Terima kasih atas pertanyaannya.

Sebetulnya ini hal yang sangat teknis, dan sebagian orang awam atau pemakai batu tidak ingin mengetahuinya, karena menurut kami bukan Nilai refraktif yang paling diperlukan konsumen, tapi hal terpenting adalah: Nama batunya (secara internasional), kealamiannya (Natural) atau Sintetik dan Nilai Treatment-nya apakah ada treatment atau tidak ada treatment sama sekali.

Sebab nilai Index refraktif praktis tidak akan berbeda secara banyak, atau mengindikasikan tingkat mahalnya suatu batu, misalnya safir mempunyai Range Nilai RI dari sekian sampai sekian, pastilah safir atau batu lain (jika nilainya mirip).

Nilai Refractive index (RI), atau Index BIAS, salah satu penentuan jenis batu yang sangat penting.

Jika kita mempunyai database batu, dari warna lalu ke nilai refractive index, maka jenis jenis batu lebih mudah diketahui, atau setidaknya jenis batu yang akan kita cari lebih mengecil/mengerucut pilihannya. Jadi Nilai RI boleh dikatakan sebagai “juru kunci” untuk mengetahui jenis batunya.

Refractive juga bukan Reflective.

Refraction Reflextion
Refraction Reflextion
RI refraction figure
RI refraction figure

Refraksi cahaya pada air
Refraksi cahaya pada air

Sumber wikipedia dan FSU.EDU.

Nilai RI pada batu didapat karena kecepatan cahaya pada ruang hampa berbeda dengan kecepatan cahaya pada batu.
Karena pada batu cahaya akan melambat, maka akan menyebabkan jalan/arah cahaya menjadi berubah.

Sepengalaman kami juga, RI akan lebih optimum untuk didapatkan pada permukaan batu yang licin atau sudah dipolished, nilai RI umumnya tidak akan optimum jika batu batu yang ingin kita ukur masih kasar permukaannya.

Birefringence” adalah bawaan optikal yang memiliki indeks bias yang bergantung pada arah polarisasi dan propagasi cahaya.
Sifat anisotropik optik ini disebut “birefringent” (atau birefractive).

Double Refraction atau Refraksi Ganda adalah, terbaginya sinar cahaya tunggal atau gelombang elektromagnetik lainnya menjadi dua sinar yang terpisah dalam media anisotropik.

Tujuan penulisan ini hanya berbagi, kami yakin di Indonesia yang tercinta ini, pasti memiliki juga deposit batu mulia yang berkualitas internasional, dan jika kita mengetahui apa itu batu mulia, yang murah, yang mahal bahkan berkualitas heirloom (Pusaka), tentulah akan membuat kita sesama pencinta batu mulia tidak tertipu dalam perdagangan batu secara nasional dan internasional.
Jika ada saran dan pertanyaan mengenai batu, kirimkan pertanyaan anda melalui sms ke 0816-384499 atau whatsapp dengan no +62 816 384499.

Iklan