Sepuh atau plating adalah proses pelapisan dari logam asal, misalnya besi menjadi terlapisi emas dll, bukan mengubah logam besi menjadi emas.

Tanya jawab ini berkaitan dengan penjualan sepuh tembaga (PEG-5) sepur nikel (Easychem NiPe-2000), Sepuh emas, sepuh perak (SCS4) pada penjualan kami di Tokopedia dan Bukalapak. Saat ini kami men-stop dulu penjualan di shopee…karena sering bermasalah shopee menahan pencairan uang dan sengaja di lambat2 kan…

Apakah sepuh atau plating di bisa dibuat lebih tebal?
Bisa, contoh sepuh / plating memakai arus listrik semakin lama waktu sepuh maka dia akan semakin tebal.
Atau sepuh yang tidak memakai arus listrik, setelah di sepuh lalu dicuci, lalu dibakar secukupnya dengan api, lalu dicelup lagi untuk disepuh dan seterusnya. ( Umumnya dua sampai tiga kali sepuh saja).

Apakah cairan kimia umum untuk membersihkan logam seperti besi stenlis dan tembaga?
Saya pribadi sering menggunakan HCL yang encer, jadi misalnya HCL 1000mL atau 1kg dicampur air 1 liter air biasa, lalu tinggal celup saja tembaga besi stainless atau seng. Jika kekuatannya kurang mencukupi bisa dipanaskan asalan misalnya pada suhu kisaran 60 70° Celcius.

Apa warna air sepuh perak SCS4?
Bening.

Apa warna Air sepuh besi nikel NiPe2000?
Hijau.

Apa warna air sepuh Emas?
Bening.

Apa warna air sepuh tembaga PEG-5?
Biru.

Berapa banyak jumlah logam peraknya dalam larutan sepuh perak scs4?
Standard kami 4 gram per 100mL konsentrat cairan yang kami jual, misal yang dijual 50mL artinya ada 2 gram perak murni pada cairan tersebut.

Berapa banyak cincin bisa terlapisi emas pada produk sepuh emas P10024?
Terus terang sebetulnya ini membutuhkan hitungan matematika yang cukup rumit…dan sangat banyak bergantungnya…bergantung ketebalan, waktu, tegangan dll dll…
Namun, pada umumnya air sepuh emas dalam 1 liter air sepuh mengandung 100mG emas atau sepersepuluh gram emas 24K, bisa melapisi ratusan cincin. Pada produk P10024 yang kami jual, emas yang terkandung sebanyak 1gram emas 24 karat.

Besi menjadi tembaga apakah bisa?
Sebenarnya besi dilapisi tembaga, bukan besi menjadi tembaga, istilah kerennya Copper Plating, tahap utamanya adalah besi dilapisi nikel dengan cairan plating nikel NiPe2000, Lalu setelah dilapisi dengan nikel kemudian besi dilapisi dengan tembaga (larutan plating tembaga PEG 5).

Contohnya pada video di bawah ini:

Jumlah pencampuan air aquades yg ditetapkan apakah harus sangat tepat?
Tentu tidak, bisa kurang bisa lebih dikit…

Kenapa hasil sepuh kurang lengket misalnya pada sepuh tembaga PEG-5?
Yang paling penting dan jangan dilupakan syarat utama adalah bersih media yang akan di sepuh, bersih dari karat, minya dll..
Juga banyak sekali faktornya, bisa jarak antara kutub negatif dan positif, bisa juga nilai tegangan….yang paling sering kami pakai pada kisaran 1,6 sampai 3 volt DC, terus jarak antar kutub biasanya paling jauh di 10cm…terus juga bisa dari kepekatan cairan, cairan terlalu pekat atau terlalu asam atau juga bisa terlalu encer, makanya kita perlu pengetesan awal mana yg terbaik untuk set up keperluan kita….
Yang yang paling sering disetting adalah memainkan nilai tegangan dan Jarak.

Mengencerkan larutan sepuh dengan air apa?
Terbaiknya aquades, air hujan (no asam) yg bersih juga gpp, air tetesan AC dirumah juga gpp…
Air Ledeng atau PDAM, sangat tidak disarankan….cuma kalo mau coba silahkan coba sedikit, misal 1 tetes air sepuh ditambah 5 sd 10 tetes air pdam.

Timah, apakah bisa disepuh tembaga?
Bisa, dengan NiPe2000 lalu PEG-5, sama seperti mau melapisi besi menjadi tembaga.
Contoh TImah dilapisi Tembaga pada video dibawah ini:

Stenlis apakah bisa disepuh / plating menjadi perak?
Stainless harus disepuh tembaga (peg-5) dulu baru kemudian perak (scs4). Tetapi stainless banyak sekali tipenya, sehingga ada stainless yang langsung bisa sempurna disepuh dengan peg5, dan ada yang kurang bagus waktu disepuh langsung dgn peg5,…jika kita mendapati stenlis yang susah sekali disepuh dengan tembaga secara langsung… maka disini kita harus menyepuhnya dulu dengan nikel NiPe2000.
Jadi pada kasus ini dibutuhkan: cairan sepuh Nipe2000, cairan peg5 dan cairan sepuh scs4.

Timah, apakah bisa dilapisi Perak atau Emas?
Tentu saja bisa…