Ini bukan ceramah, karena saya bukan orang alim…cuma ini hanyalah pendapat pribadi, dimana saya dulupun bingung, kenapa ada orang yang “condong” ke satu aliran, atau pengikut imam tertentu, padahal yang saya tahu sumber utama Islam adalah Nabi Muhammad S.A.W dan Al-Quran.

Terlebih ada sebagian kaum, yang mengecap seseorang itu “wahabi” jika ia tidak mengikuti secara mutlak salah satu Mazhab.

*Baca mengenai “wahabi” disini.

Terlebih bagi orang yang baru masuk islam atau muallaf, tentunya ini akan semakin membingungkan, karena ia akan mendapati ada Al-Quran, ada Rasul, ada 4 sahabat nabi, ada mazhab, jadi apa itu mazhab?

Mazhab adalah ism makan atau ism zaman yang berasal dari kata;
ذهب – يذهب – ذهبا / ذهابا
yang berarti pergi atau berjalan, maka secara bahasa arti mazhab adalah tempat berjalan/jalan atau waktu berpergian. Pengertian mazhab dalam bingkai syari`at adalah sekumpulan pemikiran Imam Mujtahid dibidang hukum-hukum syari`at yang digali dengan menggunakan dalil-dalil secara terperinci, dan kaedah-kaedah ushul. Jadi Mazhab yang kita maksudnya di sini adalah mazhab fiqh. Saat ini sepeninggal Nabi dan 4 Sahabat wafat, dimana 4 sahabat adalah orang yang paling mengenal Nabi, lalu ada 4 imam besar (bukan dalam waktu yang sama hadir) yang dikenal dengan Mazhab Hanafi, Mazhab Maliki, Mazhab Syafi’i, Mazhab Hanbali.

Semua imam ini ulama yang luar biasa, hebat, namum semua 4 imam ini berkata atau mengingatkan dalam kitab-kitabnya, kurang lebih intinya jika ada yang bertentangan FATWANYA dengan Al-quran dan Rasul (hadits riwayat sahih) maka hendaknya jangan ikuti mereka….

Jika mengikuti secara buta harus satu imam saja, jelas mereka (para imam) bukan orang yang sempurna, dan merekapun yang bijaksana tentunya saya yakin tidak menginginkan seperti ini…jadi silahkan kita pikirkan sendiri-sendiri apakah itu masuk akal…

Sebab manusia yang maha sempurna adalan Rasul, tentunya tidak boleh ada yang bertentangan dengan yang sudah di ajarkan oleh rasul…

Sedangkan imam tersebut bisa saja khilaf, ada kesalahan yang tidak disengaja….setiap yang tidak bertentangan tentunya boleh kita “ambil”…

Di Indonesia atau malaysia, mazhab safi’i yang paling banyak di ikuti.

Dibawah ini video-video yang menjelaskan bagaimana menyikapi 4 mazhab tersebut..