Menyinari dari arah mana?

Jika batu nya sudah translucent (sudah mulai tembus cahaya) dan di senteri dari bawah umumnya untuk hal bersifat teknis, misalnya untuk menunjukkan kotoran, serat, inklusi di dalam batu.

Jika batu itu disenteri dari atas, bisa untuk hal teknis juga, tapi lebih umum untuk memperlihatkan ke indahannya (estetika) bagaimana atraktifnya si batu jika terkena cahaya.

Saya pribadi kurang berminat, jika ada batu dimana dia akan terlihat indahnya pada waktu disinari dari bawah saja, sedangkan jika terkena sinar dari atas dia akan tampak biasa-biasa saja.

Ingat, batu yang mulai berkualitas itu umumnya sudah punya warna dan transparan, baik kotorannya sedikit atau kotoran cukup banyak pasti lebih baik daripada yang translucent apalagi opaque (super buram tidak tembus cahaya sama sekali).

Ibarat waktu mendapatkan batu yang berwarna kuat sekalipun tapi opaque untuk mendapatkannya sambil bersiul-siul, dan untuk yang berwarna tapi sekedar translucent lumayan payah yaitu kaki keseleo, tapi untuk mendapatkan yang berwarna dan transparent sedikit robek pada bagian kepala, hehehe…