Bacan atau chrysocolla tentunya dimana-dimana sama saja.
Karena bacan itu nama ilmiahnya chrysocolla, dan juga tentulah para ahli geologi sudah merumuskan kandungannya dll dll.

Mengenai bacan yang bisa berubah-ubah, bermetamorfosis jika dipakai semakin jernih, maka bacan darimana saja yang jenisnya sama tentulah akan berperilaku seperti diatas.
Dan mengenai fenomena bacan bisa seperti ini, tidak diperbincangkan di luar negeri, hanya di indonesia hal ini menjadi istimewa.

Sebetulnya tidak bacan juga tidak batu lain, jika berpori besar, lembut, atau mungkin banyak kapur, apalagi umumnya bawaan bacan banyak bagian-bagian yang lembutnya, tentulah dia akan mudah berubah-ubah…karena ada zat eksternal yang berhasil masuk ke dalam batu. Hal ini tidak berlaku pada batu-batu keras, setidaknya quartz saja (jangankan zamrud, topaz, ruby, safir berlian).
Ini sebabnya kebanyakan batu lembut mudah di treatment diwarnai dengan kimia (sederhana), dan batu batu keras umumnya dengan treatment radiasi dan pemanasan (lebih rumit) baru bisa diwarnai, karena kimia pewarna sudah tidak dapat lagi mewarnai si batu keras.

Fenomena ini yang dimanfaatkan seolah-olah hal ini suatu keistimewaan suatu bacan dan hanya ada di bacan, hehehe…
Analogi-nya seseorang yang hidup di bumi, memperlihatkan suatu benda bulat, lalu digelincirkan ditempat yang rendah maka si benda akan menggelincir ketempat rendah…lalu seseorang itu memanfaatkan fenomena ini seperti sesuatu yang istimewa….
Padahal itu suatu yang biasa-biasa saja, karena kita hidup di bumi yang mempunyai gravitasi, ditambah lagi benda bulat digelincirkan ke bawah…

Tujuan penulisan ini hanya berbagi, kami yakin di Indonesia yang tercinta ini, pasti memiliki juga deposit batu mulia yang berkualitas internasional, dan jika kita mengetahui apa itu batu mulia, yang murah, yang mahal bahkan berkualitas heirloom (Pusaka), tentulah akan membuat kita sesama pencinta batu mulia tidak tertipu dalam perdagangan batu secara nasional dan internasional.
Jika ada saran dan pertanyaan mengenai batu, kirimkan pertanyaan anda melalui sms ke 0816-384499 atau whatsapp dengan no +62 816 384499.

Iklan