Stannous chloride adalah alat bantu, bukanlah bahan dalam proses recovery ataupun refinery noble metal seperti emas, platinum dan palladium.

Warna larutan stannous terhadap Emas Platinum dan Palladium
Warna larutan stannous terhadap Emas Platinum dan Palladium

Terlanjur proses yang lebih jauh atau bahkan sudah sampai ke peleburan tapi ternyata emas tidak muncul-muncul…sering terjadi karena hanya berdasarkan perkiraan warna dari cairan solusi, warna bahan dimana sama sekali tidak bisa dipegang lalu kita lanjutkan bahkan sampai ke peleburan.

Nah stannous inilah yang akan memastikan ada atau tidak ada emas pada larutan kimia yang mengandung emas misalnya aqua regia (air raja)

Sifat stannous pada cairan yang mengandung emas adalah merubah warna.

Indikasi perubahan cairan emas sejak diberikan stannous bukan menguatkan warna ataupun melemahkan warna dari warna asal cairan emas yang kita miliki.
Misalnya warna aqua regia yang umumnya dari orange menjadi orange tua, muda…Kuning menjadi kuning tua atau muda semenjak terkena stannous…artinya bisa dikatakan negative terdapat emas pada larutan tersebut.

Nah perubahan warna pada cairan emas (jika ada emasnya) yang kita teteskan ke kapas, tissue lalu ditetesi stannous akan berubah ungu.
Baik itu ungu tua, ungu muda, bahkan menghitam karena sangat kuat ungunya dan juga warna warna gradasi ungu lainnya…

Stannous ini ada masa baktinya atau kadaluarsa.
Tentunya karena buka tutup wadah stannous itu sendiri yang menyebabkan oksidasi terhadap udara.

Stannous yang segar sangat sensitf terhadap cairan emas.

Agar kita tidak tersasar dalam penilaian warna cairan emas yang akan kita olah nanti, sangat disarankan kita memiliki comparator atau pembanding yang valid.

Contoh, pembanding warna stannous yang saya miliki hanya berasal dari emas seberat 70 miligram dengan kadar hanya 22 karat dan saya larutkan dengan aqua regia (AuCl4) sebanyak 100ml.

Bayangkan emas 70mg dalam bentuk logam hanyalah seperti sebutir pasir terlarut dalam aqua regia masih bisa di deteksi dengan sangat mudah.

Apakah bisa untuk mengecek cairan logam lain seperti tembaga, perak dll?

Setahu saya dan pernah saya coba pada larutan tembaga atau perak, warna larutan asal tidak ada perubahan sama sekali, kecuali hanya memudar dari warna asalnya.

Contoh video dibawah ini, larutan stannous mendeteksi larutan emas dimana emasnya hanya 70miligram berbanding aqua regia nya sebanyak 100 ml.
*Disarankan menggunakan sarung tangan dalam menghandle aqua regia juga masker.
Video ini hanyalah demonstrasi, segala resiko dan kerugian yang terjadi jika anda mencontohnya bukan tanggung jawab saya.

Stannous ini dapat dibeli di Tokopedia atau bukalapak, atau tempat yang bisa dinego di www.DNEGO.COM

Larutan Stannous termasuk packing kayu.
Larutan Stannous termasuk packing kayu.
Warna larutan stannous terhadap Emas
Warna larutan stannous terhadap Emas

Sudah termasuk packing kayu.

Iklan