dye = pewarna.

dyed - penetrasi warna.
dyed – penetrasi warna.

Maksudnya dye adalah mewarnai sebuah batu, difusi juga mewarnai namun bukan dye.

Dye paling banyak digunakan pada batu batu lembut, terutama batu yang kurang mengkristal, yang ada retakan, pori dimana cenderung bisa meresap zat kimia pewarna.

Proses inipun bukan proses treatment modern, dye sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu.

Proses ini sudah lumrah di luar negeri, dimana umumnya batu yang sangat rendah kualitasnya di dyed agar terlihat lebih indah.

Biasanya pada batu-batu tersebut ada warnanya hasil dye yang tidak begitu meresap sampai ketengah batu.

Atau juga jika terkena panas maka warna pada batu akan memudar.

Sebagian proses dye juga sangat mudah rusak jika terkena cairan kimia seperti acetone, thinner dll.
Namun selama kami pernah mendapati batu batu yang mendapat treatment dye, belum pernah terjadi kami test dengan thinner biasa, acetone, warnanya berubah.

Kami pernah mencoba batu batu yang di dye, kami masukkan oven biasa, pada suhu 70 derajat sd 120 derajat, 5-10 menit maka warna akan terlihat memudar.

chalcedony dyed gia
chalcedony dyed gia
pearls dyed gia
pearls dyed gia

Dua gambar dibawah, dimana batu-batu dari beberapa jenis akik / agate, giok, kecubung kami panasi pada suhu 50an derajat sd 200 derajat celcius, dimana ada satu batu yang berubah menghilang warnanya, batu yang menghilang warnanya tersebut sering orang sebut batu akik sisik naga, tetapi yang ini diwarnai.

akik cs sebelum dipanasi
akik cs sebelum dipanasi
akik cs sesudah dipanasi
akik cs sesudah dipanasi

Kami tidak berani memastikan secara keseluruhan bahwa apakah semua proses DYE akan memudar pada suhu diatas, namun hanya pada pengetasan sebatas ini yang kami lakukan, tetapi kami yakin proses treatment dye ini bukan metode modern dan hanya menggunakan kimia sederhana dan pastilah tingkat ketahanannya jauh lebih lemah dan tidak permanen seperti radiasi.

Jika kita tertarik pada suatu batu, tetapi kita ragu pada proses treatment yang terjadi pada batu tersebut terlebih batu batu lembut…dan harga batunya dirasa murah, dan testimoni penjual tidak begitu diketahui, maka anggaplah sudah kena treatment parah seperti dyed ini.

Iklan