Cerita ini bukan menggurui…namun cukup membuat saya heran…

Anak saya ikut ujian di poltek unsri (poltek), dan sewaktu pengumuman saya tanyakan kepada anak saya dimana pengumumannya?

Lalu anak saya memberikan kata kunci untuk mengunjungi website polsri.ac.id

Namun yang saya terkejut, pengumuannya melampirkan file pdf, dimana saya kira filenya berisi ratusan halaman…karena ukurannya diatas 7MB.

Ternyata pas di download, isinya hanya 4 lembar halaman TEXT hitam putih saja, yang didapat dari hasil scan kertas cetakan,  lalu hasil scan yang tidak di kompresi lagi…ujung-ujungnya ukurannya jadi bengkak sampai 7an MB…
Bayangkan, 4 lembar, texs saja, warna hitam putih ukurannya 7.8MB.

Saya bingung,

1 kenapa tidak dari softcopy misalnya dari doc diubah langsung ke pdf file, tentu hasilnya filenya akan tetap kecil tapi jauh berkualitas.

2. jika memang harus filenya image hasil scan dari kertas yang sudah tercetak, kenapa tidak diturunkan dulu menjadi jpg dengan quality misalnya di 70%, saya yakin dengan penurunan 70% file berukuran 4 lembar text hitam putih tersebut tidak akan lebih dari 500KB saja (1/2 MB).

3. File tersebut hanya pengumuman sederhana mengenai syarat lanjutan bagi yang lulus…jadi hanya pengumuman sederhana…

Jika filenya image, tidak ada yang bisa di copy paste oleh calon mahasiswa, misalanya ingin mengcopy paste dari android atau perangkat gadget lain email poltek, telpon poltek dan segala keperluan copas…

Saya jadi terheran-heran, kenapa kepedulian admin website polsri tersebut sangat rendah…
Soalnya jika saya jadi operator website di polsri tersebut, saya akan mengambil softcopynya saja, anggap saja misalnya file DOC, lalu saya langsung ubah ke PDF (dari digital ke digital), sehingga ukurannya menjadi kecil tapi kualitas jauh lebih baik daripada dari FILE DOC diubah ke hasil cetak lalu di scan untuk dijadikan digital lagi….

Teknik sederhana ini tentu harus dikuasai…tekniknya sederhana bukan suatu hal yang rumit, mengingat calon mahasiswa poltek mungkin ada di daerah yang cukup jauh dimana mendapatkan bandwidht internet susah, jika filenya kecil tentu akan memudahkan mereka mendownload file tersebut….

Pengumuman Poltek Unsri
Pengumuman Poltek Unsri

Link file pengumuman