Luster artinya kilau / gemerlap.
Yang sangat berkilau kebanyakan dikatakan orang Top Luster, Super Luster, Luster AAA dll dll.

Dan setahu kami, GIA, AIGS, dan penerbit terkenal diseluruh duniapun rasa-rasanya belum pernah kami lihat reportnya mengatakan atau men-testimoni mengenai Luster si batu, walaupun tidak tertutup kemungkinan ada, dan walaupun disebutkan juga mengenai level luster juga tidak ada salahnya.

Namun kami jarang (mungkin tidak pernah) meng-informasikan masalah luster ini pada penjualan, karena tolak ukurnya belum pasti dan bukan tolak ukur resmi atau output dari tingkat akhir si batu.
Kami berusaha menggambarkan bagaimana lusternya si batu pada gambar dan video, dan tidak men-judgement apakah batu yang kami jual ini “top luster” atau “AAA luster” dll, dan customer akan melihat sendiri dan menilainya sendiri.

Akan tidak enak rasanya, jika kita menggambarkan batu milik kita, kita testimoni Super Top Luster-nya, tapi bagi orang lain belum super dll sebaginya. Tetapi pada kejernihan bisa jadi tolak ukur, karena mempunyai standard yang bisa di kalkulasi.
Standard kejernihan yang banyak dipakai orang, bahkan AGL, Pegadaian Indonesia menggunakan standarisasi kejernihan dari GIA USA.

Pada berlian, GIA menilai seberapa simetris suatu asahan (cutting), seberapa bagus polishing nya, diberi nilai Good? Very Good? Excelent? atau Poor (jelek)?
Dan claritynya seberapa jernih?

Jika semua pada basis penilaian, dinilai baik, tentulah luster akan baik.

Tujuan penulisan ini hanya berbagi, kami yakin di Indonesia yang tercinta ini, pasti memiliki juga deposit batu mulia yang berkualitas internasional, dan jika kita mengetahui apa itu batu mulia, yang murah, yang mahal bahkan berkualitas heirloom (Pusaka), tentulah akan membuat kita sesama pencinta batu mulia tidak tertipu dalam perdagangan batu secara nasional dan internasional.
Jika ada saran dan pertanyaan mengenai batu, kirimkan pertanyaan anda melalui sms ke 0816-384499 atau whatsapp dengan no +62 816 384499.

Iklan