Benar sekali.

Sejauh ini contoh yang paling sering terjadi pada penjualan Safir vs Ruby pada kami:

Ruby Treatment Glass filling (treatment kelas parah), berat 1.2 carat yang berwarna merah darah, kejernihan mungkin pada level vs2, kami jual pada harga setidaknya 1.5 juta.

Ruby Treatment Heated (treatment paling ringan), berat 1.2 carat yang berwarna merah darah, kejernihan mungkin pada level vs2, kami jual pada harga setidaknya 9-15 juta.

Safir tidak ada treatment (UNTREATED), berat 1.4 carat yang berwarna hijau, untreated dengan kejernihan mungkin pada level vvs1-2, kami jual pada harga setidaknya 1.5 juta. Jika safir yang sama kena treatment glass filling juga mungkin berharga paling pada harga 100-200 ribu rupiah.

Contoh ini tidak mengikat, tapi sampai saat ini stok Ruby kami sangat sedikit atau hampir tidak ada karena Ruby sangat mahal pada pasaran dunia, bisa dikatakan 5x s/d 20x lebih mahal ruby (yang merah tanpa ada bias pink) daripada safir.

Karena faktanya Ruby yang berkualitas tinggi lebih sulit didapatkan dari pada safir yang berkualitas tinggi.

Faktanya juga, ruby dan safir itu satu keluarga, keluarga corundum.

Jadi bagimana Ruby yang berkualitas tinggi?

Contoh yang paling mudah untuk dipelajari adalah Ruby Sintetis yang jernih, yaitu merah darah (sangat merah), menyala, jernih.
Begitupun Ruby alami atau natural, jika si Ruby Alami berwarna merah darah (blood red atau pigeon blood red), dan jernih, dan pastinya UNTREATED dan maksimum HEATED only, praktis harganya pasti lebih mahal daripada safir alami yang juga berkualitas permata.

Contoh dibawah ini, Ruby sintetis yang jernih, begitupun ruby alami yang berkwalitas tinggi akan kurang lebih sama, tapi harus Untreated atau setidaknya HEATED only treatment-nya.

Warna ruby yang berkualitas baik,  sangat menggoda…atraktif, apalagi jika dilihat secara langsung.

Ruby, asahan cushion
Ruby, asahan cushion

Jika kita menyukai batu mahal yang berkwalitas baik, tapi tidak begitu menyukai warna merah, lebih baik membeli batu safir, sebab jika hanya untuk unjuk kemampuan membeli ruby mahal tentulah kita tidak akan menyukai memakainya dan akan jarang dipakai.

Tujuan penulisan ini hanya berbagi, kami yakin di Indonesia yang tercinta ini, pasti memiliki juga deposit batu mulia yang berkualitas internasional, dan jika kita mengetahui apa itu batu mulia, yang murah, yang mahal bahkan berkualitas heirloom (Pusaka), tentulah akan membuat kita sesama pencinta batu mulia tidak tertipu dalam perdagangan batu secara nasional dan internasional.
Jika ada saran dan pertanyaan mengenai batu, kirimkan pertanyaan anda melalui sms ke 0816-384499 atau whatsapp dengan no +62 816 384499.

Iklan