Kita pasti cukup sering mendapat pertanyaan “lanjutan” setelah mengetahui nama batunya lalu pertanyaan lanjutan berikutnya adalah “titel atau titlenya” si batu, seperti Ruby apa? Safir apa? kecubung apa? Sungai dareh apa? batu anggur apa, dan banyak lagi “nama batu disertai “apa” lainnya.
Kami sangat sering mendapat pertanyaan seperti diatas…

Sebetulnya itu adalah kesalahan yang sudah mengakar…dan kita sendiri yang membuatnya.

Yang benar itu harusnya “nama batu” dan “warnanya“, lalu mengenai kualitas tentulah harus ada “seberapa kuat warnanya” dan Seberapa tinggi “kejernihannya”, untuk treatment yang terjadi pada si batu itu level lanjutan yang harus juga kita ketahui.

Jadi sederhannya adalah, Nama batu, dan warnanya (jika bermacam-macam warnanya seperti safir dan chalcedony), dan kejernihannya.

Mari kita katakan Safir hijau, dengan kejernihan VVS, Chalcedony coklat, kecubung dengan kejernihan VS atau cuma translucent atau Safir biru opaque (tidak tembus sinar) atau safir hijau transclucent, atau safir kuning dengan kejernihan S (slightly) dll dll.

Begitu sederhana khan untuk menilai suatu kualitas batu, dan fakta mengenai warna dan kejernihan semua akan berefek di harga.

Tidak ada kecubung sekedar ungu tapi kotor atau buram, tau tau menjadi mahal.

Tidak ada sekedar menjadi safir hijau tapi sangat kotor, tau tau menjadi mahal.

Tidak ada sekedar idocrase karena sekedar berasal dari sungai dareh, lalu tau tau semua idocrase dari sungai dareh menjadi mahal semua.

Tidak ada sekedar kecubung atau amethyst yang sudah bersih tapi sekedar ungu yang hanya karena dari tanjung bintang lalu tau tau semua kecubung dari tanjung bintang itu mahal.

Tidak ada zamrud hijau bahkan sangat hijau tapi sangat buram tau tau menjadi zamrud dengan harga selangit dll dll.

Jadi agar tidak membingungkan, sudah saatnya kita menamakan batu itu dengan nama batunya saja, warnanya jika warnanya banyak dari jenis batu tersebut, dan kejernihannya, cukup itu saja dan sudah cukup untuk menyimpulkan harganya terlebih jika level treatment juga sudah kita ketahui…

Iklan