Terima kasih atas pertanyaannya.

Zamrud (emerald) Asli yang dimaksud asli alami atau asli sintetik?

Karena semuanya sama-sama asli zamrud.

Ok, kita anggap mengenai zamrud Asli yang dari tambang atau zamrud alami / natural.

Baca dahulu secara hati-hati dan perlahan, sebab banyak sekali yang terjerumus membeli batu zamrud yang tidak jelas kualitasnya dengan harga selangit karena hanya faktor natural dan origin yang jadi penentu suatu harga, kedua faktor itu adalah faktor yang sangat salah dan menjebak.

99 persen, para penjual disini kebanyakan ingin menjual zamrud dengan hanya modal sertifikat atau report atau memo dengan kelengkapan info “Natural” atau artinya Alami, tanpa ada info mengenai “metode treatment” yang terjadi pada si zamrud sebelum diasah.

Keterangan Zamrud, hanya natural?
Keterangan Zamrud, hanya natural?

Padahal faktor terpenting jika si batu zamrud yang Alami, info selanjutnya yang sangat penting dan sangat mempengaruhi harga si zamrud adalah mengenai Treatment apa? atau tidak ada treatment sama sekali?

Zamrud yang indah, berwarna sangat hijau dan cukup jernih sangat langka yang UNTREATED atau tidak ada treatment sama sekali.

Mengenai alami atau tidak alami (sintetis) jauh lebih mudah membedakannya. Tetapi membedakan si zamrud tidak kena treatment, atau jika kena treatment pada level apa, itu yang susah.

Banyak sekali yang ingin menjual zamrud pada kami, baik dengan memo atau tidak ada memo, jika ada memo umumnya hanya mengatakan itu zamrud yang alami, tapi tidak ada info treatment, maka tentulah akan kami hargai murah, karena anggaplah kita akan membeli zamrud yang sudah kena treatment parah.

Jadi faktor terpenting untuk membeli zamrud jika kita memang sangat suka mengenai keindahannya adalah:

Boleh dihargai mahal, jika dia tidak ada treatment (UNTREATED) atau No Indications of treatment, artinya NILAI KEALAMIANNYA sangat Tinggi, atau ditemukan, lalu diasah saja dan menjadi perhiasan.

Kemudian akan sedikit menurun lagi KEALAMIANNYA dan juga harganya jika dia kena treatment Oiled Minor.

Kemudian akan sangat menurun lagi nilai KEALAMIANNYA jika dia kena treatment Oiled Moderate, pada tahap ini anggaplah level treatment sudah sangat parah, dan jika ada treatment lebih parah lagi maka anggaplah semuanya sudah sama, karena praktis pada dunia internasional treatment pada level moderate sudah berharga jauh lebih murah daripada 2 type diatas Untreated dan Minor.

Sekarang permasalahannya, siapakah penerbit reportnya?

Kami tidak menyarankan testimoni, keterangan report si zamrud jika diterbitkan oleh badan atau penerbit sertifikasi batu zamrud yang hanya mempunyai lab kecil dan reputasinya belum terkenal.

Kami pribadi hanya mempercayai report jika dari indonesia yaitu AGL-IGP, atau yang bereputasi internasional dan terkenal fair atau ber standard yang tinggi seperti GIA, AIGS, GRS.

Sebab menilai level treatment zamrud pada website website terkenal di dunia, disarankan memonya dari lab besar, karena sangat susah untuk membedakannya.

Contoh, kami mempunyai 2 zamrud, report dari AIGS, satu untreated dan satunya Oiled Minor.

6214A Zamrud AIGS - Untreated
6214A Zamrud AIGS – Untreated
6214B-zamrud - AIGS - Minor
6214B-zamrud – AIGS – Minor

Lalu kami periksa si dua zamrud tadi, di bawah mikroskop dan peralatan kami yang lain, hasilnya kami sangat sulit membedakannya!

Itu sebabnya juga kami 3batu.com belum mampu, membedakan level treatment si zamrud, kecuali hanya menilai itu zamrud alami atau sintetik.

Tujuan penulisan ini hanya berbagi, kami yakin di Indonesia yang tercinta ini, pasti memiliki juga deposit batu mulia yang berkualitas internasional, dan jika kita mengetahui apa itu batu mulia, yang murah, yang mahal bahkan berkualitas heirloom (Pusaka), tentulah akan membuat kita sesama pencinta batu mulia tidak tertipu dalam perdagangan batu secara nasional dan internasional.
Jika ada saran dan pertanyaan mengenai batu, kirimkan pertanyaan anda melalui sms ke 0816-384499 atau whatsapp dengan no +62 816 384499.

Iklan