Kita harus tahu dahulu, apa yang menyebabkan suatu batu (Mulia dan Semi Mulia) itu menyandang gelar permata.

Ada seorang pelanggan kami, yang sangat tertarik dengan safir kami yang di treatment Glass Filled, dan safir tersebut sekitar 2-3 carats, dan hanya seharga 1juta rupiah, safir tersebut cukup jernih, mempunyai tone warna yang kuat.

Lalu customer bertanya kepada kami, apakah batu ini indah? Mengkristal dan sudah berkelas permata?

Kami jawab sejujurnya saja, kalau soal Indah…dari warna dan kejernihan tetap kami sebutkan indah, apalagi meng-kristal sudah pasti meng-kristal, tetapi untuk menjadi menyandang gelar permata, menurut kami pribadi BERAT kami untuk menganggapnya permata.

Tetapi akhirnya tetap saja walaupun kami jelaskan bahwa batu safir tersebut belumlah layak untuk menyandang nama permata, dia tetap membelinya.

Tapi tetap tidak ada masalahnya juga jika safir diatas yang kami ceritakan mau kita anggap permata dari kategori batu mulia atau belum permata, jelas tidak ada yang melarangnya…

Jadi semua bisa saja menyebutkan bahwa batu, sembarang batu, yang terikat pada cincinnya dianggap sebagai permata.

Permata akik junjung derajat / akik sulaiman yang seperti gambar dibawah ini yang kita maksudkan ?

Akik Kuning Garis Opaque
Akik Kuning Garis Opaque

Jika iya, boleh saja disebut permata, kami menjualnya hanya seharga 35rb s.d 50ribuan rupiah saja…jadi batu diatas permata yang seharga 50ribu.

Arau permata kecubung /amethyst yang seperti gambar dibawah ini yang kita maksudkan ?

kecubung amethyst opaque cab
kecubung amethyst opaque cab

Jika iya, boleh saja disebut permata, kami menjualnya hanya seharga 25rb s.d 50ribuan rupiah saja…jadi batu diatas permata yang seharga 50ribu bahkan permata yang seharga 25 ribu saja.

Tetapi kami pribadi menilai suatu batu layak menyandang gelar permata adalah karena batu tersebut mempunyai kemurnian yang tinggi, walaupun batu kecubung (semi mulia kategori) yang murah sekalipun…
Misalnya kecubung berwarna ungu yang cukup, tidak agak ungu, tidak sangat ungu malah cenderung hitam, tapi tone ungu yang cukup kuat dan jernih, artinya tidak ada kandungan lain pada bagian internal si kecubung, seperti gambar dibawah ini:

kecubung dan kejernihannya
kecubung dan kejernihannya

Dan berbagai jenis batu lainnya dimana pada batu tersebut sudah sangat indah dibandingkan batu lainnya yang sejenis, bukan berlainan jenis.
Kita tinggal bandingkan misalnya kecubung pertama dengan kecubung ke dua di atas, mana yang menurut kita lebih baik?

Baca lebih jauh mengenai Tips memilih batu disini.

Tujuan penulisan ini hanya berbagi, kami yakin di Indonesia yang tercinta ini, pasti memiliki juga deposit batu mulia yang berkualitas internasional, dan jika kita mengetahui apa itu batu mulia, yang murah, yang mahal bahkan berkualitas heirloom (Pusaka), tentulah akan membuat kita sesama pencinta batu mulia tidak tertipu dalam perdagangan batu secara nasional dan internasional.
Jika ada saran dan pertanyaan mengenai batu, kirimkan pertanyaan anda melalui sms ke 0816-384499 atau whatsapp dengan no +62 816 384499.

Iklan