Mengenai tulisan saya yang berjudul beneran bacan barang mahal di link ini, ternyata ada beberapa yang salah pengertian sampai terlalu jauh…

Pertama tulisan tersebut mengenai harga bacan.

Dimana pada waktu musim bacan bulan bulan kemaren, harga bacan ukuran kecoak (batu cincin) bisa sampai puluhan juta, dan jika ingin dijual kembali oleh pembelinya dahulu, dia akan nangis darah, dibeli berjuta-juta, mau dijual lagi paling 100 sd 500rb.

Contoh mau lebaran tadi (2015) ada beberapa orang yang mau jual bacan, yang hilir mudik ke toko toko sekitaran dan juga ditempat kami banyak penjual batu yang berkumpul (counter counter batu), semuanya tidak ada yang ingin membelinya..

Karena mau dijual kembali seharga berjuta-juta,…

Jadi “MAHAL” disini maksudnya harganya berjuta-juta dalam ukuran kecoak yang hanya diasah cabochon (polos).

Bahkan ada sahabat kami, dimana dia terpengaruh lingkungan, dimana dulu membeli bacan seharga 40an juta, sewaktu butuh uang lalu ia tawarkan ke kami, dengan meyakinkan bacannya sudah sangat mengKristal, tidak ada hitam-hitamnya lagi, sangat jernih (ukuran jernih bacan hehehe),  juga menawarkan ke pedagang lain seharga 10 juta saja! Tapi tidak ada yang mau membelinya, bahkan ke pemilik sebelumnya sekalipun!

Ternyata Bacannya hanya ditawar 500 ribu rupiah (bukan us dolar), akhirnya bacannya dipukulkannya dengan palu hancur berkeping-keping si bacan dan juga perasaannya….hehehe…

Nah harga mahal inilah POINT utama yang akan kita (3batu) sangkal, apakah memang semahal itu seharusnya harga si bacan atau chrysocolla ini?

Kedua, juga Bukan soal bacan barang Indah atau Tidak Indah.

Maksud tulisan kami bukan mengarah bacan barang jelek…semua indah.

Tapi indah pada tempatnya masing-masing tentunya…

Baca tulisan lebih lebih lanjut mengenai “ibarat batu itu Tas dari Plastik dan Tas dari Kulit yang sama-sama indah”, disini.

Jadi…sampai hari ini, kami mendapat 3 sangkalan bahwa tulisan saya salah, tapi sang penyangkal menurut saya tidak mampu membuktikannya….

Penyangkal 1:

Pak Bacan itu memang ada yang bagus dan yang jelek (mahal dan murah), bacan bacan dari Indonesia yang berkualitas bagus sudah keras, dia akan menjadi bacan chalcedony.

Jawaban kami:

Apakah jika dia (si bacan) menjadi atau mengandung chalcedony yang banyak itu menjadi faktor mahal suatu batu bacan?

Jika iya sebutkan yang bagaimana bacan tersebut PERSISNYA, Fisiknya, Ciri-cirinya, berapa harga “SANGGUP MEMBELInya?

Maka dengan senang hati kami akan berusaha mencarikannya jika DIHARGAI mahal, tetapi jika dihargai murah, yaa kami bukan spesialis penjual bacan….

Penyangkal 2:

Pak Zul, saya baca blog Anda ttg batu bacan beneran mahal. Skrg ini banyak beredar Bacan Arizona yg setelah dicek lab ternyata keluarnya H-a (heat A). Jadi apakah treatment Ha ini yg mengurangi harga bacan arizona di pasaran. Soal kekerasan saya sudah tes bacan doko saya yg Druzy di level 7. Dan saya sudah pakai lama terbukti bacan doko tidak gampang tergores. Warnanya juga jauh lebih tua dan lebih menyala di siang hari dibanding bacan arizona.

Jawaban kami:

Treatment heated (dipanaskan) memang mengurangi harga, tapi umumnya tidak banyak, karena heated juga terjadi di alam. Jangankan Bacan yang di panasi, safir atau ruby saja yang “dipanaskan saja” paling turun 10 sd 30 persen….

Permasalahan heated atau tidak pada bacan ini, kurang nyambung pada pembahasan ini, karena kita tidak sedang berbicara treatment bacan, menurut kami kita terlalu memperumit permasalahan, karena pada faktanya treatment atau tidak di treatment pada bacan apakah sebegitu berdampaknya, karena diluar negeri Bacan ini bukanlah batu papan atas atau tidak mahal, jadi apakah masih worthed membuat perhitungan kepada bacan yang dipanasi dan tidak dipanasi?

Jika HEATEd atau dipanasi menjadi suatu masalah, bagaimana para perawat/penjual (pen-treatment) bacan yang sambil duduk lalu memasukkan bacannya ke botol, menghilangkan kapur pada bacan dengan memakai cairan kimia khusus?
Dan jika sudah begitu, apakah lab batu umum akan tahu sampai sedetil itu bahwa bacan ini sudah terkena cairan kimia?
Kami meragukannya…

Juga apakah di alam/bumi juga menggunakan cairan kimia khusus ini layaknya alam/bumi menggunakan treatment pemanasan pada batu? Artinya si bacan sudah kena treatment berat.

Juga jika sekedar punya kekerasan 7 (walaupun bacan umumnya dibawah 7), apakah dia menjadi mahal, tanpa harus mempunyai kejernihan yang tinggi seperti kecubung?

Lah kecubung 99 persen level mohs nya 7 mohs…sudah pasti lebih tahan daripada umumnya bacan, apakah tau-tau semua kecubung jadi mahal hanya sekedar keras?

Mahalnya kecubung juga paling di harga ratusan sampai 1jutaan biasanya kami jual, itu sudah mempunyai warna ungu yang cukup kuat dan kejernihan yang sangat tinggi.

*kecubung ukuran cincin yang pernah kami lihat di luar negeri pada harga 4 jutaan.

Penyangkal 3, ini yang paling aneh:

stupid fucking thing
stupid fucking thing

Dihari lebaran ini,  ada yang mengajak kami bicara di Tokopedia mengenai bacan hehehe…tepatnya di bagian “diskusi produk” pada produk kami yang sudah terjual, hehehe…

Tipe penyangkal no.3 ini sangat CENGENG kata orang sini, tidak jelas, tidak berani memberikan statement, hanya mampu bicara ngalor ngidul, memaksakan harga versi dia harus berlaku tapi tidak mampu membuktikan, padahal orangnya masih muda dan ganteng lagi, hehehe…
Dia lupa point utama kita kenapa kita menjual bacan?

Ahmad Al Ghazali penggemar Bacan?
Ahmad Al Ghazali penggemar Bacan?

Dimana pada penjualan kami 8 pcs bacan yang dijual terpisah, dengan no id: 21215A sampai 21215H, contohnya disini (sudah sold semua).
Bacan yang di diskusikan ID nya: 21215D yang sudah laku, malah repeat order dari pelanggan kami yang sudah order bacan sebelumnya.

Diskusi bacan Ahmad Al Ghazali?
Diskusi bacan Ahmad Al Ghazali?

Dibeli seharga 1.7jt atas tawaran pelanggan kami, pelanggan menawar, harganya masuk, deal….sesederhana itu.

21215D Bacan Sudah Laku
21215D Bacan Sudah Laku

Intinya si penyangkal no 3 ini, menanyakan kalo ada lagi, dia mau beli dengan harga yang lebih murah lagi, tapi tidak berani sebut harga…maunya lebih murah dari harga penjualan tadi, hehehe….

Awalnya kami kira dia bukan pemuja bacan, tapi semakin sering di reply, semakin terlihat…dia mungkin (setidaknya) penggemar berat bacan atau penjual bacan yang tersinggung akhirnya menjawab dengan hal yang mulai tidak jelas.

Berikut dibawah ini Pertanyaan juga Pernyataan dari Penyangkal No.3 hehehe…

Penyangkal 3 Pertanyaan 1:

Klo masi ada sampah kyk gini, tolong infokan ya gan… tapi hrganya jgn 1jtan gan, kmahalan utk ukuran sampah..

Jawaban kami:

kalo masih ada tawar saja, sesuai dgn deskripsi…bacan ini sdh sold. di harga 1.7jt kalo ga salah oleh pembeli di toped. anggap saja 1 cincin 4gram (20 carats) ukuran cukup besar, 340 gram dibagi 4 gram = 85pcs, plus salah asah atau potong 50persen, tinggal 40an pcs. upah asah 20rb per pcs,. upah total 840rb + modal batu total: 2.540.000 dibagi 42pcs = 60an ribu rupiah per batu cincin sampah.

Penyangkal 3 Penyataan:

Masih kemahalan gan utk ukuran sampah, masa masi lbh tinggi batu akik opaque cuman 35rb. Tawaran ku masuk dihrga 20an ribu rupiah aja perbatu cincin sampah gan…

Jawaban kami:

yaa baguslah..brarti misi kami untuk memberitahukan ke org indonesia bahwa batu bacan itu murah…berhasil…

Penyangkal 3 Pertanyaan 3:

Lah…trus knp dijual mahal gan…

Jawaban Kami:

kami setiap berkata tentang sesuatu disertai bukti, contoh bacan cabochon dimana tukang becak stop kerja 1 minggu sudah bisa ngasah cabochon untuk bacan hanya sekedar sebesar kecoak bisa dijual jutaan kami patahkan, contoh rumus kalkulasi bacan diatas, hasil usaha kami setidaknya pada kalkulasi diatas. siapa berkata bacan sebesar kecoak berjuta2…kami siap menyuplainya, bukti kami pernah menjualnya bahwa tidak semahal itu pencapaian kami. setidaknya ini yg kami mampu berikan buktinya, kami import bacan dari peru, walaupun hasilnya BENGKAK biaya shippingnya dari peru ke usa lalu ke indonesia.

Sekarang, menurut bapak…seperti diatas “pantasnya” 20rban daripada perhitungan saya 60rb per 4gram batu cincin bacan, yang sama kualitasnya dengan yg saya jual (ada sample dipolishnya) apakah bisa bapak buktikan? saya tambahkan biayanya jadi 40rb dari estimasi bapak 20rban. saya mau beli 100 gram (25 pcs). Apakah bapak bisa menjualnya ke kami?

*Pada jawaban kami diatas, mengenai harga bacan yang kami jual (bisa nego waktu itu, dan harga dealnya tentu saja kami rahasiakan)… Kami meng-importnya dari Peru, baik dari Peru langsung ke Indonesia, atau dari Peru ke Amerika lalu di forward ke Indonesia, tetap memakan waktu yang sangat lama (terlama 3 bulan hampir) dan memakan ongkos kirim 2X lipat dari harga si bacan itu sendiri, namun kami masih bisa menjualnya disini dengan perhitungan yang kami sebut diatas, yaitu sekitar puluhan ribu rupiah perbiji jatuhnya modalnya yang sudah termasuk upah asah (kami jual rough).

Nah si penyangkal mampu menghargai bacan yang kami jual tersebut hanya pada 20 ribu rupiah per 4 gram jika kami masih ada, lalu kami tawarkan jika baginya hanya 20ribu, maka kami tawarkan sanggup membelinya 40 ribu, artinya kami naikkan menjadi 100 persen (20 ribu ke 40 ribu).

Tapi dia tidak sanggup, tipe penyangkalan macam apakah ini selain dari penyangkalan bullshit?

Jika ada yang mempunyai estimasi, misalnya safir yang biru dan jernih dan untreated dalam bentuk 1 carat sudah diasah facet BAGINYA dan LAYAKNYA seharga 1 juta, lalu ada yang mengCounter offer dalam keberanian MEMBELI seharga 2 juta dengan safir yang sama, harusnya yang memberikan ESTIMASI 1 juta tersebut mendapat durian runtuh dooong?

Tetapi jika dia hanya bisa “berkata saja” atau kata orang sini “HAWO NAGO” 1 juta tapi tidak bisa memenuhi permintaan yang ditawarkan bahkan 2 juta, artinya apa?

Artinya dia terlalu muluk, terlalu lebay, hanya bisa cakap kata orang melayu…hehehe…

Penyangkal 3 pernyataan lagi (sangat panjang dan semakin ngaco):

Banyak yang ga tau dan tdk sdikit ketipu soal Bacan emang gan, smpe beberapa penjual batu yang lama di rawa bening malah ketipu dgn Bacan olahan dari tepung terigu/kanji campur pewarna dan putih telur.

Vongkahan yang diatas memang kualitas buruk dri penambang bisa dpt 100rb, itu sdh mahal. Di pulau Bacan ada 2 jenis yang kualitas bagus dari doko dan palamea jenisnya disebut org sana MAJIKO dan GULAU. Majiko berwana biru sperti kertas gosok no.5000 dan Gulao berwarna biru tutup botol minuman Maizone, keduax disenter akan berwarna hijau Tosca. Klo cuman Chalcedony emang byk, bgitu jg chrysocolla jg sngat bykBiasanya Chrysocolla (saja) yang memiliki kekerasan hanya di angka 2-4 di luar negeri disebut dengan Multi colour Chrysocolla dan yang di dalam negeri disebut dengan Bacan lembek atau Bacan Muda, sperti diatas, yang bagus itu Chrysocolla in Chalcedony

Jika kekerasannya di angka +/- 7 mohscale maka ini adalah Chrysocolla in Chalcedony atau yang diluar disebut juga dengan nama Gem Si

Main2 ke pulau Kasiruta aja klo minat, masa ke luar negeri bisa di dlm ngeri ga bisa?

>>Dan kelangkaannya yang hanya terdapat di beberapa negara seperti di Amerika Serikat (Arizona dan New Mexico), Mexico, Peru, Filipina, Taiwan dan Indonesia adalah faktor yang membuat Chrysocolla In Chalcedony (Gem Silica) menjadi varieti teratas di keluarga Chalcedony.

Oh iya sy tambah dikit, tdk sdikit mahasiswa dri UGM, UNPAR dan UI jurusan geologi di pulau Bacan yang tadinya study malah jdi penambang dan dagang.

Main2 ke pulau Kasiruta aja klo minat, masa ke luar negeri bisa di dlm ngeri ga bisa?

Jawaban juga pernyataan kami:

Apakah tersinggung mengenai kata “sampah” pada judul penjualan kami pada bacan 21215A sampai 21215H, contohnya disini?

Perlu diketahui dahulu, pada penjualan kami, terlebih pada penjualan batu yang kami “RAGU” kualitasnya, misalnya zamrud yang kami curigai DYED, maka kami lebih baik memberikan testimoni “TERBURUKNYA” yaitu dengan menjelaskan sudah terkena DYED.

Jadi calon pembeli tinggal memperhitungkan testimoni kami dimana kami sudah bilang DYED, setidaknya ambillah perhitungan zamrud yang kami jual tersebut sudah terkena treatment parah yaitu DYED.

Bahkan menurut kami, jika ada penjual batu misalnya Ruby Safir yang terkena treatment parah misalnya GLASS FILLED, lalu dia jelaskan safir ini terkena treatment GLASS FILLED, atau kita turunkan lagi contohnya ada penjual Safir Ruby SINTETIK (Ruby Safir yang asli tapi buatan pabrik), lalu dia dengan JELAS menjelaskan dari awal itu Sintetik, dan dia jual 1 milyar rupiah untuk ukuran batu cincin, tentu saya kira tidak ada masalahnya.

Namun masalahnya jelas berat untuk menjual Ruby Safir Glass Filled atau Sintetik tersebut dengan harga milyaran rupiah, mungkin dalam jangka waktu tahunan belum juga laku-laku….karena jelas akan berhadapan dengan penjual-penjual lain yang lebih murah…

Begitu juga pada bacan ini, kami memulai deskripsi atau judul pada penjualan dengan adanya kata “SAMPAH”, aneh khan, kami menjual barang…tapi kami katakan sampah…karena diharapkan calon pembeli memulai penilaian sesuai testimoni kami, artinya bacan yang sangat buruk kualitasnya, silahkan perhitungkan sendiri dengan kondisi terburuk tersebut.

Apakah lebih baik menjualnya dengan kata muluk-muluk, dijamin bebas penyakit, luster nya pasti ok dll?

Padahal ada pembeli ragu mengenai apakah bisa bacan ini berkilat atau lusternya baik jika di asah?

Simsalabim…ukuran menit kami asah…dan upload videonya di youtube….silahkan nilai sendiri lusternya…lihat disini.

Setelah tahu si bacan bisa berkilat, kata sampah tetap kami gunakan lhoo….

Kami juga pernah membeli bacan dari Cina (Rough), sekitar 800 gram sekitar 3 bongkahan kecil dan 1 bongkahan besar, dimana kami menggunakan kiriman cepat yang cukup mahal, pas sampai ditempat kami…ternyata bacannya ASLI dan benar Chrysocolla, tapi yang sangat lembut.

Sampai sekarang masih ada 1 bongkahan besarnya, sisanya dulu kami bagi-bagi dengan kerabat…ada yang berhasil mengasahnya ada yang tidak.

Kegagalan ini kami telan saja, namanya juga eksperimen dalam membeli dengan penjual baru di luar negeri, 1 bongkahan yang cukup besar masih kami simpan, dan tidak kami jual sampai saat ini.

Bisa saja kami menjual bacan yang lembut (produk gagal dari pembelian) ini dengan membuatkan foto dan videonya, lalu menjualnya dengan mensiasatinya agar dibeli orang.

Tapi kami tidak menjualnya sampai saat ini….karena kita juga punya perasaan, bagaimana jika orang kecewa, merasa tertipu.

Padahal bisa saja kami pakai kata trik “BACAN SAMPAH” untuk bacan gagal ini seperti produk bacan 21215A sampai 21215H tersebut.

Nah pada bacan 21215A sampai 21215H semua sudah laku, kami menggunakan kata bacan SAMPAH dalam menjelaskannya.

Tetapi bacan ini sebetulnya bacan yang keras, bacan ini kata pemilik sebelumnya dijamin bisa DIUKIR, karena kebanyakan chrysocolla di luar negeri dibuat perhiasan besar, seperti patung, liontin yang di carved dengan CNC atau manual (karena memang kebanyakan jarang orang diluar negeri menjadikannya cincin hehehe).

Itu sebabnya pemilik sebelumnya mentestimoni “SIAP DIUKIR”!

Tapi Kami tetap mewanti wanti calon pembeli bacan kata “SAMPAH”.

Agar calon pembeli, membuat perhitungan bahwa bacan yang akan dibelinya ini SANGAT BURUK KUALITASNYA!

Ada 1 pembeli, yang memulai berani membeli 1 bacan tersebut, setelah sampai dialamat nya, lalu dia repeat order untuk ID batu bacan lainnya, dan terus dan terus…jika tidak salah total 4 bacan saya sampai yang terakhir dia yang membelinya…

Artinya apa?

Yaa simple saja, si pembeli sudah pasti mendapat keuntungan, si pembeli akhirnya tahu bacan yang saya jual tidak seburuk yang dia kira pada awalnya.

Dan harganyapun dia tawar dulu, jika bagi kami masuk harganya tentu akan terjadi penjualan.

Mengenai mahasiswa yang akhirnya berjualan bacan, itu bukan jadi patokan bahwa bacan itu harus mahal.

Karena batu itu bisa mahal dan murah, punya perhitungan yang tidak dapat disangkal kenapa dia murah, dan kenapa dia mahal.

Jadi jangankan mahasiswa…disini, pernah ada direktur (orang yang sudah bekerja tetap dan mempunyai gaji tetap) suatu perusahaan besar dari jakarta, disini dia menjadi kepala cabang di palembang, mempunyai ratusan bawahan, lalu ia stop kerja, jualan batu.

Yaah, saya kira wajar wajar saja orang alih profesi karena melihat harga batu bacan bulan bulan kemaren sedemikian tingginya…apalagi masih jadi mahasiswa…hehehe

Logika mahasiswa jadi berjualan bacan seperti ini mau dibuat bahan untuk penyangkalan?

Lalu Kenapa kami harus main ke pulau Kasiruta?

Pertama kami bukan penjual Bacan, hehehe…karena focus nya kami hanya ingin menunjukkan ke masyarakat di indonesia tercinta ini harga bacan, bagaimana keadaan bacan di luar negeri dimana juga seharusnya sama disini.

Jangan sampai seperti kerabat dan keluarga kami yang terlajur membeli bacan dengan mahal hanya karena pengaruh lingkungan….

Dimana keluarga dan sahabat kami bukan sekelas Lim Siau Liong dimana membeli Bacan 10 milyar lah, lalu tidak akan menjualnya kembali…

Kedua, kami berbisnis di luar negeri dari tahun 1990an, dan sampai 2015 ini kami mempunyai rekanan yang siap membantu bisnis kami.

Bahkan pada salah satu rekanan bisnis kami di amerika, kami bisa membeli barang dengan berhutang dulu dengan angka Puluhan sd 200 jutaan pernah kami berhutang dulu, sungguh suatu bisnis yang sudah nyaman bagi kami…

Kami tinggal duduk-duduk dibelakang komputer, tinggal komunikasi yang nyaman, lalu dikirimkan barangnya ke kami…jadi kenapa harus sampai ke pulau KASIRUTA untuk sekedar mendapatkan bacan? hehehe….

Penyangkalan No.4:

Di Luar negeri termasuk situs ebay, bacan itu banyak yang mahal.

Kami mempunyai jaringan di luar negeri semenjak kami berjualan batu, ada orang india, eropa, dan amerika.

Mereka kadang bertanya kepada kami, contohnya:
…..disana lagi batu tipe ini (bacan chalcedony) yaaa yang banyak dicari?
Artinya mereka terkejut batu tipe tersebut menjadi suatu hal yang mahal atau sekedar mereka hanya mendengar saja kabar santer mengenai itu dan bertanya angin lalu saja.

Pernah juga kami yang menanyakan misalnya chalcedony, atau bacan kepada mereka..bagaimana pasaran disana, mereka malah bertanya balik kepada kami
misalnya: “…untuk apa?” , “…saya tidak tahu jika batu tersebut ada pasaran yang cukup menjanjikan..”.

Nah kaitannya di ebay?

Ini zaman millenium, informasi itu sangat mudah tersebar…
Rasanya kami sudah belasan tahun di ebay, dan memang sangat wajar-wajar saja jika ada orang luar negeri akhirnya menjual bacan dengan harga tinggi juga di ebay, terkait mengenai kabar-kabar mengenai kabar bacan jadi mahal, chalcedony jadi mahal…

Jadi harga tinggi di ebay sangat berat menurut kami menjadi patokan…

Apakah ada yang mau, saya mintakan orang amerika memposting batu bacan (chrysocolla) ukuran 2 sd 4 gram dengan harga cukup tinggi lalu kita membelinya?

Jadi bagiamana seharusnya menyangkal atau mengeluarkan penyataan yang Valid atau afdol itu?

Sangkal dengan bukti yang bisa dibuktikan berkali-kali, bukan sekali.

Jika saya sangat yakin dengan sesuatu, misalnya saya membeli sebuah iphone 6 ditahun 2015 ini, seharga 9 juta, dan saya yakin itu harga terbaik, harga standard suatu iphone, dan saya bahkan bukan pedagang iphone…tapi hanyalah pemakai.
Lalu ada orang yang mengabarkan saya, bahwa iphone 6 yang saya beli harganya misalnya tidak lebih dari 4 juta, apa yang akan saya lakukan?
Saya akan menyelam sambil minum air.
Saya akan menyangkal si pembawa kabar dengan berkata: Mana iphone 6 nya, saya beli jangankan 4 juta, saya tambahi 1 juta, jadi saya beli seharga 5 juta.
Kalimat tersebut bersifat menyangkal dengan fakta yang sudah saya peroleh, jika bisa dibuktikan oleh pembawa berita tersebut artinya ada 2 kemungkinan, saya bisa untung besar, atau memang saya salah beli…
Jika saya salah beli, harusnya si pembawa berita bisa menjual iphone 6 tersebut walaupun dalam jumlah banyak, bukan hanya satu saja.

Contoh jika saya menyangkal bahwa bacan itu tidak murah, artinya bacan itu mahal….saya akan berikan contoh bacan saya, lalu memberikan spesifikasinya yang pasti, misalnya pak bacan yang seperti ini pak saya jual 30 juta dalam ukuran batu cincin sudah diasah cabochon…kalo ada saya mau membelinya misalnya 7.5 juta (cuma 25 persen dari 30 juta), 1 pcs, 2pcs, 10pcs saya beli semua pak…hehehe

Atau, jika ada yang menyangkal safir yang biru, ruby yang merah, jernih, untreated itu murah?

Jual kepada kami, ini pak saya punya safir, bapak biasa jual Ruby yang merah dan cukup jernih 1 carat dengan treatment heated  bahkan3 juta, ini saya jual misalnya 100ribu, 500 ribu…silahkan beli pak mau 1 pcs? 100 pcs?

Ga usah pada safir dan ruby, contoh saya jual kecubung yang jernih…hanya kecubung lho…

Kecubung yang mempunyai ungu yang ideal, kejernihan yang tinggi, sudah itu diasah facet….sekitar 3.x carat dimana saya jual kalau tidak salah pada harga diatas 500rb-an…

Patahkan atau sangkal, pak ini lho pak, saya punya kecubung yang sama…saya jual hanya 100 ribu lho…silahkan beli pak, mau 10 pcs atau 100 pcs??

Juga mengenai bacan mahal di ebay, kenapa kita tidak coba jual di ebay?
Bukankah sangat rasional, bacan cukup banyak disini, carilah yang menurut kita bacan yang bagus, jual di ebay dengan harga cukup tinggi, misalnya satu cincin ukuran kecoak dijual 5 juta, 10 juta atau 50 juta…hehehe
Harusnya akan laris, artinya laku berkali-kali…ini baru valid…

Atau jika memang sangat yakin bacan yang kita miliki cukup mahal dan ingin kita jual seharga puluhan juta misalnya seperti dulu zaman bacan masih mahal…kita jual ke amerika, saya kira bisa saja kami tanyakan ke agen kami di New York memposting-kannya ke ebay, tinggal nego berapa fee pemasangannya item tersebut (laku tidak laku).
Jika nanti memang benar si bacan memang mahal, tentunya akan sangat mudah menjualnya secara berkali-kali bukan satu kali saja.

Contoh, jika ada yang berkata safir untreated yang sangat biru dan diasah facet dan sangat jernih (VS lah paling tidak) itu hanya seharga 25 juta misalnya (artinya murah), saya sangat antusias menjualkannya ke amerika atau thailand…saya pastikan dapat menjualkannya berkali-kali bukan sekali…setidaknya untuk saat ini.

Ini baru pembuktian yang Valid.

Tipikal penyangkal Bullshit Hawo Nago…

Tetapi kebanyakan penyangkal itu sewaktu kami tanyakan pada yang menyangkal bahwa bacan itu seharusnya mahal, kami tanyakan bentuknya, bagimana penampakannya, bagiamana spesifikasi secara mendetil, bagaimana warnanya, bagaimana kejernihannya, berapa harga kesanggupan belinya (dimana menyatakan itu mahal) semua diam….semua tidak berani memberikan contohnya, semua tidak berani mengeluarkan statement bugdet…

Lah kalo penyangkal penyangkal bacan berkata seharusnya bacan ini barang mahal ini sebetulnya mudah membuktikannya.

Harusnya dia akan mudah menjualnya ke luar negeri BERKALI-kali dengan harga FANTASTIS layaknya dulu bacan laku seukuran kecoak yang diasah cabochon dengan harga puluhan juta, bahkan milyaran…di Indonesia tercinta ini…

Khan simple…hehehe

Orang Eropa, orang amerika tahan tinggal di thailand, berangkat ke thailand, burma, dll atau ambil di africa, lalu bawa ke thailand untuk diasah…inilah yang juga secara tidak langsung sebagai testimoni bahwa batu itu memang berharga secara internasional….

Update, tempat jual batu bacan dengan harga tinggi:

bacan tidak murah - mulai 10 jutaan
bacan tidak murah – mulai 10 jutaan

Kami baru menemukan, ada situs yang menerangkan bahwa batu bacan yang bagus itu berharga mulai puluhan juta sampai ratusan juta.

Situsnya: http://www.batubacan.web.id/

Nah situs tersebut menurut kami sangat cocok untuk kita-kita yang ingin menjual batu bacan, sesuai statement mereka.

Tanyakan kepada situs tersebut, yang bagaimana batu cincin bacan yang seharga mulai puluhan juta tersebut?

Harusnya mereka berani memprovide data bacan yang mahal tersebut, mengenai warna dan batas kejernihannya.

Soalnya jika kami berkata misalnya, tidak ada safir yang bagus itu yang berharga murah, tentulah kami seharusnya bisa mem provide data safir yang bagaimana yang mahal itu.

Sayang pada website tersebut, tidak ada no kontak, alamat yang bisa di hubungi.

Hanya Form “hubungi kami” yang ada, dimana kita harus mengisi form, lalu mereka baca, bisa mereka balas, bisa juga tidak, dll dll.

Karena kamipun dahaga pada pembeli yang berani membeli bacan dengan harga tinggi (jika ada).
Dengan semangat 45 maka akan kami coba carikan sesuai dengan spesifikasi yang mereka tentukan….

Tujuan penulisan ini hanya berbagi, kami yakin di Indonesia yang tercinta ini, pasti memiliki juga deposit batu mulia yang berkualitas internasional, dan jika kita mengetahui apa itu batu mulia, yang murah, yang mahal bahkan berkualitas heirloom (Pusaka), tentulah akan membuat kita sesama pencinta batu mulia tidak tertipu dalam perdagangan batu secara nasional dan internasional.