, jika ada sesuatu yang tidak masuk akal, sebaiknya kita bisa membuktikannya, atau menandinginya dengan yang lebih baik.

Tujuan penulisan ini hanya berbagi, kami yakin di Indonesia yang tercinta ini, pasti memiliki juga deposit batu mulia yang berkualitas internasional, dan jika kita mengetahui apa itu batu mulia, yang murah, yang mahal bahkan berkualitas heirloom (Pusaka), tentulah akan membuat kita sesama pencinta batu mulia tidak tertipu dalam perdagangan batu secara nasional dan internasional.
Jika ada saran dan pertanyaan mengenai batu, kirimkan pertanyaan anda melalui sms ke 0816-384499 atau whatsapp dengan no +62 816 384499.

Baca faktor-faktor penentu harga dan kualitas disini.

Iklan