Kami pernah mentestminoni Ha adalah heated only, mohon maaf jika keterangan kami ada yang meleset.

Karena kami pernah membaca memo dengan kode Ha, dan pada kertas tambahan dibalik memo tersebut bahwa “bagi” penerbit memo, Ha adalah Heated only, artinya dipanaskan saja tanpa ada embel-embel komponen lain dimana komponen lain tersebut digunakan untuk menutupi kekurangan si Ruby Safir atau untuk memperindah si Ruby safir…seperti Glass, Beryllium (dimana juga pasti menggunakan metode Heating tapi pasti bukan dipanaskan saja.

Pada AIGS, heated only sudah jelas adalah HT, pada website mereka,  mereka memakai kode HT, lebih dari HT adalah HT(a), HT(b), HT(c).

Nah, kami pernah mendapat telepon dari konsumen kami, mereka membeli safir di salah satu tempat yang sudah dilengkapi memo, dan memakai kode Ha, tapi dijelaskan Ha pada memonya maksudnya “ada residue”!

Artinya ada komponen tambahan, artinya kealamiannya sudah jauh berkurang, artinya sudah jauh lebih murah harganya dibanding Heated only saja (jika kualitas keindahan sama).

Kami lupa penerbit memonya, namun yang ingin kami tegaskan disini adalah, ternyata kode-kode, dimana standard-nya tidak sama, penerbit memo A dan B dan C bisa saja memakai Ha untuk arti yang berbeda.

Perlu kami tegaskan lagi, Ruby dan Safir, yang masih berharga mahal, dan masih di terima treatment-nya pada kebanyakan orang terlebih di negara maju adalah “tidak di treatment sama sekali atau UNTREATED” atau maksimum “HEATED Only”.

Untreated dan Heated inilah bahasa awam, namun mungkin karena ada report model ID card (kecil)…mungkin saja karena ini salah satu faktornya, kode treatment menjadi “dipendekkan” saja seperti Ha dll.

Sebetulnya apapun kodenya, kita sebaiknya meminta penjelasan ulang atau minta “penegasan” atau minta testimoni kepada penjual bahwa kode tersebut apa, sebab jangan sampai salah jika sudah bicara safir ruby yang berharga jutaan bahkan ratusan juta.

Kami pribadi sebagai penjual selalu menegaskan ulang, bahwa si ruby safir tersebut Untreated, atau Heated only, atau Glass filled dll tanpa “bicara kode” pada “deskripsi” batu kami, karena untuk dibaca oleh yang awam, biar orang yang belum mengerti “akan bertanya” dan timbul rasa ingin tahu.

Sebab, ada beberapa penjual nakal yang memakai trik “tidak tahu”.
Mereka menjual batu dimana telah mendapat treatment parah, dimana pada memonya memakai kode, dan mereka menjualnya dengan “tidak menjelaskan ulang” mengenai treatment, mereka “mempersenjatai” batunya dengan sebutan “memo” “report” “sertifikat” saja, agar para konsumen silau karena ada  report tadi.

Jadi point penting pada tulisan ini, pastikan kita waktu membeli, tidak jadi masalah berapapun harganya jika kita ingin membelinya dan sangat tertarik pada batu tersebut.

Tapi pastikan, kita memang sudah tahu batu yang ingin dibeli telah mendapat TREATMENT (perlakuan khusus) apa?

  • Untreated (tidak ada treatment) ini yang terbaik
  • Heated Only (dipanaskan saja tanpa ada residue atau komponen tambahan) bisa dikatakan tingkat kealamian masih sangat tinggi, karena alam-pun men-treatment ruby safir dengan metode heat dengan jangka waktu yang lama.
  • Lebih dari Heat, seperti GF (glass) BE (beryllium) dan komponen lainnya, artinya si Ruby Safir telah dipanaskan juga diberi komponen diatas agar lebih indah. Artinya tingkat kealamian sudah cukup banyak berkurang.

Tujuan penulisan ini hanya berbagi, kami yakin di Indonesia yang tercinta ini, pasti memiliki juga deposit batu mulia yang berkualitas internasional, dan jika kita mengetahui apa itu batu mulia, yang murah, yang mahal bahkan berkualitas heirloom (Pusaka), tentulah akan membuat kita sesama pencinta batu mulia tidak tertipu dalam perdagangan batu secara nasional dan internasional.
Jika ada saran dan pertanyaan mengenai batu, kirimkan pertanyaan anda melalui sms ke 0816-384499 atau whatsapp dengan no +62 816 384499.

Iklan