Pada video dibawah ini, Batu Red Borneo yang murah meriah ini, permulaan dipecahkan dahulu, agar ada bagian tajam, dan diharapkan lebih mudah menggores batu quartz.

Sesudah dipecahkan, pada video makro, si Red Borneo akan mencoba menggores Quartz (saja), dan sebaliknya si Quartz menggores si Red Borneo.

Pada menit berikutnya, si Red Borneo dan Quartz sama sama akan di uji di potong dengan mata potong kecil, dan akan cukup terlihat lebih mudah memotong red borneo daripada batu quartz (batu garam). Red Borneo 5.5 sd 6.5 Mohs, Quartz 7 mohs.

Pada menit berikutnya lagi, si Red Borneo yang berharga murah ini, dimana red borneo yang cuma ada warna tapi kejernihannya sangat buram, akan di test apakah warnanya yang pink tersebut menggunakan pewarnaan (DYED treatment), perbandingannya akan diberikan satu batu akik sisik naga yang juga sama-sama murah, tetapi si akik sisik naga telah di treatment dyed.

Pengetesan ini, dengan memasukkan kedua jenis batu kedalam oven dengan suhu sekitar 200 derajat celcius.

Pada gambar dibawah, sebelum dimasukkan ke oven, red borneo (pink) tampak warnanya tetap pink pada bagian tengahnya, sedangkan si akik sisik naga pada bagian tengahnya hanyalah batu yang berwarna putih biasa.

red borneo dipecahkan
red borneo dipecahkan

Pada gambar dibawah, si akik menjadi hilang warnanya setelah terkena suhu 200 derajat celcius, dan tidak pake lama-lama, hanya sekitar 2-3 menit saja, sedangkan red borneo murah meriah ini tetap berwarna pink.

red borneo setelah dipanasi
red borneo setelah dipanasi

Pada harga jual kami, boleh dikatakan kedua batu ini, hampir tidak ada bedanya, karena si akik berwarna ungu yang bagus tone warnanya hasil treatment dyed dan kejernihannya hanya sekedar tembus sinar VS Red borneo yang tidak tembus sinar (opaque) atau sangat buram, walaupun warnanya alami, tapi faktanya keduanya hanyalah batu batu perhiasan yang murah…

Dibawah ini video dari beberapa pengetesan diatas.

So what is a big deal?

Tujuan penulisan ini hanya berbagi, kami yakin di Indonesia yang tercinta ini, pasti memiliki juga deposit batu mulia yang berkualitas internasional, dan jika kita mengetahui apa itu batu mulia, yang murah, yang mahal bahkan berkualitas heirloom (Pusaka), tentulah akan membuat kita sesama pencinta batu mulia tidak tertipu dalam perdagangan batu secara nasional dan internasional.
Jika ada saran dan pertanyaan mengenai batu, kirimkan pertanyaan anda melalui sms ke 0816-384499 atau whatsapp dengan no +62 816 384499.

Iklan