Sajadah yang dimodifikasi ini mungkin sangat terasa nyaman dipakai sewaktu kita semakin menua, karena dulu waktu dibawah 40-an tahun saya belum memerlukannya…

Saya belum pernah mendapatkan sajadah yang tebal yang tahan, artinya waktu tertekan ia  tetap mempertahankan ketebalannya …
Kebanyakan sajadah hanya nyaman waktu kita berdiri atau tertekan waktu duduk yang tidak lama…
Tetapi waktu duduk pada tahiyat awal/akhir semakin lama duduk tidak nyaman…

Dua ketidaknyamanan sewaktu tahiyat awal dan akhir adalah:

1: Bagian kaki sebelah kiri yang ngilu karena tertekan pantat…

kaki ngilu sewaktu shalat
kaki ngilu sewaktu shalat

2: Pada saat tahiyat akhir kita akan sedikit mengganggu orang disebelah kiri karena tubuh akan sedikit miring ke kiri karena kaki kiri akan diselipkan ke bawah kaki kanan….

Modifikasi sejadah tahiyat akhir
Modifikasi sejadah tahiyat akhir

Nah untuk menghilangkan permasalahan ini adalah dengan memasang busa Eva (Ethylene vinyl acetate) yang kejal atau sangat kenyal, tapi tetap nyaman…bukan busa biasa…karena busa biasa hanya akan bertahan sebentar.

Jadi Bahan yang diperlukan adalah Busa EVA dengan ketebalan sesuai selera, 5mm, 1cm, 2cm dll, dan Velcro, dan lem aica aibon.

Busa Eva untuk sajadah
Busa Eva untuk sajadah
velcro untuk sajadah
velcro untuk sajadah

Ingat, pemasangan busa ini hanya setengah  lebar dari sajadah jika untuk mengatasi dua masalah tersebut. Jika busa dipasang selebar sajadah itu maka fungsi busa hanya untuk menghilangkan permasalahan no.1 saja.

Bagian sajadah shalat yang di modifikasi
Bagian sajadah shalat yang di modifikasi

Gambar sajadah diatas, pada bagian merah, bagian itulah dibawah sajadah yang akan kita pasangi busa eva.

Dengan memasang busa hanya setengah atau sepertiga dari ukuran lebar sajadah seperti pada gambar ini, maka pada tahiyat akhir, pantat sebelah kiri mendapat bantuan penopangan, sehingga tubuh kita tidak terlalu ke kiri.
Walaupun busa hanya setebal 5mm sd 2 cm , bantuan penopangan sangat berarti waktu kita melakukan tahiyat…

sajadah velcro
sajadah velcro
sajadah velcro
sajadah velcro

Saya pribadi menggunakan busa eva cukup dengan ketebalan busa 1 cm atau 1.5 cm, sedangkan ukuran panjang lebar yang ideal untuk saya di 24 cm x 24 cm.

Dengan adanya busa eva dibawah sajadah ini maka bacaan waktu kita duduk diantara 2 sujud atau tahiyat awal dan akhir semakin santai….
Kalo dulu saya agak cepat membaca doanya, karena menahan rasa yg ngilu yg kurang nyaman, sekarang saya bisa baca doa dengan tenang saja…

Juga sewaktu tahiyat akhir, bacanya santai tanpa susah menahan laju tubuh yg cenderung ke kiri….

Sebetulnya busa inipun bisa digunakan disetting bila kita mengalami sakit pada bagian lutut, waktu start berbenturan dengan sajadah/ground….seperti istri tua saya hehehe (padahal belum punya istri muda hihihi)…..

Busa eva dapat dibeli di toko Damai (jl guru2 dekat masjid agung palembang) atau di bukalapak.com atau tokopedia.com dengan kata kunci Busa EVA.

Velcro juga ada di website diatas, namun saya membelinya di Ace Hardware palembang.

Perlu diketahui, saya belum mengetahui hukumnya secara syar’i mengenai modifikasi ini, jika anda ubah sajadah anda…saya tidak mau bertanggung jawab jika ada masalah syar’i jika ada….

