Sebetulnya tulisan ini sudah lama kami ingin selesaikan, namun karena keterbatasan waktu kami coba sederhanakan, kebetulan juga kami baru mendapat telpon dari seorang yang bertanya mengenai alexandernya seharga 2-3 juta tapi sintetis.

Namun juga kami buat ini karena sudah banyak sekali kami temui, dimana sebagian dari kita yang tidak tahu lalu tertipu “halus” dengan membeli safir ruby zamrud alexander/alexandrite (change color) sintetis tapi harganya pada kisaran “safety mode” dari penjual…

Kenapa kami namakan tertipu “halus” ataupun “safety mode”?

Misalnya alexandre yang jernih, yang contras/signifikan perubahan warnanya sebesar 5,6,7 carat, untreated atau pun heated only,  bisa ditebus dengan harga 3 sd 5 juta…

Atau Royal Blue Safir yang jernih, sebesar 5,6,7 carat, untreated atau pun heated only, bisa ditebus dengan harga 3 sd 5 juta….

Atau Ruby yang cukup merah dan jernih, sebesar 5,6,7 carat, untreated atau pun heated only, bisa ditebus dengan harga 3 sd 5 juta….begitupun zamrud…

100 persen yang kami temui adalah sintetis.

Sebab tidak mungkin ada, alexandre, ruby, royal blue safir, zamrud yang jernih, sebesar 5,6,7 carat, untreated ataupun heated only (treatement), bisa ditebus dengan harga 3 sd 5 juta….

Nah juga jika kami telusuri banyak sekali yang membelinya dengan harga berjuta-juta…pada harga 2 sd 5 jutaan, dan super sedikit yang membeli diatas itu bahkan pada harga diatas 50 juta juga ada.

Jika pembeli pada akhirnya tahu itu sintetis, dan akhirnya penasaran ingin tahu harga alami-nya tapi sekualitas sintetis yang mempunyai warna dan kejernihan spektakuler sebagian maklum tapi cukup banyak juga yang tidak terima….tapi biasanya tidak terlalu “sakit”, karena harga alami-nya sekualitas sintetis itu umumnya diatas 10 juta bahkan 100 jutaan.

Inilah yang kami maksudkan harga sintetis yang sangat mahal, namun masih pada level “safety” yang diberikan oleh pedagang.

Harga sintetis yang kami jual, umumnya mulai 20 ribu sd 100 ribu per carat, bahkan pernah kami jual pada harga 150 ribu per carat, bergantung dealer, asahan, warna terbaik.

Namun pada saat ini (april 2015) kami menjual sintetis terbaik misalnya royal blue safir yang sangat menawan import dari china atau thailand, umumnya pada harga 60 ribuan per carat.

Jadi mengenai tertipu atau tidaknya bergantung penjual, bersediakah penjual menjelaskan itu “sintetis” atau lab grown atau lab created sebagian dealer juga menyebutkan dengan istilah “Corundum difussion” (harus dijelaskan), menjelaskan dahulu permasalahan ini kepada konsumen, atau penjual mengatakannya ALAMI/ NATURAL?

PAda penjualan kami untuk barang sintetis kami menjelaskan dahulu…bahkan kami labeli “SINTETIS”, karena label SINTETIS adalah label yang paling kasar daripada istilah  lab grown atau lab created atau Corundum difussion, agar dikemudian hari tidak ada rasa tertipu, menipu, dll…

Jika ada yang bertanya kepada kami apakah Ruby Safir sintetis itu batu? Kami tentu jawab itu batu.

Jika ada yang bertanya kepada kami apakah Ruby Safir sintetis itu asli ruby atau asli safir? Kami tentu jawab itu asli.

Bedanya ruby safir alami buatan alam, sedangkan sintetis bahannya memang asalnya dari alam juga, tetapi buatan manusia (pabrik).

Namun jika ada misalnya pedagang lain yang mengatakan alami terhadap batu sintetis tersebut….apakah mereka memang bermaksud menipu? Tidak tahu? atau mereka tertipu duluan dari dealer lalu merekapun sekedar menyampaikan dengan kata alami juga kepada konsumen? Kami tidak tahu pasti penyebabnya…

Baca trik membeli safir yang tidak ada sintetisnya disini.

Iklan