HCL = Hydrochloric acid, larutan asam yang cukup kuat.

HCL bisa melarutkan besi batangan, namun butuh waktu lama…

HCL lebih reaktif lagi jika dipanaskan, seperti kimia-kimia lain pada umumnya…

Pada video dibawah ini, larutan HCL membersihkan karat dengan HCL yang masih segar belum dipakai sama sekali…

Kali ini kita coba ke Besi dan Aluminium.

Pada video diatas didapat kesimpulan, besi berkarat sangat cepat dibersihkan dengan hcl, jika waktunya saya ditambah lagi, maka besi akan lebih putih berkilat.

Pada aluminium, HCL bisa juga membersihkan aluminium, tetapi daya gerus/melarutkan terlalu cepat, sehingga harus tetap kita monitor…karena jika kelamaan sedikit saja maka aluminiumnya akan cacat pada permukaan, karena ada bekas gerusan yang tidak rata.
Juga terlebih lagi pada aluminum…hasilnya memang bersih tapi aluminium nya cenderung ke abu-abuan/ hitam, tidak seperti besi tadi…yang hasilnya menjadi mulus bersih dan putih layaknya sehabis menggerinda besi.

Karat pada besi sebelum di HCL
Karat pada besi sebelum di HCL
Karat Besi Aluminium HCL
Karat hilang pada Besi Aluminium dengan HCL

Perlu diperhatikan,

Setelah dibersihkan dengan HCL, maka logam yang dibersihkan harus segera dicuci, karena bekas larutan hcl yang tertinggal akan mengundang karat juga.

Jika kita coba terus menerus, larutan HCL akan menghitam dan menjadi kurang reaktif, sebetulnya masih bisa kita pakai dengan memanaskan HCL tersebut.

Gunakan alat pelindung pernafasan, karena uap nya sangat berbahaya jika terhirup terus menerus.
Walaupun pada tangan saya tidak apa-apa, hanya ada rasa sedikit menggigit…namun saya tidak bisa pastikan akan sama reaksinya terhadap kulit masing-masing, jadi sebaiknya gunakan sarung tangan karet.

HCL tidak bisa melarutkan tembaga, sekalipun HCL nya kita didihkan…tetapi membersihkan kotoran yang ada tembaga tentu saja bisa…