Sering kita mendapati peralatan kita yang terbuat dari plastik yang lembut, maksudnya bukan plastiknya lembut tapi plastik dengan permukaan nya yang soft/ lembut…

softcase biasanya yang nyaman dipegang atau yang seperti karet yg nyaman juga ada, setelah lama disimpan ternyata dia rusak, lengket atau lembek dan benar-benar tidak nyaman untuk dipegang di tangan, seperti diolesi dengan minyak gemuk, bahkan biasanya akan tertinggal rasa lengket di tangan.

Nah kali ini kita akan mencoba membersihkannya dengan mencelupkannya ke cairan caustic soda atau soda api, kebetulan yang terjadi pada peralatan saya yaitu semacam power bank di mana setelah disimpan plastiknya menjadi lengket.

Bahan yang diperlukan Air dan Soda Api.

Prosesnya adalah pastikan air bisa merendam casing seutuhnya, lalu berikan soda api secukupnya, aduk sampai larut.

Jumlah soda api, cukup dikira-kira saja, cirinya yang terjadi pada praktek yang saya lakukan ini, plastik ini akan mengeluarkan buih.

Kebetulan metode ini sangat tepat, pada casing powerbank ini plastiknya tergerus tepat…sehingga setelah selesai, tinggal bersihkan dan kembali nyaman dipegang, walau tidak soft seperti sedia kala…tapi masih lumayan….

Mungkin bisa saja agak berbeda pada plastik2 yang lain…jadi saya tidak bertanggung jawab jika misalnya plastik yang anda ingin bersihkan berwarna hitam lalu menjadi warna lain… Kebetulan pada Powerbank yang saya bersihkan warna asalnya hitam dan tetap menjadi warna hitam walaupun dicelupkan dengan soda api.

Jadi anda bisa mengetes nya dulu pada bagian kecil, teteskan casing pada bagian kecil tersebut dengan air yang sudah tercampur dengan soda api tadi, biarkan sekitar 1 jam lalu coba bersihkan jika warnanya berubah atau anda tidak mau warnanya berubah Anda bisa stop pada batas itu saja atau tetap lanjutkan jadi saya tidak bertanggung jawab jika casing Anda rusak warnanya berubah.

Berikut video Pakai pesan ada di bawah ini..\

Iklan