Hmm….kami tidak bisa menyebutkan angka secara spesifik.

Pertama soal harga tentunya bergantung sumber dari mana kita dapatkan? Dari pengepul, dari penambang langsung? atau dari toko, semua batu yang kita dapat pasti awalnya dari salah satu faktor ini, jika tidak tentulah kita penambangnya atau penemunya.

Tetapi, Mari kita anggap suatu Ruby Star yang merah, yang enak dipandang, sudah enak dipandang…untreated pula, berapa harganya?

Setahu kami, dan sepengalaman kami…harganya pasti sangat jauh dengan Ruby yang merahnya sama tapi dari grup ruby yang transparent atau translucent dan tentunya harus untreated juga.

Begitupun batu lain seperti safir, safir star lebih rendah harganya daripada grup safir translucent atau bahkan grup safir transparent atau translucent.

Satu yang paling diandalkan atau sebagai daya pikat si batu hanya pada “star” nya saja.

Misalnya ada dua ruby star, yang sama merahnya, juga sama untreated, pasti lebih mahal yang mempunyai star yang tajam, dan jumlah star nya.

Kenapa bisa lebih murah?

Kami tidak begitu tahu pasti, tapi jika indah bisa berbeda beda bagi setiap orang, jadi kita abaikan mengenai keindahan… tapi mengingat rata-rata ruby dan safir dari jenis star adalah umumnya batu opaque (tidak tembus cahaya), kami yakin tingkat kelangkaan masih jauh lebih langka dari grup ruby safir translucent apalagi transparent.

Contoh dibawah ini, salah satu white star safir,dimana bagi kami starnya sangat tajam, dengan lampu rumah atau penerangan biasa, bahkan dengan lilin saja, star nya masih atraktif dan untreated.

Safir diatas sudah laku, sebesar belasan carats dibawah 5 juta (kami lupa tepatnya).

Juga safir dibawah ini, saat ini 2 oktober 2015 masih ada, dengan SN 25815A (9.9 carat), dijual hanya seharga 2 juta, untreated, dan starnya juga tajam.