Pedagang keluhkan Akik Palsu dari cina…hehehe…

pedagang akik serbuan cina
pedagang akik serbuan cina

Kalo menurut saya berita diatas adalah sebuah rengekan yang kurang berdasar karena kita over estimate terhadap suatu batu.

Kita terlalu biasa menjual batu batu buram, lembut, cukup cukup saja indahnya, dimana kita berpijak dimuka bumi bisa ditemukan,…lalu kebiasaan menggembosi harganya dengan trick manfaat, faedah, hal magis dll…lalu bisa kita dijual dengan harga fantastis…
Sewaktu diserbu barang dari china…kita merengek-rengek, dapet batu kena dyed saja dibilang palsu…hehehe

Pedagang online cina memang jarang berjualan ruby safir natural apalagi yang mahal atau berkualitas cukup tinggi, jauh lebih banyak pedagang dari amerika, eropa, india dan thailand (bukan tidak ada dari cina).

Tipikal bisnis orang cina, memang sifatnya massal, termasuk batu.
Kami membeli batu dari cina seperti akik junjung derajat adalah hasil mereka import dari afrika, kami membeli kecubung kotor dari cina…cina import dari brazil mentahnya (rough/kasar belum diasah lalu mereka asah cabochon lalu dijual, kami membeli bacan rough pernah juga dari cina, kami membeli red borneo yang sudah diasah dari cina…semuanya natural dan bahkan UNTREATED atau mungkin paling banyak heated tapi saya meragukannya soal heated ini.
Namun kami juga membeli batu batu dari cina yang di DYED (treatment pewarnaan kimia) seperti batu orang sini bilang sisik naga atau batu batu berwarna super cerah spektakuler sebangsa akik yang berwarna sangat kuat, kami import dari cina, di treatment dye semuanya berharga murah…bahkan lebih mahal sedikit yang di treatment dyed…sekitar beberapa ribu rupiah (dibawah 10ribu), karena lebih butuh cost yang lebih tinggi dan waktu.
Jadi mereka menjual dalam harga murah untuk yang di treatment atau tidak di treatment.
Karena batu batu murah ini memang murah di dunia internasional.

Contoh batu junjung derajat, karena mereka mengasahnya memakai mesin, dan batu itu batu murah yang mereka import dari afrika, walaupun junjung derajatnya banyak lapisan derajatnya, mereka tidak mengindahkan arahnya misalnya harus keatas, harus simetris, mereka hanya meletakkannya saja ke mesin pengasah otomatis, nanti jungjung derajatnya ada yang miring kekanan, kekiri, keatas, kebawah pokoknya tidak karuan, juga kecubung yang sekedar tembus sinar tapi cukup kotor semuanya bisa dikatakan calibrated (ukuran sama).
Sedangkan kita masih memperhitungkan batu batu seperti sekedar tembus sinar, lalu kita bagi bagi lagi menjadi super tembus, setengah tembus dll…
Karena simple saja, itu bukan batu yang berharga dan tidak perlu berlama-lama memperhitungkan derajatnya mau diasah bagian mana dll.
Asahannya semua berukuran sama atau istilahnya CALIBRATED, misalnya junjung derajat kami ukurannya 18mm x 7mm, semua akan sama, hanya posisi junjung derajatnya saja yang tidak karuan, hehehe…

Jadi bukan maksud cina menipu, tapi karena batu tersebut batu batu murah, yang kurang berwarna indah ya diwarnai, proses pewarnaan inipun dari beribu ribu tahun lalu sudah digunakan, karena yaitu tadi batunya kurang indah, atau tidak tersedianya di daerah tersebut batu yang indah seperti ruby safir berlian dan zamrud misalnya…
Yang ada warna cukup kuat tapi tidak jernih seperti kecubung kami yang murah, juga akan mendapat perlakuan yang sama…
Sedangkan asahan berlian cina yang murah bahkan jauh lebih murah daripada asahan berlian buatan amerika, atau eropa, buktinya banyak pedagang yang menjualnya, memakainya, karena faktanya walaupun murah, asahan tersebut dengan sangat memudah memotong atau mengasah ruby dan safir…artinya memang itu berlian…
Jika asahan cina bermaksud mau menipu, tentu mereka membuat asahan dengan dipasangi butiran quartz misalnya…atau bahkan kaca! hehehe….

Artinya asahan itu memang berlapis berlian. sekalipun sintetis.
Paling juga buatan cina bisa lebih murah karena kandungan total carat weight (TCW) saja yang dimainkannya, misalnya dalam satu asahan yang mahal dari amerika terdapat 10tcw, lalu yang buatan cina hanya mengandung 5tcw, artinya lebih cepat aus dll, tapi harganya murah…jadi tetap saja worthed…
Jadi kesimpulannya, bukan kelas negara seperti cina mau menipu pada penjualan batu batu murah seperti ini.
Karena kita sudah salah dari awal…
Kebanyakan kita salah menilai batu yang mana murah yang mana yang mahal…
Batu yang murah, dibumbu bumbui, jadi mahal….
Batu yang murah, dibuat lelang fiktif misalnya…namanya terangkat, tanpa babibu seantero nasional ngetop, yang penting nama batunya benar yang lagi ngetop semua menjadi mahal, tanpa melihat lagi faktor kualitas batu yang mahal itu seperti apa.
Ekpektasi kita dengan batu terlalu tinggi, dengan modal mencari di gunung, dapet yang bening sedikit, bahkan yang sangat buram, poles sana poles sini, hebohkan sana sini, lalu semua menjadi mahal.
Tidak ada rumus seperti itu di dunia internasional, tidak serta merta safir ruby menjadi mahal, tidak serta merta semua berlian menjadi mahal…
Semua harus mempunyai warna dan kejernihan yang kuat, artinya indah, artinya sangat susah dicari baru bisa mahal…..

Apa yang terjadi jika saya sekedar mendapat batu let say batu ruby safir (ruby safir lhooo) yang berwarna cukup tapi kejernihan kurang lalu saya tawarkan ke orang di thailand saja (ga usah di usa atau eropa) dengan harga tinggi?
Padahal saya “merasa” sudah cukup susah mencarinya dan mengasahnya (karena kurang kemampuan)…
Mereka akan bilang: pinter kamu tolol saya pak kalo saya beli dengan harga mahal…hehehe….
Kami juga sangat mudah mencari “sekedar” ruby safir yang seperti ini….

Artinya bukan tidak ada harganya…tetap saja itu safir yang menjadi perhiasan, tetapi harganya harusnya murah..baru bisa dibisniskan….

Jadi selama kami membeli batu cina, semua batunya batu natural, ada yang untreated, juga ada yang treated, ada yang sintetis seperti ruby dan safir.
Jika itu palsu (simulant), mereka akan bicara dari awal, seperti palsuan berlian, palsuan safir, palsuan topaz, palsuan zamrud….
Palsunya semua menirukan batu batu mahal….

Tidak ada palsuan batu batu buram yang berharga murah seperti palsuan akik, palsuan kecubung kotor, palsuan red borneo sekedar pink dll, artinya batu-batu kotor tersebut batu yang berhamburan atau tidak langka di belahan bumi yang lain yang berharga rendah. tapi disini harganya selangit…

Jadi tidak ada batu batu murah seperti ini dipalsukan…

Iklan