Apakah batu-batu seperti Ruby Safir Berlian Zamrud yang sering diceritakan orang peninggalan nenek moyang, buyut, kakek, nenek kita pasti batu mahal?

99.99 persen cerita seperti ini, sewaktu kami dapati adalah safir ruby berlian berkualitas rendah, bahkan sangat rendah, umumnya batu-batu Ruby Safir seharga pada angka ratusan ribu saja…

Super sedikit sekali yang mempunyai safir ruby yang berkualitas baik, apalagi yang berkualitas permata / gem.

Ini fakta yang kami dapati, jika mereka menyangkalnya bahwa itu safir dan ruby yang mahal, kami mempunyai faktanya yaitu menjualnya dengan harga murah.

Umumnya (bukan semuanya) ada yang alami dan untreated tapi sangat kotor, ada ruby daging (ruby yang sangat buram), ada yang cukup jernih yang secukupnya saja tapi kena treatment parah seperti beryllium, glass filled, pokoknya lebih dari dipanaskan saja…

Bahkan ada yang bercerita kakek buyutnya mengambil dari tambang di luar negeri, tapi setelah diperiksa hanyalah safir ruby Sintetis, dan berbagai cerita yang mirip dengan penekanan “peninggalan” yang bermaksud seolah-olah ingin diakui “ini safir mahal, ini ruby mahal”.

Jadi jika kita ingin membeli batu yang sudah mahal harganya, sebaiknya cerita-cerita kuno yang mirip-mirip diatas jangan menjadi suatu pegangan atau patokan untuk suatu batu yang berkualitas.

Safir Ceylon Kualitas Buruk
Safir Ceylon Kualitas Buruk
Safir Ceylon Kualitas Buruk
Safir Ceylon Kualitas Buruk
Apakah menurut anda layak harus disinari dari bawah itu adalah permata?
Apakah menurut anda layak harus disinari dari bawah itu adalah permata?
Batu Permata Ruby 2714-8-97x-17.10 carat - SIntetis
Batu Permata Ruby 2714-8-97x-17.10 carat – SIntetis

Jadi bagaimana jika kita ingin membeli batu yang mahal?

Baca beberapa langkah mudah sebelum membeli batu, dimulai dari tips disini.

Iklan