Dulu…saya cukup banyak mendapat tawaran dari orang-orang yang ingin menjual platinum atau platina…minta dijualkan, mau jual kepada saya dll dll…

Memang menjual platinum di tempat saya palembang lebih susah daripada menjual emas, karena hampir tidak ada yang memproses platinum disini.

Padahal Platinum adalah grup noble metal atau logam mulia…artinya sangat mudah menjualnya (harusnya).

Kebetulan beberapa hari lalu saya mendapatkan lagi sample platinum, dan bentuknya sama seperti tahun-tahun lalu, yaitu platinum batangan dari luar negeri…

Jadi saya coba buatkan videonya hanya sebagai perlakuan awal saja, karena ini hanya memastikan dengan asam yang bersifat sedang, yaitu cairan HCL, dimana sangat reaktif terhadap metal grup besi namun tidak reaktif terhadap emas platinum bahkan tembaga sekalipun.

Karena Hcl mudah didapatkan, murah, tidak merusak jika ia memang noble metal, sedangkan untuk memastikan platinum dan emas tentunya ada pengecekan lanjutan baik dengan perangkat keras khusus ataupun kimia khusus seperti stannous chloride dll…

Berikut videonya dibawah ini, video larutan HCL terhadap Tembaga dan Besi, dalam bentuk makro dan mikroskopis.

Jadi jika platinum ini bisa “dimakan” atau terlarut oleh Hcl, artinya bukan platinum dan tidak lagi perlu dilanjutkan kepemeriksaan selanjutnya…

Baca info lebih lanjut mengenai Platinum di Wikipedia.