Kenapa ada sintetis?
Jangan lupa, faktornya karena harga batu yang  natural / alami yang berkualitas GEM atau permata harus ditebus dengan harga super mahal.
Maka dibuatlah sintetis, misalnya Safir yang berwarna Royal Blue, Ruby berwarna Pigeon Red Blood dll.
Walaupun ada warna-warna lain seperti kuning saja, hijau saja, pink saja, change color sintetis dan beberapa warna lain yang juga ada sintetis-nya.

Jadi sintetis ruby safir itu juga dibuat sebagai perhiasan, dan berkualitas sama dengan ruby safir yang berkualitas permata, bukan menirukan ruby safir berkualitas rendah atau sedang-sedang (umum) saja.

Beberap Faktor agar terhindar dari sintetis:

  • Belilah ruby safir berkuliatas cukup rendah, dimana cukup banyak kotoran, tapi bagaimana jika kita tidak tertarik dengan kualitas ini?
  • Belilah yang berkualitas cukup baik, atau baik dengan varian warna yang jarang seperti safir biru kehijauan, safir violet agak pink, atau varian-varian dimana komposisi si safir terdapat beberapa warna dalam 1 batu. Karena Safir sintetis umumnya diproduksi dengan satu warna (Grup Safir Mahal). Kecuali Ruby karena varian warnanya sedikti, Red blood, pinkish dll sudah sangat mudah ditemui sintetisnya, juga faktor harga Ruby alami sangat tinggi harganya, maka pabrik-pabrik pembuat corundum sintetis berlomba-lomba membuat variasi ruby alami yang mahal (bersih).
Safir Biru Kehiajuan - 2.62c - Heated Only
Safir Biru Kehiajuan – 2.62c – Heated Only
safir unik hijau kebiruan
safir unik hijau kebiruan
safir unik hijau keemasan
safir unik hijau keemasan
Safir Untreated Unheated AIGS ID:11215
Safir Untreated Unheated AIGS ID:11215
Safir Hijau kombinasi warna ID: 14915 Warm Led
Safir Hijau kombinasi warna ID: 14915 Warm Led
Safir Hijau kombinasi warna ID: 14915
Safir Hijau kombinasi warna ID: 14915

Sesudah itu, pastikan dulu treatmentnya, sebab akan tertipu secara harga juga jika kita membeli Ruby Safir yang alami dengan harga tinggi misalnya 50 juta rupiah dengan testimoni penjual mendapat treatment Heated only, ternyata sewaktu diperiksa ternyata telah di treatment Glass Filling, Beryllium dll.

Faktor-faktor diatas, hanyalah sebagai pertimbangan saja, karena tidak tertutup kemungkinan akan ada juga misalnya Safir Biru kehijauan sintetis, dan safir safir kombinasi warna lainnya.

Contoh, safir dan alexandrite change color (berubah warna bukan 2 warna), sudah sangat mudah mendapatkan sintetisnya dengan harga murah.

Namun sayangnya pada Ruby, hampir seluruh varian warna Ruby semua ada sintetis, kami sudah melihat Ruby Pinkish, Ruby Violet, Red Blood, Red, dll ditemukan dalam bentuk Sintetis.

Faktor paling aman?
Apalagi kita pemakai batu, kita tidak perlu mempelajari sedemikian mendetil mengenai gemologi dimana memerlukan waktu, peralatan dll, hal yang paling aman untuk membeli batu sesuai dengan harapan kita tentunya adalah jaminan kealamian si batu dan jenis treatment yang terjadi pada si batu oleh penjual.
Jaminan ini bukan hanya jaminan “asal keluar ucapan” dari pedagang saja, karena tidak ada gunanya dan sewaktu-waktu bisa terjadi perselisihan.
Tapi jaminan berapa lama waktu jaminannya sehingga kita sempat memeriksakan ulang ke laboratorium langganan kita, dan juga tertulis yang berani diberikan oleh pedagang batu.

Contoh kami memberikan jaminan 47 hari “secara tertulis” bukan ucapan, termasuk foto Inklusi untuk harga mulai Rp500,000.

Garansi batu 47 hari tertulis
Garansi batu 47 hari tertulis
Iklan