Berlian hitam atau black diamond, cukup banyak juga akhir-akhir ini ingin dilepas kepada kami, kebanyakan membawa nama “kalimantan” atau dari kalimantan menurut kebanyakan orang yang ingin menjualnya.

Informasi yang kami dapati dari website internasional adalah:

Black Diamond Alami, non treatment disebut juga “Carbonado” hanya ditemukan di Brazil dan Africa, walaupun tidak tertutup kemungkinan ditemukan juga di kalimantan atau di tempat lain.

Black diamond vs white diamond memiliki komposisi kimia yang sama, yang berbeda pada struktur kristalnya sehingga membuat warnanya berbeda.

Tetapi pertanyaannya apakah yang ingin kita beli itu benar-benar DIAMOND yang Black warnanya ataukah Diamond putih yang kejernihannya sangat rendah (kotor, murah) lalu di treatment menjadi Black?

Namun fakta fakta penting yang harus kita ketahui jika ingin membeli Black diamond yaitu:

  • Pastikan itu bukan Moissanite hitam, jika itu ternyata mossanite hitam, artinya barang yang kita beli jauh lebih murah lagi.
  • Hati-hati dalam membeli black diamond dimana harganya per carat hanya pada angka 1 juta s/d 5juta, di luar negeri harga per carat jika 100-400usd atau rata-rata masih pada ratusan us dolar per carat, umumnya adalah berlian putih yang cukup kotor lalu di treatment iRradiation, treatment radiasi-lah yang membuat warnanya menjadi black.
    Karena kebanyakan black diamond yang dilengkapi report atau memo dari lab kecil umumnya hanya menjelaskan bahwa diamond tersebut natural, tapi jarang kami temui menjelaskan metode treatment-nya dan jika yang kita beli black diamond murah seharga diatas, maka anggaplah sudah kena treatment radiasi.Dan karena kebanyakan black diamond yang dilengkapi report atau memo dari lab kecil umumnya hanya menjelaskan bahwa diamond tersebut natural, tapi jarang kami temui menjelaskan metode treatment-nya dan jika yang ingin kita beli black diamond yang berharga sudah diatas 10 juta per carat, mintalah jaminan bahwa itu tidak ada treatment sama sekali dan buat perjanjian bagaimana jika kita kirim ulang ke laboratorium lain ternyata hasilnya telah mendapat treatment radiasi.
  • Black Diamond yang Natural dan Untreated umumnya berharga diatas 25 juta per carat (bergantung clarity).

Dibawah ini contoh Black Diamond yang tidak ada info mengenai Treatment pada si Diamond yang Black.

Black Diamond tanpa info Treatment
Black Diamond tanpa info Treatment
Black Diamond tanpa info Treatment
Black Diamond tanpa info Treatment
Black Diamond tanpa info Treatment
Black Diamond tanpa info Treatment
Black Diamond tanpa info Treatment
Black Diamond tanpa info Treatment

Dibawah ini contoh gambar Black Diamond Natural, tanpa treatment radiasi / color enhanced, report dari GIA.

1 carat black diamond gia
1 carat black diamond gia
1 carat black diamond gia
1 carat black diamond gia

Kesimpulan, Black Diamond yang ditreatment radiasi treatment yang cukup modern, faktanya sulit untuk dipastikan oleh lab kecil atau perorangan bahkan oleh Lulusan GIA sekalipun, contohnya pada report diatas, dimana mereka adalah bergelar GG dari GIA, karena untuk memastikan bahwa treatment radiasi memerlukan peralatan yang lebih kompleks.

Pada report dibawah, report dari GIA Resmi, bukan perorangan atau perusahaan dimana orang-orangnya lulusan GIA.
Dan GIA salah satu lab yang terkenal dan dipercaya secara Internasional, mampu merumuskan Sintetik diamond, Treated Diamond Radiasi, atau Untreated Diamond.

Update info AGL Indonesia, bisa mentistimoni mengenai TREATEMT iRadiation yang terjadi pada Black Diamond.

Tujuan penulisan ini hanya berbagi, kami yakin di Indonesia yang tercinta ini, pasti memiliki juga deposit batu mulia yang berkualitas internasional, dan jika kita mengetahui apa itu batu mulia, yang murah, yang mahal bahkan berkualitas heirloom (Pusaka), tentulah akan membuat kita sesama pencinta batu mulia tidak tertipu dalam perdagangan batu secara nasional dan internasional.
Jika ada saran dan pertanyaan mengenai batu, kirimkan pertanyaan anda melalui sms ke 0816-384499 atau whatsapp dengan no +62 816 384499.

Iklan